Sukses


Contoh-Contoh Simbiosis Mutualisme, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Simbiosis adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling berdampingan. Simbiosis terjadi karena suatu organisme tidak dapat hidup sendiri dan saling membutuhkan satu sama lain.

Simbiosis bisa juga disebut suatu pola interaksi yang erat antara dua organisme yang berlainan jenis. Interaksi tersebut dapat bersifat merugikan, menguntungkan atau netral.

Adapun makhluk hidup yang saling melakukan proses simbiosis disebut dengan simbion. Simbiosis terbagi menjadi beberapa jenis.

Satu di antara jenis simbiosis ialah simbiosis mutualisme. Simbiosis mutualisme merupakan hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang berbeda yang saling menguntungkan.

Pada simbiosis mutualisme ini, kedua pihak yang terlibat simbiosis akan mendapat keuntungan masing-masing.

Berikut ini kumpulan contoh simbiosis mutualisme beserta penjelasannya, seperti dilansir dari laman zonareferensi.com, Jumat (17/9/2021).

2 dari 4 halaman

Contoh Simbiosis Mutualisme

Bunga dengan kupu-kupu

Hubungan antara bunga dan kupu-kupu menjadi satu di antara contoh simbiosis mutualisme yang paling dikenal.

Kupu-kupu menghisap madu dan nektar yang ada di dalam sari kelopak bunga untuk dijadikan makanan. Proses tersebut juga membantu penyerbukan dari bunga.

Keuntungan akan didapatkan oleh kupu-kupu yang memperoleh makanan berupa madu dan nektar. Sementara bunga mendapat keuntungan karena proses penyerbukannya dibantu oleh kupu-kupu.

Bunga dengan lebah

Seperti halnya interaksi bunga dan kupu-kupu, lebah menghisap madu dan nektar dari kelopak bunga yang membantu proses penyerbukan bunga tersebut.

Keuntungan didapatkan lebah, yang memperoleh makanan berupa madu dan nektar. Sementara bunga mendapat keuntungan karena proses penyerbukannya dibantu oleh lebah.

3 dari 4 halaman

Contoh Simbiosis Mutualisme

Bunga dengan kumbang

Contoh interaksi antara bunga dan kumbang sama dengan hubungan bunga dan lebah atau bunga dan kupu-kupu. Kumbang akan mendapat nektar dan membantu proses penyerbukan dari bunga.

Kumbang mendapat keuntungan berupa makanan berupa madu dan nektar. Sementara bunga mendapat keuntungan karena proses penyerbukannya dibantu oleh kumbang.

Lalat dengan bunga raflesia

Lalat dan bunga raflesia menjadi contoh simbiosis mutualisme antara hewan dan tumbuhan. Bunga raflesia terkenal sebagai bunga dengan bau yang tidak sedap dan dijuluki bunga bangkai. Hal ini dimanfaatkan oleh lalat untuk hinggap di bunga raflesia untuk mencari makanan.

Keuntungan didapatkan lalat yang memperoleh makanan secara gratis. Sementara bunga raflesia juga mendapat keuntungan karena dibantu proses penyerbukannya oleh lalat.

4 dari 4 halaman

Contoh Simbiosis Mutualisme

Jamur dengan tanaman alga

Jamur akan membuat lingkungan sekitar menjadi lembap agar tanaman alga bisa tumbuh dan bisa melakukan proes fotosintesis. Nantinya jamur juga mendapat bagian hasil fotosintesis tersebut.

Keuntungan didapatkan tanaman alga karena bisa melakukan proses fotosintesis. Sementara jamur mendapat keuntungan karena mendapat makanan dari hasil fotosintesis.

Kepiting laba-laba dengan tanaman alga

Kepiting laba-laba merupakan spesies kepiting asal Jepang yang tinggal di dalam lautan dengan ciri-ciri memiliki kaki-kaki yang panjang. Spesies ini tinggal di wilayah tumbuhan laut yang hijau. Biasanya tanaman alga akan tinggal di punggung kepiting laba-laba.

Tanaman alga mendapatkan keuntungan berupa tempat tinggal. Sementara kepiting laba-laba mendapat keuntungan dengan adanya tanaman alga, yakni. bisa melakukan kamuflase dengan lingkungan sekitarnya sehigga tidak terdeteksi oleh pemangsa.

 

Sumber: Zonareferensi

Video Populer

Foto Populer