Sukses


Ikuti Arahan Pusat, Pemda DIY Genjot Program Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia

Bola.com, Jakarta - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menaikkan target vaksinasi lansia untuk suntikan dosis pertama vaksin COVID-19 menjadi 60 persen. Keputusan ini diambil sebagai satu di antara upaya menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kepala Dinkes DIY, Pembajun Setyaningastutie, mengatakan, naiknya target vaksinasi untuk lansia mengacu pada arahan Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut menargetkan agar vaksinasi lansia di DIY harus mencapai 60 persen.

Berdasarkan data Dinkes DIY, 58,67 lansia di DIY telah mendapatkan vaksin dosis pertama. Sementara untuk lansia yang telah mendapatkan dosis kedua per 20 September 2021 mencapai 37,68 persen.

"Salah satu syarat yang disampaikan Pak Luhut. Bisa menjadi level (PPKM) di bawahnya, yang harus kami lihat adalah lansia. Lansia ada di posisi 58,78 persen, minimal kami harus 60 persen untuk dosis pertama," ujar Pembajun, Selasa (22/9/2021).

Pembajun menyebut ada beberapa parameter awal yang ditetapkan pemerintah pusat terkait suatu daerah turun level PPKM. Satu di antaranya pencapaian vaksinasi untuk lansia.

Pembajun mengungkap pemerintah pusat menargetkan pencapaian vaksinasi 60 persen bagi lansia agar level PPKM bisa turun. Selain itu, pemerintah pusat juga menargetkan total vaksinasi bagi masyarakat di daerah di angka 70 hingga 80 persen.

Pembajun optimistis target itu dapat tercapai, meski ada sejumlah kendala. Sejumlah strategi diterapkan Dinkes DIY untuk mencapainya.

"Kiami gencarkan skema jemput bola untuk penerima vaksin. TNI dan Polri itu juga sudah mendekat ke sasaran (vaksinasi)," tutur Pembajun.

Video Populer

Foto Populer