Sukses


Menpora Bersyukur Kontingen Indonesia Lampaui Target di Paralimpiade Tokyo 2020

Bola.com, Tokyo - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, bersyukur dengan pencapaian kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. Indonesia melampaui target setelah finis di urutan ke-43 klasemen akhir.

Kontingen Indonesia berada di peringkat ke-43 setelah mengumpulkan sembilan medali di Paralimpiade Tokyo 2020. Rinciannya adalah dua emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Pencapaian itu melebihi target yang dibebani pemerintah dalam Grand Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yakni urutan 60 besar. Meskipun, posisi ini masih belum lebih baik dari pencapaian terbaik Indonesia di Paralimpiade yakni urutan ke-26 pada edisi Toronto 1976.

"Alhamdulillah, hasil kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 tahun 2021ini 2 Medali Emas, 3 Medali Perak dan 4 Medali Perunggu. Ini membuat posisi Indonesia naik ke peringkat 43," kata Zainudin Amali.

“Terima kasih atas dukungan dan doa dari bapak ibu sehingga kontingen Indonesia melampaui target yang ditetapkan pemerintah dalam DBON peringkat 60," tegas Zainudin Amali.

China menjadi juara umum Paralimpiade Tokyo 2020 dengan raihan 207 medali yakni 96 emas, 60 perak, dan 51 perunggu. Adapun Inggris Raya menjadi runner-up dengan torehan 124 medali, 41 meas, 38 perak, dan 45 perunggu.

Adapun tuan rumah Jepang menghuni peringkat ke-11 klasemen akhir Paralimpiade Tokyo 2020. Jepang mengoleksi 13 medali emas, 15 perak, dan 23 perunggu.

2 dari 3 halaman

Panen Medali

Para badminton menjadi penyumbang medali terbanyak untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. Para badminton tercatat menyumbang enam medali dengan rincian dua emas, dua perak, dan dua perunggu.

Prestasi itu dipersembahkan oleh Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah dan Hary Susanto/Leani Ratri Oktila (emas), Dheva Anrimusthi dan Leani Ratri Oktila (perak), serta Suryo Nugroho dan Fredy Setiawan (perunggu).

Pencapaian ini mencetak rekor buat Indonesia. Raihan medali emas, perak, dan perunggu dari para badminton menjadi yang pertama sepanjang keikutsertaan di Paralimpiade sejak edisi 1976.

3 dari 3 halaman

Daftar Peraih Medali

Emas

  • 1. Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah (Para Badminton)
  • 2. Hary Susanto/Leani Ratri Oktila (Para Badminton)

Perak

  • 1. Ni Nengah Widiasih (Powerlifting)
  • 2. Dheva Anrimusthi (Para Badminton)
  • 3. Leani Ratri Oktila (Para Badminton)

Perunggu

  • 1. Saptoyoga Purnomo (Para Atletik)
  • 2. David Jacobs (Para Tenis Meja)
  • 3. Suryo Nugroho (Para Badminton)
  • 4. Fredy Setiawan (Para Badminton)

Video Populer

Foto Populer