Sukses


9 Manfaat Mengagumkan Susu Kedelai untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Susu kedelai merupakan satu di antara minuman menyehatkan yang berasal dari sumber makanan nabati dan sering dijadikan sebagai alternatif pengganti susu sapi.

Susu yang terbuat dari sari kacang kedelai ini baik untuk kesehatan karena terbuat dari bahan alami non-hewani dan secara tidak langsung bebas dari kolesterol.

Selain itu, susu kedelai memiliki banyak nutrisi, rendah lemak jenuh, dan mengandung laktosa, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Minuman ini sering dijadikan menu utama bagi orang yang sedang menjalani diet. Mengonsumsi susu kedelai bisa membantu menurunkan berat badan.

Susu kedelai dibuat dengan cara menggiling kacang kedelai, lalu merebusnya dengan air. Minuman ini aman dikonsumsi oleh semua kalangan.

Susu kedelai tidak kalah lezat dengan susu yang berasal dari sapi, cobalah mengonsumsinya saat sarapan secara rutin setiap hari untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Berikut sembilan manfaat mengagumkan susu kedelai untuk kesehatan, yang wajib untuk Anda coba, dikutip dari DoctorNDTV, Rabu (22/9/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Susu Kedelai untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kedelai merupakan satu di antara sumber makanan sehat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat.

Mengonsumsi susu kedelai dapat meningkatkan kadar lipid plasma dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung di kemudian hari. Selain itu, susu kedelai kaya akan vitamin, mineral, lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Susu kedelai mengandung banyak serat dan kolesterol baik. Susu yang berasal dari sari kacang kedelai membantu mengatasi obesitas dan tekanan darah tinggi.

Mengombinasikan susu kedelai dengan berbagai asupan makanan diet rendah lemak dan beberapa protein, membantu menurunkan berat badan dan menjaga masa otot tetap pada tempatnya.

3. Mengatasi Masalah Kulit

Jika Anda sering bermasalah dengan munculnya jerawat pada kulit, mungkin mengonsumsi susu kedelai secara rutin akan membantu mengatasi masalah tersebut.

Susu kedelai ampuh dalam mengurangi hiperpigmentasi, suatu kondisi di mana kulit berubah menjadi gelap. Selain itu, beberapa penelitian menunjukan bahwa susu kedelai memiliki sifat antipenuaan dini.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Susu Kedelai untuk Kesehatan

4. Menguatkan Tulang

Tidak hanya susu yang berasal dari sapi saja yang bisa menguatkan tulang, melainkan juga susu kedelai karena kandungan kalsium yang ada di dalamnya.

Kandungan kalsium yang terkandung dalam susu kedelai dapat meningkatkan kesehatan tulang, membuatnya menjadi lebih kuat dan menjaga strukturnya sehingga megurangi risiko patah tulang.

 5. Antidepresan

Mengonsumsi susu kedelai bisa meningkatkan mood atau suasana hati karena susu kedelai mengandung vitamin B6 dan B kompleks yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Selain itu, susu kedelai mengandung banyak magnesium yang bisa melepaskan hormon serotonin dalam tubuh, yang berfungsi sebagai antidepresan bagi pikiran.

6. Pemulihan setelah Berolahraga

Saat berolahraga, tubuh akan kehilangan banyak lemak dan kalori. Pemulihan menjadi hal wajib yang harus dilakukan setelahnya.

Bagi Anda yang merupakan seorang vegan atau menghindari laktosa, susu kedelai dapat menjadi pilihat tepat untuk melakukan pemulihan setelah berolahraga.

Susu kedelai mengandung riboflavin yang membantu memulihkan semua energi yang hilang setelah berolahraga.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Susu Kedelai untuk Kesehatan

7. Membantu Pertumbuhan Rambut

Memiliki rambut yang sehat dan tampak kuat menjadi idaman banyak orang, khususnya para wanita. Kombinasi susu kedelai dan diet kaya protein memiliki efek baik untuk kesehatan rambut.

Hal tersebut dapat merangsang pertumbuhan dan menguatkan akar rambut sehingga kesehatan rambut terus terjaga dengan baik.

8. Memaksimalkan Fungsi Sel Darah Merah

Susu kedelai mengandung 1,1 mg zat besi yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan 8-18 mg zat besi dalam satu hari. Zat besi dapat membuat sel darah merah mampu melakukan tugasnya untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih lancar.

9. Membantu Menurunkan Kolesterol

Protein terbuat dari asam amino yang memiliki keuntungan mencegah berbagai penyakit. Asam amino dan isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Dengan mengonsumsi makanan yang rendah kolesterol, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung, stroke, dan sebagainya.

 

Sumber: DoctorNDTV

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer