Sukses


9 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Alam menyediakan berbagai hal yang bisa kita manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, satu di antaranya untuk menjaga kesehatan.

Ada berbagai macam tumbuhan yang menghasilkan buah dan bisa kita manfaatkan khasiatnya, dan satu di antaranya buah jambu biji.

Jambu biji mudah kita temui, Anda bisa mendapatkannya di toko buah atau berbagai pusat perbelanjaan.

Ada dua jenis jambu biji, yakni yang daging buahnya berwarna merah dan putih. Seperti namanya, buah ini dipenuhi dengan biji. Namun, tidak seperti buah lainnya, biji dalam jambu ini dapat Anda makan.

Dalam pemanfaatannya, tanaman jambu biji tidak hanya bisa dimanfaatkan daging buahnya saja. Banyak orang juga memanfaatkan daunnya untuk dijadikan obat herbal.

Buah yang sering dijadikan sebagai jus dan camilan ini mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, serta antioksidan.

Jambu biji bermanfaat dalam upaya membantu menjaga kesehatan tubuh berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Buah ini juga dapat membantu menyehatkan jantung.

Berikut sembilan manfaat jambu biji untuk kesehatan, yang patut Anda coba, seperti dikutip dari FoodNDTV, Jumat (17/9/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah jambu biji merupakan satu di antara sumber vitamin C. Kandungan vitamin C dalam jambu biji empat kali lipat lebih banyak daripada jeruk.

Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi dari infeksi, dan peradangan. Selain itu sifat antiinflamasi dalam jambu iji membantu Anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Meredakan Flu dan Batuk

Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan vitamin C dalam jambu biji bagus untuk meredakan batuk dan flu.

Kandungan ini bersifat antioksidan dan antibakteri, yang dapat membantu memecah lendir serta menghilangkan kuman yang bersarang pada tenggorokan dan sistem pernapasan.

Namun, tidak hanya dari buah, manfaat ini bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi teh dari daun jambu biji.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

3. Menurunkan Risiko Kanker 

Jika gemar mengonsumsi jambu biji sebagai camilan sehat atau jus, Anda juga telah melakukan upaya menurunkan risiko terkena berbagai jenis penyakit kanker.

Jambu biji mengandung likopen, vitamin C, dan palifenol sebagai antioksidan kuat, yang dapat menetralkan radikal bebas dalam tubuh dan mencegah tumbuhnya sel kanker.

Jambu biji telah terbukti secara luas dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Mengonsumsi jambu biji secara teratur telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan lemak darah, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Hal tersebut dapat terjadi karena jambu biji mengandung natrium dan kalium yang baik untuk tubuh. Kalium juga dapat menjaga dan mengatur detak jantung.

Jambu biji membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), yang biasanya cukup memengaruhi keadaan kesehatan jantung.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

5. Mengurangi Stres

Stres yang dialami terkadang dapat menghilangkan fokus dan memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dari banyak manfaat yang diberikan oleh jambu biji, satu di antaranya adalah dapat membantu melemaskan otot dan saraf.

Setelah Anda melewati hari yang cukup berat dan pekerjaan yang menumpuk, minumlah jus jambu atau mengonsumsinya sebagai camilan, dan rasakan manfaatnya.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, Anda dapat memasukkan jambu biji ke menu diet Anda.

Tanpa mengurangi asupan vitamin, protein, dan serat, jambu biji dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara mengatur sistem metabolisme tubuh.

Mengonsumi jambu biji, selain rasanya enak, juga dapat membuat Anda merasa lebih cepat kenyang. Kandungan gula dalam jambu biji juga lebih sedikit daripada buah lainnya, seperti apel, anggur, dan jeruk.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

7. Meningkatkan Penglihatan

Selain kaya akan vitamin C, jambu biji kaya kandungan vitamin A. Untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsinya, vitamin A menjadi asupan penting.

Selain itu, vitamin A dapat membantu menyehatkan kornea mata dan melindungi berbagai sel yang ada dalam mata. Hal tersebut dapat mencegah penurunan penglihatan dan meningkatkan penglihatan.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Jambu biji kaya antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh.

Kerusakan sel dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan, seperti kulit kering, keriput, dan kulit yang kendor. Kandungan vitamin C yang ada dalam jambu biji membantu menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C dalam jambu biji merangsang produksi kolagen dan elastin, dan merupakan protein struktural yang membantu menjaga kulit Anda tetap kencang dan elastis.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

Buah jambu biji, baik merah maupun putih, memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah sehingga buah ini baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Hal ini karena jambu biji memiliki indeks glikemik yang rendah serta tinggi serat, yang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

 

Sumber: FoodNDTV

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer