Sukses


Prestasi Olahraga Indonesia Meningkat Pesat, Menpora Zainudin Amali Sosok Penting yang Mendukung Keberhasilan Atlet

Bola.com, Jakarta - Prestasi olahraga Indonesia di era Zainudin Amali menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dinilai berkembang pesat. Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, bahkan tidak ragu memuji sosok Zainudin Amali sebagai sosok yang telah berkontribusi besar memajukan olahraga di Tanah Air dalam beberapa tahun terakhir, terutama di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Dalam beberapa bulan terakhir, olahraga Indonesia begitu semarak dengan prestasi-prestasi yang datang dari Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Bambang Soesatyo menilai keberhasilan atlet Indonesia bisa berprestasi di level internasional tak lepas dari kerja keras dan dukungan Menpora Zainudin Amali beserta timnya.

"Olahraga sangat penting. Kita berhasil meroketkan olahraga hingga ke internasional di bawah Pak Menpora Amali, seperti cabang olahraga bulutangkis, angkat besi, dan lain-lain," ujar Ketua MPR RI itu dalam diskusi virtual yang digelar Senin (13/9/2021).

Tak hanya ingin mengandalkan keberadaan Menpora Zainudin Amali, Bambang Soesatyo juga berharap seluruh stakeholder olahraga di Indonesia bisa bekerja sama mendukung perkembangan pembinaan olahraga.

"Semoga bisa diperjuangkan. Harus ada perusahaan-perusahaan yang ikut membina olahraga. Saya kira ini harus bisa dibuat kerja sama, dan Pak Menpora bsia berkoordinasi sehingga pembinaan olahraga kita semakin bagus," tegasnya.

 

2 dari 2 halaman

Olahraga Pemersatu Bangsa

Bambang Soesatyo yang juga merupakan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), menganggap olahraga sebagai sarana untuk menghilangkan perbedaan. Menurutnya, olahraga juga bisa mengangkat harkat dan martabat bangsa dengan mengukir prestasi di level internasional.

Bahkan Bambang Soesatyo juga sepakat dengan Menpora Zainudin Amali bahwa olahraga harus dikembangkan menjadi sebuah industri di Indonesia, di antaranya dengan memperbanyak kompetisi atau kejuaraan dari berbagai cabang olahraga, mulai dari level regional hingga nasional.

Menurutnya, penggalangan stakeholder swasta untuk mendukung pembinaan olahraga juga penting, di mana hal tersebut bisa dilakukan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari berbagai perusahaan, baik swasta maupun BUMN. Tentunya dana tersebut bisa disalurkan untuk meningkatkan prestasi olahraga.

"Jika ada aturan hukum yang mewajibkan setiap perusahaan menyalurkan sekian persen laba bersih dan dimanfaatkan untuk CSR bidang olahraga, akan sangat berdampak besar bagi kemajuan olahraga nasional," tegas Bambang Soesatyo.

 

Video Populer

Foto Populer