6 Cara Alami Mengatasi Batuk akibat COVID-19

Oleh Alfi Yuda pada 23 Sep 2021, 10:20 WIB
Diperbarui 23 Sep 2021, 10:20 WIB
Ilustrasi batuk akibat COVID-19
Ilustrasi batuk akibat COVID-19. (Photo by Retmo on Pexels)

Bola.com, Jakarta - Batuk merupakan satu di antara gejala umum yang diderita pengidap COVID-19. Kondisi ini bisa dialami baik itu anak-anak hingga orang dewasa.

Biasanya batuk yang diakibatkan COVID-19 berupa batuk kering, meski ada beberapa kasus yang mengalami batuk berdahak.

Terkadang batuk bisa dialami seseorang, walau ia sudah dinyatakan sembuh dari terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Batuk pada dasarnya merupakan cara tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak maupun pemicu iritasi lainnya.

Meski berguna baik bagi tubuh, batuk yang tak kunjung sembuh bisa cukup membuat pengidap COVID-19 yang telah sembuh, terganggu.

Untuk mengatasi batuk pasca terinfeksi COVID-19, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara mengatasi batuk akibat COVID-19 ini bisa dilakukan dengan metode pengobatan alami.

Namun, perlu ditekankan, apabila batuk yang dialami makin parah, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan tindakan medis.

Berikut ini rekomendasi cara alami mengatasi batuk akibat COVID-19, yang bisa Anda terapkan di rumah, dikutip dari laman Healthline dan Medicalnewstoday, Rabu (22/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Batuk Akibat COVID-19

Ilustrasi air garam
Ilustrasi air garam. (Photo by Lisa on Pexels)

1. Larutan air garam

Cara pertama menyembuhkan batuk akibat COVID-19 adalah meminum larutan air garam. Larutan air garam adalah satu di antara obat batuk alami yang paling efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk basah.

Larutan air garam dapat mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan yang dapat mengurangi kebutuhan untuk batuk.

2. Buah nanas

Cara kedua mengatasi batuk akibat COVID-19 adalah mengonsumsi buah nanas. Buah nanas mengandung enzim bernama Bromelain, di mana kandungan tersebut memiliki sifat antiiflamasi dan mukolitik. Kandungan Bromelain tersebut dapat memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh.

3 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Batuk akibat COVID-19

Ilustrasi daun peppermint
Ilustrasi daun peppermint. (Photo by Eleonor Chen on Unsplash)

3. Daun thyme

Rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan ini bisa dimanfaatkan sebagai obat alami mengatasi batuk akibat COVID-19.

Anda cukup menyeduh 2 sdm daun thyme kering ke dalam secangkir gelas yang telah ditambahkan dengan air panas. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu selama 10 menit sebelum disaring dan diminum.

4. Teh peppermint

Daun peppermint telah lama dipercaya memiliki khasiat sebagai obat batuk herbal. Di dalamnya terkandung senyawa menthol yang menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan atau pemecah lendir.

Cobalah meminum teh peppermint atau menghirup uap minyak esensial peppermint untuk mengatasi permasalahan ini.

4 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Batuk akibat COVID-19

Ilustrasi air seduhan jahe
Ilustrasi air seduhan jahe. (Photo by Mareefe on Pexels)

5. Air seduhan jahe

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi batuk akibat COVID-19 adalah mengonsumsi air seduhan jahe. Jahe dipercaya dapat meredakan batuk karena memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan. Jahe juga dapat meredakan mual dan nyeri.

Cara menyembuhkan batuk secara alami dengan memanfaatkan jahe cukup mudah. Anda tinggal menyeduh 20-40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Kemudian, diamkan dulu selama beberapa menit sebelum diminum.

Anda bisa menambahkan madu atau sari lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih menenangkan batuk.

6. Teh madu

Cara keenam yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini tanpa obat adalah mengonsumsi teh madu. Beberapa penelitian mengatakan dengan mengonsumsi teh madu dapat meredakan batuk secara signifikan.

Cara mengatasi batuk akibat COVID-19 dengan memanfaatkan madu cukup mudah. Campurkan 2 sdt dengan air hangat kemudian, minumlah ramuan ini sekali atau dua kali sehari.

 

Sumber: healthline.com, medicalnewstoday.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓
Nominasi Ballon d'Or dari Liga Inggris