Sukses


Cara Efektif Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bola.com, Jakarta - Bibir kering dan pecah-pecah menjadi satu di antara persoalan yang kerap dihadapi kaum hawa. Bibir kering dan pecah-pecah bisa menyebabkan turunnya kepercayaan diri. Maka itu, cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah menjadi hal penting.

Tak bisa dimungkiri, bibir kering dan pecah-pecah bisa mengurangi penampilan. Bibir yang kering dan pecah-pecah menjadi tak sedap dipandang. Padahal, bibir menjadi satu di antara daya tarik.

Bibir kering dan pecah-pecah disebabkan beberapa hal, seperti dehidrasi, kebiasaan menjilat, menggigit bibir, dan mengelupasi kulit bibir, paparan sinar matahari, kekurangan vitamin, alergi, maupun kondisi kesehatan tertentu, semisal radang di sudut mulut, dan sebagainya.

Menghindari berbagai faktor penyebabnya menjadi cara terbaik agar tidak mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Namun, apabila kondisi itu tak terelakkan, Anda harus mencari cara mengatasinya.

Jangan khawatir karena ada beberapa cara menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah yang bisa Anda terapkan. Anda harus telaten dalam menerapkannya agar hasilnya segera terlihat.

Berikut beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, disadur dari Fimela, Senin (27/9/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Minum air putih

Dehidrasi menjadi penyebab utama bibir kering dan  pecah-pecah. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dibutuhkan. 

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ini dapat menyebabkan kulit kering, termasuk pada bibir. Jadi, biasakan mengonsumsi air putih setidaknya delapan gelas setiap hari.

Gunakan lip balm

Satu di antara yang mampu mengoptimalkan kecantikan bibir adalah dengan penggunaan lipbalm. Usahakan untuk selalu menutrisi bibir dengan lip balm, terutama saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

Gunakan bahan-bahan alami

Selain mengoleskan lip balm, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami yang sudah terkenal manfaatnya untuk untuk menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah, di antaranya lidah buaya, minyak kelapa, madu, mentimun, dan teh hijau.

Gunakan masker bibir

Anda bisa rutin menggunakan masker untuk bibir, setidaknya dua kali dalam satu minggu. Untuk memaksimalkannya, aplikasikan madu pada bibir dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Eksfoliasi bibir

Anda bisa mengandalkan bahan alami menggunakan madu dan gula, lalu aplikasikan pada bibir secara perlahan. Jika sudah, bilas memakai air hangat.

Cara lain, yakni menggunakan scrub bibir yang mengandung gula atau soda kue untuk mengelupas kulit kering dengan lembut. 

Langkah ini efektif mengangkat sel kulit mati pada bibir yang menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah.

Hindari terlalu sering menggunakan lipstik matte

Lipstik matte memiliki kandungan yang dapat membuat kulit kering. Atau, jika Anda suka dengan lipstik matte, pilih dengan formula yang mampu menutrisi bibir. Dengan langkah ini kelembapan bibir akan terjaga.

Bersihkan sisa lipstik

Langkah lainnya yang harus dilakukan adalah dengan selalu rajin membersihkan bekas lipstik secara optimal. Gunakan pembersih khusus bibir dengan formula lembut yang akan angkat sisa makeup pada bibir dengan sempurna.

 

 

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Nabila Mecadinisa, Editor: Adinda Tri Wardhani. Published: 21/12/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer