Sukses


Paralimpiade Tokyo 2020: Turun di 3 Nomor Bulutangkis, Leani Ratri Buta Kekuatan Lawan

Bola.com, Tokyo - Atlet para-bulutangkis Indonesia, Leani Ratri Oktila, akan menjadi salah satu tumpuan Tim Merah Putih meraih medali di Paralimpiade Tokyo 2020. Ia akan turun pada tiga nomor sekaligus. 

Cabang olah raga para-bulutangkis akan melakukan pertadingan pada Rabu, 1 September 2021. Meski telah berada di Tokyo sejak 19 Agustus 2021, tim para-bulutangkis Indonesia sempat melakukan pemusatan latihan selama seminggu di Machida sebelum berkumpul di wisma atlet Tokyo pada 26 Agustus 2021.

Sejak berada di Tokyo, para pebulutangkis juga melanjutkan latihan di ibu kota Jepang tersebut. Program latihan yang diberikan pelatih juga tidak terlalu berat. Leani Ratri Oktila dan kawan-kawan hanya diberi latihan ringan dan pertandingan.

"Latihan hari ini hanya stroke ringan. Kami juga diberi program untuk menjalani pertandingan antar sesama pemain," ucap Leani Ratri Oktila, pebulutangkis putri Indonesia, melalui rilis yang diterima dari NPC Indonesia, Selasa (31/8/2021). 

Pemain yang biasa disapa Ratri itu akan tampil di tiga nomor sekaligus pada Paralimpiade Tokyo 2020. Ratri akan turun di nomor tunggal putri SL4, ganda putri SL3-SU5 berpasangan Khalimatus Sadiyah, dan ganda campuran SL3-SU5 yang berpasangan Hary Susanto.

 

2 dari 3 halaman

Tantangan Baru

Selama dua pekan di Jepang, Ratri mulai terbiasa dengan kondisi cuaca di Tokyo. Namun, pemain berusia 30 tahun itu kini dihadapkan dengan tantangan lain.

"Untuk cuaca dan udara di sini tidak berbeda jauh dengan Indonesia jadi tidak ada masalah. Tetapi selama di sini harus punya tantangan baru. Berhubung di sini makanannya enak-enak jadi saya harus bisa mengontrol nafsu makan supaya tidak terlalu berlebihan makannya," jelas Ratri.

Undian pembagian grup para bulutangkis telah dilakukan, namun Ratri mengaku masih buta akan kekuatan lawan yang akan dihadapi nanti.

"Karena selama pandemi ini tidak ada turnamen yang digelar, maka saya begitu tahu kekuatan lawan. Tapi saya pasti akan berjuang semaksimal mungkin nanti," aku Ratri.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Leani Ratri

Atlet kelahiran 6 Mei 1991 itu akan memulai debutnya di Paralimpiade Tokyo 2020 pada 1 September 2021, saat tampil di penyisihan GRUP A ganda campuran SL3-SU5 berpasangan dengan Hary Susanto yang akan berhadapan dengan pasangan jepang, Daisuke Fujihara/Akiko Sugino.

Keesokan harinya Ratri akan memainkan dua pertandingan sekaligus yakni di penyisihan Grup B ganda putri SL3-SU5 berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah melawan ganda Thailand, Nipada Saensupa/Chanida Srinavakul. 

Selanjutnya, ia harus melawan rekan senegaranya, Khalimatus Sadiyah di penyisihan Grup A tunggal putri SL4.

Video Populer

Foto Populer