Sukses


9 Cara Mengatasi Masalah dalam Berpacaran tanpa Harus Putus

Bola.com, Jakarta - Menjalin hubungan percintaan harus berlandaskan saling pengertian, saling menghormati, serta saling percaya agar berbagai masalah bisa dihindari dan diselesaikan tanpa harus putus.

Saat hubungan dihadapkan dengan sebuah masalah, beberapa pasangan memutuskan untuk berpisah karena sudah merasa tidak saling cocok.

Padahal, ada berbagai jalan keluar yang bisa digunakan agar hubungan percintaan dapat terjaga dengan baik dan putus bukan menjadi satu-satunya jalan keluar.

Selain harus saling mengerti, sebagai pasangan, Anda dan dia perlu memiliki komunikasi yang baik, dengan harapan jika ada masalah muncul, Anda bisa membicarakannya dengan pasangan, dan bukannya saling menghindar atau saling menyalahkan.

Ada beberapa cara yang mungkin bisa menghindarkan Anda dan pasangan dari kemungkinan putus ketika berhadapan dengan masalah, apa pun itu bentuk maupun penyebabnya.

Berikut sembilan cara mengatasi masalah dalam berpacaran tanpa harus putus, seperti dikutip dari Inspiringtips, Jumat (17/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Masalah dalam Berpacaran tanpa Harus Putus

1. Terima Kenyataan Anda Sedang Bermasalah

Anda tidak berada di dunia fantasi dan kisah cinta Anda tidak akan pernah sesempurna apa yang Anda baca dalam dongeng, dan itu tidak apa-apa. Bagian dari memperbaiki masalah hubungan Anda adalah menyadari bahwa apa yang Anda miliki tidak sempurna dan tidak harus sempurna.

Terima kenyataan bahwa Anda dan pasangan hanya manusia biasa, yang mampu membuat kesalahan. Jangan mengakhiri hubungan hanya karena Anda melakukan kesalahan atau pasangan Anda mengambil jalan yang salah. 

Bicarakan masalah yang sebenarnya, akui bahwa Anda melakukan kesalahan, dan belajarlah darinya.

2. Bicarakan Masalah yang Memengaruhi Hubungan Anda

Ketika Anda berdua menghadapi kesalahpahaman tentang masalah tertentu, seperti ketika Anda tidak dapat menyetujui keputusan bersama, jalan terbaik adalah membicarakan semuanya. 

Komunikasi adalah kunci emas untuk membuat suatu hubungan bertahan lama, terutama ketika mencoba menyelesaikan masalah yang memengaruhi Anda berdua. Bicarakan terlebih dahulu dan coba pahami apa yang salah. Yang terbaik adalah mendiskusikan masalah bersama daripada meributkannya.

3. Memberikan Ruang Satu Sama Lain

Memberikan ruang satu sama lain merupakan cara yang baik untuk mendinginkan emosi, terutama ketika Anda telah mencapai argumen yang panas.

Anda tidak dapat menemukan keputusan yang baik jika Anda berdua berada pada emosi yang tinggi, jadi akan lebih baik untuk tidak bertemu dahulu dalam beberapa waktu.

Anda mungkin ingin menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman, atau hanya sendiri, sehingga Anda dapat memikirkan semuanya.

Setelah semua menjadi lebih tenang, kembalilah bertemu dengan pasangan Anda, dan bicarakan segala permasalahan yang harus diselesaikan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Masalah dalam Berpacaran tanpa Harus Putus

4. Berjalan-jalan Mengelilingi Taman

Ketika Anda tidak bisa menyelesaikan argumen Anda dengan duduk, mungkin ada baiknya Anda pergi jalan-jalan mengelilingi taman.

Tidak seperti bepergian jauh atau pergi berlibur, berjalan-jalan mengelilingi taman adalah cara yang jauh lebih sederhana untuk merenungkan masalah Anda dan jenis solusi yang ingin Anda cari. 

Berjalan juga membantu Anda berdua rileks, dan di satu sisi, menyadari bahwa Anda berada di perjalanan yang sama dengan dia.

5. Selesaikan Masalah sambil Berpegangan Tangan

Berpegangan tangan saat membicarakan masalah hubungan bisa jadi tidak menyenangkan bagi sebagian pasangan, tetapi pendekatan ini sangat dianjurkan, bahkan oleh psikolog.

Saat Anda berpegangan tangan saat mendiskusikan suatu masalah, Anda bisa merasakan emosi satu sama lain tanpa menggunakan kata-kata. 

Anda membentuk hubungan yang lebih intim yang memungkinkan Anda berdua untuk bertukar empati, dan keputusan yang Anda buat untuk memecahkan masalah menjadi tulus dan sepenuh hati.

6. Katakan Maaf 

Ketika Anda dan pasangan sedang bertengkar, pasti Anda akan saling menyakiti perasaan, baik dengan kata-kata yang Anda ucapkan satu sama lain atau melalui pertukaran reaksi Anda. Terlepas dari siapa yang salah, bagaimanapun, bersiaplah untuk mengatakan bahwa Anda menyesal.

Mengatakan maaf tidak selalu berarti bahwa Anda berada di sisi yang salah, tetapi lebih pada mengalah untuk menyelesaikan permasalahan agar tidak berkelanjutan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Masalah dalam Berpacaran tanpa Harus Putus

7. Berhentilah Menyalahkan Pasangan

Jangan pernah sekali pun Anda mencoba untuk menyalahkan pasangan. Ketika pasangan Anda melakukan sesuatu yang salah atau menghadapi masalah dalam hubungan Anda, pertimbangkan dua kemungkinan ini: satu, apa pun yang dilakukan pasangan Anda mungkin merupakan reaksi terhadap cara Anda memperlakukan mereka, dan dua, Anda ikut bertanggung jawab atas apa yang terjadi selanjutnya.

Evaluasi diri Anda sebagai pasangan. Apakah Anda sudah menjadi pasangan yang baik? Menurut Anda, apa faktor yang mendorong pasangan Anda melakukan kesalahan ini? Bisakah Anda melakukan sesuatu untuk mencegahnya?

8. Jangan Biarkan Penilaian Orang Lain Memengaruhi Keputusan Anda

Meski baik untuk meminta saran dan bantuan dari orang lain, satu-satunya yang benar-benar dapat memperbaiki masalah dalam hubungan Anda adalah Anda dan pasangan.

Selama Anda tahu bahwa Anda memperlakukan pasangan Anda dengan benar dan Anda melakukan bagian Anda, Anda harus memiliki kepercayaan diri untuk menolak penilaian orang lain tentang hubungan Anda, terutama jika nasihat ini bertentangan dengan perasaan Anda yang sebenarnya.

9. Jangan Berdebat Melalui Telepon atau Pesan Teks

Perdebatan melalui telepon atau melalui pesan teks bisa sangat membatasi karena Anda tidak dapat memahami sudut pandang satu sama lain sepenuhnya. Emosi yang menyertai pesan juga hilang ketika tidak bertatapan secara langsung sehingga hanya akan memperburuk keadaan.

Mungkin lebih baik meluangkan waktu untuk membicarakan berbagai hal, seperti bertemu setelah makan malam atau makan siang, di tempat di mana Anda berdua bisa berduaan. 

Lingkungan intim memberikan suasana yang tulus, yang memungkinkan Anda dan pasangan mendiskusikan masalah dengan nyaman.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer