Sukses


7 Cara Mengatasi Susah Tidur pada Ibu Hamil

Bola.com, Jakarta - Susah tidur atau dikenal dengan istilah insomnia merupakan gangguan yang bisa dialami siapa saja, termasuk oleh ibu hamil.

Permasalahan susah tidur menjadi keluhan yang normal terjadi bagi wanita hamil, terutama selama trisemester pertama.

Keluhan susah tidur makin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan. Insomnia perlu diperhatikan karena tidak hanyak menurunkan energi, tetapi juga bisa memengaruhi mood dan kesehatan ibu hamil.

Ada beberapa penyebab yang membuat ibu hamil mengalami insomnia, seperti sakit punggung, frekuensi buang air kecil yang meningkat di malam hari, timbul rasa cemas berlebihan, nyeri pada bagian perut, perubahan hormon, hingga ukuran perut makin membesar.

Pada dasarnya kondisi susah tidur tidak membahayakan, namun sangat penting bagi ibu hamil memperoleh waktu tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan. 

Berikut ini cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil yang bisa dilakukan, dilansir dari laman Klikdokter, Selasa (14/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Ibu Hamil

1. Perhatikan posisi tidur

Cara ibu tidur pada saat hamil sangat penting. Disarankan untuk tidur miring dengan menekuk lutut. Sesuaikan posisi hingga merasa benar-benar nyaman.

Sementara, bila ibu yang hamil tua mengalami rasa panas bagian dada, dapat tidur dengan posisi setengah duduk dan punggung bersandar pada tumpukan bantal.

2. Siapkan bantal tambahan

Bantal tambahan sangat berguna untuk membantu ibu hamil mendapatkan kenyamanan tidur. Anda bisa menggunakannya untuk mengganjal tubuh saat ingin bersandar, untuk menahan bagian perut atau untuk diselipkan di antara kaki saat Anda tidur miring.

Anda bisa menggunakan bantal biasa atau bantal khusus ibu hamil yang kini sudah bisa didapatkan di pasaran.

3. Jadwalkan tidur siang

Jika ibu hamil merasa kurang tidur di malam hari, bisa tidur pada siang hari. Yang penting adalah kebutuhan tidur ibu hamil terpenuhi sehingga stamina dapat tetap terjaga dan tubuh menjadi segar kembali.

Tetapi ingat, tidur siang sebaiknya hanya 1-2 jam saja. Jika terlalu lama, ibu hamil akan jadi sulit tidur di malam hari.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Ibu Hamil

4. Pilih kasur yang tepat

Tempat tidur yang tidak nyaman telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih buruk, sementara kasur yang nyaman bisa meningkatkan peluang tidur yang memuaskan. Pilihlah kasur yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil.

5. Olahraga ringan

Menjalani kehamilan bukan berartii ibu berhenti melakukan olahraga. Menurut American Pregnancy Association, melakukan olahraga ringan saat menjalani kehamilan banyak berdampak baik pada ibu, seperti meningkatkan kualitas tidur, mengurangi sakit punggung, meningkatkan energi dan mood, menjaga postur tubuh tetap baik, dan menguatkan tubuh.

Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan santai, berenang, yoga atau senam hamil.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Ibu Hamil

6. Minum segelas susu hangat

Minum segelas susu hangat membantu ibu hamil tidur dengan nyenyak. Kandungan asam amino tryptophan dalam susu dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang membuat ibu hamil dapat tertidur pulas.

7. Mengatur asupan makanan atau minuman yang mengandung kafein

Kafein bisa menyebabkan gejala insomnia pada ibu hamil lebih menjadi lebih parah. Oleh karena itu, hindari segala jenis makanan atau minuman, seperti teh, kopi, cokelat, dan minuman lainnya memiliki kandungan kafein. Semua ini bisa membuat Anda terjaga di malam hari.

 

Sumber: klikdokter.com (Published: 18/7/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer