Sukses


8 Penyebab Munculnya Darah Tinggi, Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Penyebab munculnya darah tinggi atau hipertensi perlu Anda ketahui semenjak dini agar tahu cara menanganinya dan tidak bertambah parah.

Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah cukup tinggi, mencapai 130/80 mmHg atau bahkan lebih. Hipertensi atau darah tinggi biasanya paling sering dialami orang lanjut usia.

Tekanan darah normal manusia berkisar pada 120/80 mmHg. Bagi mereka yang memiliki angka melebihi itu, bisa dikategorikan terkena tekanan darah tinggi

Kondisi di mana seseorang memiliki tekanan darah yang tinggi, dapat menjadi kondisi berbahaya karena jantung akan dipaksa memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh.

Hal tersebut bisa meningkatkan risiko seseorang yang terkena darah tinggi terserang berbagai penyakit berbahaya lainnya, seperti stroke, gagal jantung, dan gagal ginjal.

Ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai agar darah tinggi atau hipertensi tidak muncul karena penyakit ini tidak memandang usia, bahkan orang dengan usia muda bisa terkena hipertensi.

Berikut delapan penyebab munculnya darah tinggi, yang perlu Anda waspadai setiap saat, seperti dikutip dari Goodrk, Jumat (17/9/2021).

2 dari 4 halaman

Penyebab Munculnya Darah Tinggi

1. Terlalu Banyak Meminum Alkohol

Beberapa bukti telah ada bahwa meminum terlalu banyak minuman beralkohol dapat menambah risiko seseorang terkena hipertensi secara signifikan. Alkohol tidak hanya dapat menaikkan risiko hipertensi, namun juga kadar kolesterol.

2. Masalah pada Ginjal

Ginjal adalah satu di antara organ dalam tubuh yang sangat vital dan penting. Ginjal bertugas membuang berbagai macam limbah dan racun dalam tubuh saat kita buang air kecil.

Namun, ketika fungsi ginjal sedang dalam keadaan tidak normal, menyebabkan tubuh kita menahan terlalu banyak cairan yang seharusnya dibuang dan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Banyak hal yang dapat menyebabkan ginjal kita tidak bekerja dengan normal, seperti kurangnya minum air putih dan gaya hidup tidak sehat.

3. Kurang Aktivitas Fisik

Bagi Anda yang tidak pernah melakukan aktivitas fisik, memiliki risiko terkena hipertensi lebih tinggi daripada mereka yang sering melakukannya.

Hal tersebut tidak memandang usia. Seseorang berusia muda, namun tidak pernah melakukan aktivitas secara rutin, dapat memiliki risiko hipertensi cukup tinggi, terutama pada laki-laki.

3 dari 4 halaman

Penyebab Munculnya Darah Tinggi

4. Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa sebagian besar orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas cenderung memiliki tekanan darah lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki berat badan berlebih.

Beberapa penelitian tersebut juga menyebutkan, kelebihan berat badan yang cukup signifikan, berada hampir di atas 40 persen, memiliki risiko terkena hipertensi.

5. Faktor Keturunan atau Genetika

Para ahli percaya bahwa gen tertentu dalam DNA manusia dapat menyebabkan seseorang lebih rentan terkena hipertensi. 

Kita dapat menghubungi dokter jika satu di antara keluarga kita, seperti ayah, ibu, kakek, nenek, atau saudara kandung memiliki hipertensi, untuk membantu apakah kita juga memiliki risiko tersebut dan bagaimana cara menanganinya.

6. Stres

Stres, sering cemas, dan kurang tidur merupakan beberapa faktor risiko yang cukup sering berkontribusi pada munculnya darah tinggi. Hal ini diduga berkaitan dengan peningkatan hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin, saat seseorang mengalami stres berkepanjangan.

Coba untuk selalu tenang dalam menghadapi berbagai permasalahan agar rasa cemas dan stres bisa diminimalisasi.

4 dari 4 halaman

Penyebab Munculnya Darah Tinggi

7.Merokok

Asap rokok dapat meracuni darah pada tubuh. Zat nikotin berpengaruh penting menjadi penyebab darah tinggi. Zat nikotin dapat menimbulkan pergeseran pada pembuluh darah sehingga aliran darah pada pembuluh tersumbat. Hal ini menjadikan kinerja jantung menjadi lebih keras dari kondisi normal.

8. Bertambahnya Usia

Usia bisa menjadi faktor munculnya darah tinggi pada seseorang. Makin bertambahnya usia, fungsi organ dalam tubuh juga akan makin menurun. Maka itu penting menerapkan pola hidup sehat, seperti rajin berolahraga dan makan makanan sehat semenjak dini.

 

Sumber: Goodrx

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer