VIDEO: Atlet Chile, Alberto Abarza Cetak Sejarah di Renang Paralimpiade Tokyo 2020

VIDEO: Atlet Chile, Alberto Abarza Cetak Sejarah di Renang Paralimpiade Tokyo 2020

-Atlet Chile, Alberto Abarza, mencetak sejarah di cabang olahraga renang nomor 100 meter gaya punggung putra untuk klasifikasi S2 Paralimpiade Tokyo 2020 di Tokyo Aquatics Center, Jepang, Rabu (25/8/2021). Atlet berusia 36 tahun tersebut mencatatkan dirinya sebagai peraih medali emas pertama dari Chile untuk cabang renang di Paralimpiade.

Alberto Abarza meraih medali emas setelah menjadi yang terdepan dalam babak final renang nomor 100 meter gaya punggung putra untuk klasifikasi S2. Lomba berjalan seru pada 50 meter terakhir. Persaingan ketat terjadi antara Abarza dengan atlet asal Brasil, Gabriel Geraldo dos Santos Araujo, yang sempat memimpin pada 50 meter awal, bahkan saat sekitar 60-70 meter.

Abarza, yang berada di lintasan 5, akhirnya menjadi yang terdepan, sekaligus meraih medali emas. Catatan waktunya adalah 2 menit 00,40 detik. Posisi kedua ditempati Dos Santos Araujo (medali perak) dengan catatan 2 menit 02,47 detik. Posisi ketiga dihuni atlet RPC (Russian Paralympic Committee), Vladimir Danilenko (medali perunggu) dengan torehan 2 menit 02,74 detik.

Dengan medali emas yang diraih, Abarza mencatatkan sejarah sebagai atlet para renang pertama dari Chile yang meraih podium tertinggi di Paralimpiade. Sementara atlet Chile pertama yang meraih medali emas di Paralimpiade adalah Cristian Valenzuela di cabang olahraga atletik nomor lari 5.000 meter klasifikasi T11 di London 2012.

"Mimpi saya terwujud ketika pertama kali masuk kolam renang Teleton saat berusia dua tahun. Menjadi juara seperti ini membuat saya sangat bahagia. Saya menghargai semua dukungan yang diberikan oleh orang-orang, keluarga, dan komite Paralimpiade Chile," ujar Abarza setelah lomba, seperti dilansir dari La Pelotita.

Klasifikasi S2 di renang adalah untuk para atlet yang memiliki keterbatasan penggunaan lengan, dan tidak adanya atau sangat terbatasnya penggunaan tangan, kaki, badan. Para atlet yang turun di klasifikasi tersebut memiliki disabilitas yang beragam, termasuk cerebral palsy dan amputasi.

Kalian bisa melihat highlights renang nomor 100 meter gaya punggung putra untuk klasifikasi S2 di Paralimpiade Tokyo 2020, di mana atlet Chile, Alberto Abarza, mencetak sejarah, dalam tayangan di atas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 25 August 2021, 20:07 WIB

Video Terkait

Spotlights