Sukses


Persib, NPC, dan IBL Maksimalkan Fitur Facebook untuk Rekatkan Hubungan dengan Penggemar

Bola.com, Jakarta - Facebook terus berupaya menjadi platform media sosial yang bisa dijangkau oleh berbagai bidang, satu di antaranya adalah olahraga. Persib Bandung, National Paralympic Committee (NPC) hingga Indonesian Basketball League (IBL) memaksimalkannya dalam menjaring sebanyak mungkin engagement dengan para penggemar.

Melalui rangkaian kampanye #Indonesiaku dan sejalan dengan Hari Olahraga Nasional yang jatuh setiap bulan September, Facebook hadir untuk memberikan dukungan kepada seluruh komunitas olahraga di Indonesia, baik itu federasi, liga, media olahraga, klub olahraga, atlet, maupun pecinta olahraga.

“Setiap hari, orang-orang hadir di Facebook untuk terhubung dengan hal-hal yang mereka sukai, termasuk dalam bidang olahraga. Facebook hadir di Indonesia untuk menjadikan olahraga semakin mudah dijangkau, termasuk memberikan kemudahan bagi beragam komunitas olahraga untuk saling menemukan melalui kecintaan mereka pada olahraga," ujar Dolly Lesmana, Manager Kemitraan Konten Olahraga untuk Facebook di Indonesia.

"Teknologi yang Facebook miliki memudahkan komunitas olahraga untuk membuka beragam potensi dan peluang untuk tumbuh, berbagi inspirasi, serta menjalin hubungan dengan lebih banyak penggemar -- dan ketika mereka saling menemukan, dunia olahraga semakin berkibar,” katanya lagi.

Saat ini, ada lebih dari 700 juta penggemar olahraga di Facebook dan 400 juta penggemar olahraga di Instagram. Rata-rata atlet di Facebook memiliki basis penggemar di sekitar 125 negara dan wilayah, adapun di Instagram, mereka memiliki penggemar di sekitar 142 negara dan wilayah. Setiap harinya mereka terhubung untuk menjadi lebih dekat dengan atlet favorit, dan kebersamaan yang terjalin pun semakin berkembang. 

2 dari 3 halaman

Fitur-Fitur Unggulan

Facebook juga memberikan dukungan melalui beragam fitur serta alat yang dapat dimanfaatkan mitra komunitas olahraga dan juga atlet guna menjangkau para penggemar. Mulai dari fitur Facebook Watch, Facebook Group, Stories, Instagram Live, dan Reels, hingga teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). National Olympics Committee (NOC) Indonesia, misalnya, mengabadikan momen upacara penyerahan medali emas kepada Greysia Polii dan Apriyani Rahayu melalui Instagram Live, dan Live ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat di tanah air.

Fitur untuk monetisasi juga ditawarkan Facebook kepada para mitra olahraga, diantaranya In-Stream Ads, Branded Content, Shops untuk mendukung penjualan merchandise klub atau komunitas, Paid Online Events, dan Fan Subscription.

Lebih dari sekadar kemitraan bisnis, Facebook juga menjalin kolaborasi bersama komunitas olahraga demi mendorong terciptanya dampak sosial yang lebih luas, seperti dukungan untuk misi National Paralympic Committee (NPC), dan kampanye untuk melawan peredaran misinformasi COVID-19 bersama Indonesia Basketball League (IBL).

 

3 dari 3 halaman

Bagikan Kabar Terkini Lewat Facebook

Persib Bandung menjadi salah satu mitra klub olahraga yang memanfaatkan Facebook untuk berbagi informasi dan berinteraksi dengan penggemar. Melalui Halaman Resminya di Facebook, klub sepakbola kebanggaan Jawa Barat ini membagikan video-video terkini dari sesi latihan tim, match preview, dan juga siaran langsung (Live) dari pertandingan seperti Champions eFootball.

Lebih dari sekadar memperkuat interaksi di dalam komunitas, National Paralympic Committee (NPC) Indonesia juga memanfaatkan Facebook untuk menginspirasi mereka yang memiliki disabilitas untuk mengasah kapabilitas di bidang olahraga dan mencetak prestasi demi mengharumkan nama Bangsa.

Melalui Halaman resminya di Facebook, NPC Indonesia secara rutin membagikan kabar terkini dari atlet paralimpik binaannya, termasuk kegiatan saat latihan, persiapan jelang pertandingan, hingga prestasi-prestasi gemilang di tingkat nasional maupun internasional.

Video Populer

Foto Populer