VIDEO: Perjuangan Ni Nengah Widiasih Persembahkan Medali Pertama untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

VIDEO: Perjuangan Ni Nengah Widiasih Persembahkan Medali Pertama untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020

- Medali pertama Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 dipersembahkan Ni Nengah Widiasih di cabang olahraga powerlifting pada Kamis (26/8/2021). Tidak sekadar medali pertama, tetapi atlet berusia 32 tahun tersebut juga mencatatkan sejarah di Paralimpiade.

Ni Nengah Widiasih mencatatkan sejarah dengan mempersembahkan medali perak pertama untuk Indonesia di Paralimpiade setelah Seoul 1988. Tidak hanya itu, torehannya tersebut juga berarti lebih baik dibanding Paralimpiade sebelumnya di Rio 2016, di mana Ni Nengah meraih medali perunggu.

Ni Nengah yang turun di nomor putri 41 kilogram mencatatkan angkatan terbaiknya 98 kilogram dalam ajang yang digelar di Tokyo International Forum. Sementara itu, peraih medali emas adalah atlet dari China, Guo Lingling dengan angkatan terbaiknya 108 kilogram, yang merupakan rekor Paralimpiade dan dunia. Clara Fuentes Monasterio meraih medali perunggu dengan angkatan 97 kilogram.

"Yang pasti senang dan bangga. Sesuai target pribadi karena sebelum ke sini saya ada di ranking kedua dunia. China memang tangguh sekali. Tapi saya bersyukur karena Merah Putih bisa berkibar dan bisa memperbaiki angkatan saya dari perunggu di Brasil dan sekarang perak" kata atlet yang kerap disapa Widi tersebut kepada NPC Indonesia.

Indonesia terakhir kali meraih medali perak di Paralimpiade Seoul 1988 persembahan dari Hadi Abdulaziz dan Soeparni. Setelah itu, Indonesia mendapatkan medali perunggu melalui David Jacobs di London 2012 dan Ni Nengah Widiasih di Rio 2016.

"Puji Tuhan! Widi berhasil meraih medali perak bagi Indonesia. Inilah penampilan dan hasil terbaik yang diberikan Widi kepada bangsa dan negara. Saya berharap, medali perak ini menjadi pembuka jalan dan motivasi bagi atlet lainnya," kata Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun.

Seperti apa perjuangan Ni Nengah Widiasih saat mempersembahkan medali pertama Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020? Kalian bisa melihatnya dalam tayangan highlights di atas.

Ringkasan

Oleh Okie Prabhowo pada 27 August 2021, 08:33 WIB

Video Terkait

Spotlights