Pengakuan Mengejutkan Taufik Hidayat: Pernah Coba Disuap Ofisial Malaysia di Asian Games 2006

Oleh Yus Mei Sawitri pada 25 Agu 2021, 18:35 WIB
Diperbarui 25 Agu 2021, 18:35 WIB
Taufik Hidayat
Taufik HIdayat (AFP/Adek Berry)

Bola.com, Jakarta - Legenda bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat, mengungkap cerita lama yang kontroversial di Asian Games 2006, yang berlangsung di Doha, Qatar. Dia mengklaim pernah coba disuap oleh oknum ofisial Malaysia pada perhelatan tersebut. 

Taufik Hidayat mengungkap cerita tersebut dalam sesi wawancara dengan Raffi Ahmad dalam program acara Janji Suci di Trans TV, yang kemudian diunggah melalui akun Youtube resmi televisi tersebut, Sabtu (21/8/2021). 

Saat ditanya Raffi Ahmad soal pengalaman paling tak terlupakan selama menjadi pebulutangkis, Taufik membeberkan cerita tersebut. 

"Jadi pas semifinal, ketemulah yang namanya Lee Chong Wei. Ada satu manajer yang Malaysia datang ke Athlete Village. Dia menawar saya untuk kalah," kata Taufik. 

"Saya baru cerita ke Raffi, saya enggak pernah cerita ke orang lain." 

"(Manajer itu) tiba-tiba nanya nomor telepon dan datang. Dia bilang 'Kamu kan sudah dua kali kalah sama Lin Dan. Boleh gak kamu ngalah sama Lee Chong Wei'?" imbuh Taufik Hidayat.

Menurut Taufik, salah satu ofisial Malaysia itu kemudian menanyakan nominal bonus yang didapatkan Taufik Hidayat jika menjuarai Asian Games. 

"Dia bertanya, 'Dari Indonesia, kalau juara bonusnya berapa?'. Saya jawab engak besar sih, sekian. Tapi, cukuplah. Dia kemudian bilang, 'Boleh enggak kita double-in?'," imbuh Taufik Hidayat

 

2 dari 3 halaman

Taufik Langsung Emosi

Foto Asian Games 2018, Tim Indonesia, Legenda Indonesia
Taufik Hidayat (Bulutangkis Tunggal Putra) - Meraih medali emas Asian Games 2002 dan 2006. (AFP/Liu Jin)

Taufik Hidayat mengaku langsung terpancing emosinya mengengar ucapan ofisial Malaysia tersebut. Dia kemudian marah kepada orang tersebut. 

 "Saya mulai emosi tuh. Saya kemudian bilang, "bagaimana kalau dia yang ngalah, gua yang bayar. Kamu kalau di Indonesia, kamu enggak bisa pulang'," ujar Taufik. 

"Enggak mungkin lah saya jual nama Indonesia. Saya berpikir ada juga orang yang kayak gini. Sama saja suruh saya jual nama negara. Kacau," imbuh peraih medali emas Olimpiade 2004 tersebut. 

Setelah penolakan tersebut, Taufik bersua dengan Lee Chong Wei di semifinal Asian Games. Dia berhasil menang atas Lee dengan skor 21-16, 21-18. 

 

3 dari 3 halaman

Rebut Medali Emas

Taufik kemudian melaju ke final dan berjumpa dengan tunggal putra andalan China, Lin Dan. Taufik berhasil memenangi laga tersebut. 

Pada final, Taufik menang 21-15, 22-20. Dia berhak membawa pulang medali emas dari Asian Games 2016 di Doha, Qatar. 

Itu menjadi medali emas kedua Taufik Hidayat di Asian Games. Sebelumnya dia juga meraih medali emas di Asian Games 2002. 

Sumber: Youtube Trans TV 

Lanjutkan Membaca ↓