Cara Aman Menerima Paket Belanja Online selama Pandemi COVID-19

Oleh Alfi Yuda pada 26 Agu 2021, 11:40 WIB
Diperbarui 26 Agu 2021, 11:40 WIB
Ilustrasi cara menerima paket di masa pandemi COVID-19
Ilustrasi cara menerima paket di masa pandemi COVID-19. (Photo by RoseBox on Unsplash)

Bola.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 mengharuskan masyarakat lebih banyak menghabiskan kegiatan di rumah. Terlebih saat ini pemerintah masih menetapkan Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal ini diberlakukan untuk membendung laju kenaikan angka positif virus corona penyebab COVID-19 sehingga kegiatan masyarakat di luar rumah harus dibatasi.

Pandemi COVID-19 membawa dampak pada perubahan pola hidup masyarakat. Satu di antaranya yakni kebiasaan masyarakat berbelanja lewat online.

Masyarakat memanfaatkan plaform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbelanja lewat online memudahkan masyarakat, di mana Anda tinggal memesan dan menunggu barang yang akan diantarkan ke rumah oleh kurir.

Meski begitu, Anda harus berhati-hati dan tetap menerapkan protokol kesehatan saat menerima paket. Pasalnya, paket yang dikirimkan pihak penjual tidak terjamin kebersihannya.

Kita tidak pernah tahu jika paket tersebut telah disentuh oleh berapa banyak tangan sebelum tiba di rumah. Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan pencegahan untuk meminimalisasi risiko terinfeksi COVID-19.

Berikut ini beberapa cara aman menerima paket dari belanja online selama pandemi, sebagai antisipasi terinfeksi COVID-19, dikutip dari Huffpost, Kamis (26/8/2021).

2 dari 3 halaman

Tata Cara Aman Menerima Paket Belanja Online selama Pandemi

1. Meminta pengiriman bebas kontak

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminta pengiriman bebas kontak. Anda bisa meminta kepada pengirim untuk meninggalkan paket di depan pintu agar Anda tidak perlu melakukan interaksi.

2. Membuka paket di luar rumah dan menyemprotkan disinfektan

Paket yang ditujukan untuk Anda atau anggota keluarga lain, sebaiknya jangan langsung dibawa masuk ke rumah. Lebih baik buka paket tersebut di luar rumah dengan menggunakan sarung tangan.

Untuk tindakan pencegahan ekstra, jika perlu semprotkan dan bersihkan isi paket dengan disinfektan. Tujuannya untuk meminimalisasi risiko virus berkembang biak yang mungkin menempel di kardus atau plastik paket.

Menurut penelitian, virus corona dapat bertahan di permukaan kardus hingga 24 jam dan di plastik hingga tiga hari.

3. Membuang kemasan paket di tempat sampah luar rumah

Setelah membuka paket di luar rumah dan menyemprotkan isinya dengan disinfektan, Anda perlu membuang kemasan pembungkus paket secepat mungkin.

Buanglah kemasan paket keluar rumah atau di tempat sampah luar. Jangan pernah membuangnya di tempat sampah dalam rumah.

3 dari 3 halaman

Tata Cara Aman Menerima Paket Belanja Online selama Pandemi

4. Menjaga jarak saat mengambil paket

Uusahakan menjaga jarak dengan petugas yang mengantarkan barang ke tempat tinggal Anda. Cara ini dipercaya dapat mengurangi risiko penyebaran tertularnya infeksi COVID-19.

5. Mencuci tangan setelah menerima dan membuka paket

Anda wajib mencuci tangan dengan air dan sabun minimal selama 20 detik. Mencuci tangan dapat mencegah penularan kuman, bakteri, dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Selain itu, mencuci tangan menjadi satu di antara cara menjaga kebersihan yang dianjurkan selama pandemi.

Lanjutkan Membaca ↓
Nominasi Ballon d'Or dari Liga Inggris