Sukses


Cara Menanam dan Merawat Keladi Dua Warna, Penting untuk Plant Lovers Pemula

Bola.com, Jakarta - Cara menanam dan merawat keladi dua warna patut menjadi perhatian, khususnya para plant lovers pemula. Sejak pandemi COVID-19, jumlah plant lovers makin meningkat.

Imbauan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah membuat sebagai masyarakat menghabiskan waktu dengan merawat tanaman. Satu di antara tanaman yang disukai kalangan plant lovers adalah keladi dua warna.

Tanaman hias ini memiliki warna yang menarik perhatian. Warna-warna tersebut bisa membuat Anda jatuh cinta ketika melihatnya.

Agar keladi dua warna tumbuh sehat dan memiliki penampilan yang terjaga, Anda perlu melakukan perawatan dengan sepenuh hati.

Berikut cara menaman dan merawat keladi dua warna, seperti disadur dari Brilio, Kamis (16/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Menanam Keladi Dua Warna

Untuk menanam keladi dua warna, Anda perlu menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan.

  • Siapkan lahan untuk menanamnya. Jika sudah, tambahkan bahan organik seperti pupuk kandang, lumut gambut atau kompos taman hingga tanah gembur dan mudah dikerjakan.
  • Siapkan bahan organik, perbaiki drainase, serta nutrisi untuk membantu menjaga kesehatan tanah. Berikan asupan tambahan berupa pupuk starter butiran atau pakan serbaguna yang seimbang (misalnya pupuk berlabel 12-12-12).
  • Periksa label pada tanaman untuk menentukan jarak yang disarankan. Tanaman yang berdesakan membuat bunga yang dihasilkan lebih sedikit. Selain itu pertumbuhannya akan lebih lemah karena tanaman bersaing untuk mendapatkan cahaya.
  • Jika tanaman berada dalam satu kemasan, remas perlahan bagian luar sel tanaman sambil mengarahkan wadah ke samping. Jika tanaman tidak kendur, lanjutkan menekan bagian luar wadah sambil pegang pangkal tanaman dengan hati-hati dan tarik perlahan agar tidak mematahkan batang hingga tanaman terlepas.
  • Jika tanaman berada di dalam pot, kencangkan pangkal tanaman, miringkan ke samping dan ketuk bagian luar pot untuk melonggarkan. Putar wadah dan lanjutkan menyadap, kendurkan tanah hingga tanaman tertarik dengan mulus dari pot.
  • Gali lubang hingga dua kali lebih besar dari bola akar dan cukup dalam Sehingga tanaman akan berada di ketinggian yang sama di tanah dengan permukaan tanah di dalam wadah. Pegang tanaman di bagian atas bola akar, gunakan jari untuk memisahkan akar. Cara ini penting dilakukan terutama jika akarnya padat dan telah mengisi wadah. Lalu, letakkan tanaman di dalam lubang.
  • Dorong tanah dengan lembut di sekitar akar yang mengisi ruang kosong pada area akar. Padatkan tanah di sekitar tanaman dengan tangan atau dengan sisi datar sekop.
  • Tanah yang menutupi lubang tanaman harus rata dengan tanah di sekitarnya atau setinggi satu inci lebih tinggi dari bagian atas akar. Penanaman baru harus disiram setiap hari selama beberapa minggu agar tumbuh dengan baik.
3 dari 4 halaman

Cara Merawat Keladi Dua Warna

1. Penyiraman

Pada tahapan penanaman baru, keladi dua warna perlu disiram setiap hari selama beberapa minggu. Setelah itu, bisa disesuaikan dengan cuaca dan jenis tanah.

Penyiraman bisa dilakukan setiap dua atau tiga hari sekali. Perlu diketahui, tanah liat dapat menahan kelembapan lebih lama daripada tanah berpasir. Maka itu, jika Anda menggunakannya, perlu bersiap untuk lebih sering menyiramnya.

Idealnya, air diberikan ke zona akar, sekitar 6-12" (15-30cm) dari pangkal tanaman, bukan seluruh tanaman. Jika area penanaman keladi dua warna cukup luas dan memerlukan alat penyiraman, cobalah menyiram pada pagi hari.

2. Kelembapan

Hindari pemberian air yang berlebih karena kondisi daun yang lembap dapat mengakibatkan pembusukan atau timbulnya jamur pada tanaman. Untuk memeriksa kelembapan tanah, Anda bisa menggunakan jari atau sekop kecil untuk menggali dan memeriksa tanah.

Perhatikan, jika kondisi area 2-4" (sekitar 5-10cm) sudah terasa kering, Anda bisa memulai untuk menyiraminya.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Keladi Dua Warna

3. Pemupukan

Ada berbagai macam bentuk pupuk, berupa butiran, pakan cair, organik atau sintetis. Tentukan metode pemberian pupuk yang terbaik untuk tanaman hias Anda.

Pada dasarnya, terlalu banyak memberikan pupuk dapat merusak tanaman sehingga penting mengikuti petunjuk kemasan untuk menentukan seberapa banyak pemberian pupuk pada tanaman.

4. Pemangkasan

Anda bisa memangkas tanaman hias ini secara bebas untuk mempertahankan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Menjepit tanaman ke belakang dapat mendukung pertumbuhan baru yang lebih lebat serta mendorong produksi bunga yang lebih banyak.

Jangan lupa buang bunga yang sudah tua agar tanaman tetap terlihat sehat. Perhatikan pula kebersihan di sekitar tanaman untuk mendukung kesehatannya.

 

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Rizka Mifta. Published: 15/3/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer