Sukses


8 Penyebab Umum Munculnya Depresi yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Depresi bisa dialami oleh siapa saja, orang muda maupun tua, laki-laki atau perempuan. Perlu mengetahui penyebab depresi agar kita bisa mengatasinya sejak dini.

Depresi adalah gangguan yang berkaitan dengan suasana hati dan terkadang membuat penderitanya merasakan sedih yang berlebih dan tidak memiliki semangat.

Saat penyakit mental ini dialami oleh seseorang, akan menganggu kegiatan sehari-hari pengidapnya karena dapat menyebabkan badan mudah lelah dan menganggu proses berpikir.

Banyak orang yang mengalami depresi sudah sangat putus asa dan menganggap hidupnya sudah tidak berguna lagi. Jika dibiarkan terus-menerus akan membahayakan jiwa.

Depresi yang muncul pada seseorang biasanya diakibatkan karena cemas terhadap sesuatu, trauma terhadap kejadian di masa lalu, atau panik saat menghadapi kondisi tertentu.

Namun, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan munculnya depresi pada diri seseorang, dan hal ini patut untuk Anda waspadai.

Berikut delapan penyebab umum munculnya depresi yang perlu diwaspadai, seperti dikutip dari Fctyhealth, Rabu (15/9/2021).

2 dari 5 halaman

Penyebab Munculnya Depresi

1. Kekurangan Waktu Tidur

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup, dapat meningkatkan risiko terkena depresi. Otak kita perlu waktu untuk mengisi kembali tingkat energi dan fungsi kognitif.

Waktu tidur yang direkomendasikan selama 7-8 jam di malam hari dapat membantu Anda mengurangi risiko terkena depresi, selain itu dapat memberikan efek baik bagi tubuh secara keseluruhan.

2. Kecanduan Media Sosial

Banyak orang yang mengalami kecanduan atau ketergantungan berlebih terhadap media sosial dan internet. Terlalu banyak menghabiskan waktu di internet terkadang dapat menaikkan tingkat depresi, khususnya pada remaja.

Seseorang yang kecanduan internet dan sosial media dapat melupakan realita dunia nyata, yang bisa memengaruhi presepsi mereka tentang dunia sehingga mengurangi penggunaan internet dan media sosial yang tidak perlu akan membantu Anda menurunkan risiko terkena depresi.

3 dari 5 halaman

Penyebab Munculnya Depresi

3. Merokok

Merokok dapat memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh dan memunculkan berbagai macam penyakit kronis, seperti stroke, kanker, dan penyakit jantung.

Merokok juga dapat memberikan efek negatif pada kesehatan mental dan meningkatkan risiko depresi pada seseorang. Kecanduan nikotin terkadang membuat seseorang menjadi sering cemas dan berakhir pada tingkat depresi akut.

4. Kekurangan Zat Gizi

Kekurangan vitamin dan mineral tertentu dapat memicu gejala depresi. Misalnya, kekurangan omega 3. Omega -3 berperan mencegah kerusakan otak dan diketahui mencegah risiko depresi.

Selain itu, pola makan tinggi gula bisa memicu seseorang mengalami depresi Sehingga mulailah memperhatikan setiap makanan yang akan Anda konsumsi.

4 dari 5 halaman

Penyebab Munculnya Depresi

5. Kecanduan Minuman Beralkohol

Alkohol adalah zat depresan kuat yang bekerja menekan susunan saraf pusat otak. Kecanduan alkohol lama-lama dapat merusak fungsi otak, terutama menyebabkan kerja hipotalamus otak terhambat.

Hipotalamus adalah bagian otak yang memiliki tanggung jawab mengatur emosi dan suasana hati manusia. Cara terbaik untuk menghindarkan Anda dari depresi adalah menjauhi konsumsi alkohol.

6. Masalah Tiroid

Menjaga keadaan hormon agar tetap sehat sangat penting dilakukan karena hormon berkaitan dengan suasana hati dan organ vital tubuh lainnya.

Tiroid adalah satu di antara penghasil hormon tubuh yang paling penting, itu dapat menyebabkan banyak gangguan yang berkaitan dengan suasana hati jika hormon tersebut dalam keadaan tidak sehat.

Banyak ahli menyarankan bahwa pengobatan tiroid mungkin lebih efektif dalam mengobati beberapa pasien dengan depresi daripada antidepresan.

5 dari 5 halaman

Penyebab Munculnya Depresi

7. Trauma

Beberapa peristiwa bisa memengaruhi cara tubuh Anda bereaksi terhadap ketakutan dan situasi yang bisa menimbulkan depresi dan stres.

Hal ini bisa terjadi karena kekerasan fisik, seksual, atau emosional yang meningkatkan kerentanan terhadap depresi klinis. Saat Anda merasakannya, segera hubungi dokter profesional untuk menangani kasus Anda ini.

6. Polusi Suara dan Cahaya

Bagi Anda yang tinggal di tengah kota besar, sangat paham bahwa polusi suara dan kebisingan adalah hal menyebalkan. Polusi suara yang dihasilkan oleh mobil dan pesawat dapat dikaitkan dengan munculnya depresi.

Orang-orang yang tinggal di kota memiliki risiko terkena depresi lebih besar daripada mereka yang tinggal di pedesaan. Faktor lain yang membuat kehidupan di kota dapat meningkatkan depresi adalah jumlah cahaya buatan yang berlebihan, yang dapat mengganggu siklus tidur.

 

Sumber: Facty Health

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer