Sukses


Menjawab Arahan Presiden Jokowi, KONI Pusat Luncurkan Aplikasi Ekosistem Olahraga

Bola.com, Jakarta - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menjawab arahan Presiden Joko Widodo dalam momentum Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 pada 9 September 2021, mengenai pembinaan olahraga prestasi yang dibangun secara sistematis. KONI Pusat kini meluncurkan aplikasi ekosistem olahraga bernama Sportbloc.

Dalam momentum Haornas tahun ini, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya prestasi dalam olahraga yang berasal dari pembinaan yang sistematis. Hal tersebut dirasa penting demi mencetak atlet-atlet yang mampu berprestasi di level internasional.

"Prestasi tidak muncul begitu saja. Prestasi dihasilkan melalui sebuah proses pembinaan dari hulu hingga hilir yang sistematis dan berkelanjutan. Kita harus fokus bekerja mencetak talenta-talenta hebat di bidang olahraga agar lahir atlet unggul berprestasi,” ujar Presiden Jokowi.

KONI Pusat sebagai organisasi yang melaksanakan pengelolaan, pembinaan, dan pengembangan olahraga berprestasi pun langsung memberikan jawaban terhadap arahan tersebut. KONI Pusat meluncurkan aplikasi Sportbloc, sebuah aplikasi ekosistem olahraga dengan berbagai fitur unggulan di dalamnya, mulai dari berita olahraga, event, ticketing, booking venue, streaming, e-commerce, dan video.

Harapannya, pembinaan olahraga mulai dari hulu hingga hilir bisa terpantau baik melalui konten yang ada dalam aplikasi Sportbloc tersebut.

"Dengan hadirnya Sportbloc, pengelolaan olahraga makin terbuka. Orang bisa melihat apa yang dilakukan KONI beserta jajarannya," ujar Ketua umum KONI Pusat, Marciano Norman.

2 dari 3 halaman

Sinergi untuk Memperkuat Ekosistem Olahraga

Rencana dalam waktu dekat Sportbloc akan menjadi aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai PON Papua 2020 yang sebentar lagi akan dimulai.

Selain itu, keberadaan sebuah aplikasi ekosistem olahraga seperti ini akan sangat penting bagi industri olahraga. Kabarnya sudah ada 250 usaha mikro kecil menengah (UMKM) olahraga yang tergabung dalam Sportbloc.

"Bicara olahraga, kita harus bersinergi untuk saling memperkuat ekosistem olahraga di Indonesia. Saya berharap aplikasi kali ini menjadi wadah bagi berbagai karya anak bangsa, baik yang sebelumnya sudah ada dan juga akan lahir," pesan Marciano Norman.

Dengan sejumlah media yang sudah ada untuk pemberitaan mengenai olahraga, termasuk yang dikelola oleh KONI, Sportbloc juga akan menjadi wadah agar ekosistem industri olahraga di Indonesia makin kuat dengan adanya platform yang terpadu dalam aplikasi tersebut.

3 dari 3 halaman

Potensi Besar Olahraga Indonesia

Berbasis teknologi informasi, Sportbloc hadir sebagai karya anak bangsa untuk memajukan olahraga di Indonesia, baik secara ekosistem maupun berbagai hal lain, termasuk industrinya.

"Kami menyadari pemain digital dari luar negeri sudah mengincar dunia olahraga untuk masuk pasar Indonesia yang potensinya sangat besar. Sportbloc lahir 100 persen hasil karya anak bangsa sebagai platform yang dapat berkolaborasi dengan seluruh pihak dalam ekosistem olahraga, industri olahraga, wisata olahraga, dan lainnya demi kepentingan Merah Putih. Bangsa kita punya kemampuan untuk itu," ujar CEO Sportbloc, Ndang Mawardi.

"Fitur Sportbloc menghubungkan seluruh stakeholder industri olahraga, termasuk masyarakat pecinta olahraga, atlet, pemerintah, event, pertandingan, venue, brand, merchant, melalui kegiatan offline dan aplikasi online berbasis teknologi informasi," lanjut CTO Sportbloc, Didit Adipratama.

 

Video Populer

Foto Populer