Sukses


Kumpulan Quote Inspirasi Islami perihal Kesusahan dan Kesedihan

Bola.com, Jakarta - Kesusahan dan kesedihan merupakan bagian dari hidup yang harus kita lalui. Itulah dinamika yang terjadi dalam kehidupan ini.

Allah SWT memberikan kesusahan dan kesedihan kepada umat-Nya bukannya tanpa alasan. Manusia diharapkan bisa lebih bersyukur dengan ujian tersebut.

Penyebab kesedihan bisa beraneka macam, seperti kehilangan selamanya orang tersayang, kegagalan suatu rencana, mengalami pengkhianatan, dan lain sebagainya.

Namun, ingatlah untuk selalu merespons serta menanggapi berbagai cobaan dan kesedihan dengan sewajarnya karena Allah tidak menyukai hal yang dianggap berlebihan.

Lewati cobaan yang ada dengan lapang dada dan penuh rasa ikhlas, niscaya Allah akan selalu membantu umat-Nya melewati itu semua.

Kamu juga bisa mendapatkan bahan perenungan dalam merespons menanggapi kesedihan, satu di antaranya dengan membaca kumpulan quote Islami yang penuh pesan bijaksana.

Berikut kumpulan quote inspirasi Islami perihal kesusahan dan kesedihan, yang bisa kamu jadikan sebagai bahan perenungan, seperti dikutip dari Theislamicquote, Selasa (21/9/2021).

2 dari 4 halaman

Kumpulan Quote Inspirasi Islami Perihal Kesusahan dan Kesedihan

1. "Jangan pernah kehilangan semangat dan harapan, meski sedang dalam keadaan bersedih."

2. "Tidak ada yang dapat memberikanmu pertolongan kepadamu dalam setiap kondisi kehidupan kecuali Tuhan Maha Pengampun Allah SWT."

3. "Kita tidak boleh putus asa selama kita mendapat dukungan Allah SWT dan Dialah Yang Maha Esa yang dapat membuat apa pun terjadi.

4. "Allah SWT mencintai ciptaan-Nya lebih dari yang dapat kita bayangkan, oleh karena itu kita harus memiliki keyakinan penuh bahwa jika Dia tidak memberi kita apa yang kita inginkan, Dia akan memberi kita yang terbaik untuk kita."

5. "Kesulitan dan kesedihan adalah bagian dari hidup dan harus ditangani dengan kesabaran. Jika kita mendapatkan semua yang kita inginkan di dunia ini maka Allah SWT tidak akan mengabulkan keinginan kita di akhirat."

6. "Berbahagialah. Jangan biarkan kesedihan menghancurkanmu. Ucapkan Alhamdulillah dalam setiap momen kehidupan yang kamu alami."

7. "Jika kamu merasa sedih, sakit hati atau bimbang, carilah petunjuknya dari Al-Qur'an maka kamu akan menemukan arah yang benar."

8. "Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku. "

9. "Saat kamu merasakan kesedihan, itu berarti hati sedang menyuruhmu untuk menemukan Allah. Saat depresi melanda, itu berarti kamu sedang tidak mendengarkan isi hatimu. Kenyamanan akan kamu rasakan saat kamu mengingat bahwa Allah selalu ada untukmu."

10. "Obat untuk menyembuhkan kesedihan: tingkatkan kualitas salatmu, luangkan waktumu untuk berinteraksi dengan Al-Qur'an, bersyukurlah atas nikmat yang telah Allah berikan kepadamu, renungkanlah alam semesta."

3 dari 4 halaman

Kumpulan Quote Inspirasi Islami Perihal Kesusahan dan Kesedihan

11. "Terkadang, dibutuhkan kesedihan untuk mengetahui arti kebahagiaan, kebisingan untuk menghargai keheningan, dan kehilangan untuk menghargai kehadiran."

12. "Hati kita milik Allah. Bila rasa sedih, berbaliklah pada Allah. Bila rasa keliru, berbaliklah pada Allah. Bila gembira, berbaliklah juga pada Allah."

13. "Dunia ini sementara. Sedih sementara, senang sementara, bersikaplah sewajarnya. Bagaimana pun kondisi kita saat ini, entah kita sedang senang atau sedih, pada akhirnya keadaan ini akan berubah."

14. "Allah menyukai orang yang sabar dan ikhlas. Maka tersenyumlah di kala sedih, tetap memaafkan saat kecewa."

15. "Ciri kelalaian manusia adalah sering mengeluh ketika sedang mendapatkan kesusahan dan jarang bersyukur ketika mendapatkan kenikmatan."

16. "Aku merasa malu saat larut dalam kesedihan, sementara aku tahu bahwa segala kejadian yang aku alami ada di tangan Allah."

17. "Orang beriman akan terbebas dari perasaan bahagia terlalu berlebihan yang menyebabkan seseorang melupakan Allah dan perasaan terlalu larut dalam kesedihan yang menyebabkan seseorang putus asa dan menyalahkan Allah."

18. "Allah memberimu kehidupan yang indah maka jangan sia-siakan hidupmu itu untuk meratapi kesedihan atas sesuatu yang pasti akan berlalu. Allah selalu punya rencana yang menakjubkan."

19. "Kesedihan pasti akan mendatangimu. Abaikan saja ketika kesedihan itu datang."

20. "Terkadang, alasan yang membuat kita sulit untuk bahagia adalah karena kita masih sulit melepaskan sesuatu yang membuat kita sedih."

4 dari 4 halaman

Kumpulan Quote Inspirasi Islami Perihal Kesusahan dan Kesedihan

21. "Allah tahu apa yang terbaik untuk kita. Dia bijak dan Mahatahu. Terkadang kita membenci situasi kesedihan, tetapi itu bisa menjadi baik dan bermanfaat bagi kita. Karena Dia tahu dan kita tidak tahu."

22. "Allah tidak membebani jiwa. Ini adalah cobaan yang Dia alami terhadap ciptaan-Nya karena Dia ingin melakukan yang baik. Sebagai gantinya, Dia menuntut kesabaran dalam menjawab pencobaan yang ada."

23. "Muslim diharuskan untuk berserah kepada Allah, memohon pada-Nya untuk meminta bantuan. Bahkan para Nabi juga melewati kesedihan. Mereka menyerahkan hati mereka kepada Allah dan meminta bantuan. Islam mengajari kita banyak doa untuk mengatasi kesedihan."

24. "Saya hanya mengeluh tentang kesedihan dan kesedihan saya kepada Tuhan, dan saya tahu dari Tuhan apa yang kamu tidak tahu."

25. "Tuhanku, aku sangat membutuhkan kebaikan yang Engkau kirimkan padaku." (Al-Qur'an 28:24)

26. "Sesungguhnya dalam mengingat Allah, hati menemukan ketenangan." (Al-Qur'an 13:28)

27. "Ya Allah, saya berlindung pada-Mu dari kecemasan dan kesedihan. Siapa pun yang diinginkan Allah untuk kebaikan, Dia menimpanya dengan kesulitan." - Al-Bukhari

28. "Tidak pernah seorang mukmin dilanda ketaknyamanan, penyakit, kecemasan, kesedihan atau kekhawatiran mental atau bahkan tusukan duri, tetapi Allah akan menebus dosa-dosanya karena kesabarannya." - Al-Bukhari

29. "Hati yang sedang kesusahan dan dalam kesedihan akan merasa tenang jika di dalamnya selalu menyertakan Allah SWT."

30. "Allah menciptakan Al-Qur'an untuk membantuku melewati segala kesedihan yang aku alami."

 

Sumber: Theislamicquotes

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer