Sukses


Bacaan Doa Sebelum dan Bangun Tidur Beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Agama Islam mengajarkan kepada umatnya untuk selalu melakukan doa sebelum dan sesudah mengerjakan aktivitas sehari-hari, bahkan semisal tidur.

BACA JUGA: Bacaan Doa Agar Tidak Ketindihan Sebelum Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Tidur merupakan kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Ketika hendak pergi tidur, dianjurkan setiap Muslim untuk membaca doa sebelum tidur.

Berdoa sebelum tidur merupakan cara meminta perlindungan kepada Allah. Memanjatkan doa sebelum tidur juga bermanfaat menghindarkan dari mimpi buruk, menghindari gangguan setan atau jin, dan membuat bangun dengan segar di pagi hari.

Saat bangun dari tidur, juga jangan lupa untuk berdoa. Memanjatkan doa setelah bangun dari tidur merupakan cara setiap Muslim bersyukur atas nikmat telah dihidupkan kembali (bangun tidur) yang diberikan Allah SWT karena ketika tidur, kita seolah mati, karena tidur adalah sahabatnya mati.

Membaca doa sebelum dan bangun tidur termasuk hal yang dianjurkan Rasulullah. Lalu seperti apa bacaan doa sebelum dan sesudah tidur yang benar?

Berikut ini bacaan doa sebelum dan bangun tidur beserta artinya, disadur dari Merdeka, Rabu (15/9/2021).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Sebelum Tidur

- Bacaan doa yang pendek sebelum tidur

Allâhumma! Bismika ahyâ wa bismika amût.

Artinya: "Ya Allah! Dengan Nama-Mu, aku hidup dan dengan nama-Mu pula aku mati."

- Bacaan panjang doa sebelum tidur

Bismika rabbî wadha’tu janbî wabismika arfa’uhu faghfirlî dzanbî. Allahuma qinî ‘adzâbaka yauma tab’atsu ‘ibâdaka. Allâhumma bismika ahyâ wa amût, Allâhumma innî a‘udzubika min-syarri kulli dzî syarrin. Wa min syarri kulli dâbbatin anta âkhidzun binâshiyatihâ, inna rabbî ’alâ shirâthin mustaqîm.

Artinya: 

"Dengan nama-Mu wahai Tuhanku, kuletakkan rusukku dan dengan nama-Mu pula kuangkat tulang itu serta ampunilah dosa-dosaku. Ya Allah semoga Engkau menjagaku dari azab-Mu pada hari di mana Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu. Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari keburukan segala sesuatu yang memiliki keburukan serta dari kejahatan setiap yang melata. Engkaulah yang menggenggam ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku berada di jalan yang lurus."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Bangun Tidur

- Bacaan Doa Bangun Tidur

Alhamdulillâhil ladzî ahyânâ ba‘da mâ amâtanâ wa ilaihin nusyûr.

Artinya:

"Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. Kepada-Nya lah kebangkitan hari Kiamat."

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ani Mardatila. Published: 8/2/2021)

Dapatkan artikel Islami dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer