Sukses


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli, Ketahui Fungsi, dan Tujuannya

Bola.com, Jakarta - Manajemen adalah suatu cara atau seni mengelola sesuatu untuk dikerjakan oleh orang lain. Untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien, sangat dibutuhkan manajemen.

Secara etimologis, kata 'manajemen' berasal dari bahasa Inggris, yakni management, yang dikembangkan dari kata to manage, yang artinya mengatur atau mengelola.

Kata manage itu berasal dari Bahasa Italia, maneggio, yang diadopsi dari Bahasa Latin, managiare, yang berasal dari kata 'manus', yang artinya tangan.

Istilah manajemen tersebut biasanya diidentikan dengan dunia bisnis dan perkantoran. Manajemen sangat dibutuhkan agar tujuan pribadi atau organisasi bisa tercapai.

Manajemen sangat diperlukan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas suatu kerja organisasi. Adapun orang yang mengatur, merumuskan, dan melaksanakan berbagai tindakan manajemen disebut manajer.

Untuk memahami lebih jelas tentang manajemen, ketahui pengertiannya dari para ahli dan fungsi-fungsiinya.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian manajemen menurut para ahli dan fungsinya yang perlu diketahui, dilansir dari laman ekonomi.bunghatta.ac.id, Selasa (28/9/2021).

2 dari 5 halaman

Manajemen Menurut Ahli

Henry Fayol

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian, dan pengawasan atau kontrol terhadap sumber daya yang ada agar mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

G.R. Terry

Manajemen adalah sebuah proses yang khas, yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

Handoko

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi serta penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Ricky W. Griffin.

Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses kordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Hasibuan

Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien.

Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A.

Manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggung jawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

3 dari 5 halaman

Manajemen Menurut Ahli

Lawrence A. Appley.

Manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain agar mau melakukan sesuatu.

Renville Siagian.

Manajemen adalah satu di antara bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan, yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

Oey Liang Lee.

Manajemen adalah ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Federick Winslow Taylor

Manajemen adalah seni mengetahui apa yang harus dilakukan dan melihat bahwa itu dilakukan dengan cara sebaik mungkin.

Koontz dan Weihrich

Manajemen adalah proses merancang dan memelihara lingkungan di mana individu, bekerja sama dalam kelompok, secara efisien mencapai tujuan yang dipilih.

4 dari 5 halaman

Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol ada lima. Berikut ini fungsi manajemen:

1. Perencanaan atau Planning

Perencanaan adalah proses untuk menentukan tujuan atau sasaran serta langkah-langkah strategis yang akan diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Pengorganisasian atau Organizing

Pengorganisasian mencakup proses pemberian perintah, pengalokasian sumber daya, dan pengaturan kegiatan terkoordinasi untuk menerapkan rencana. Kegiatan yang terlibat dalam pengorganisasian meliputi tiga hal, yaitu:

  1. Membagi komponen kegiatan untuk mencapai tujuan.
  2. Membagi tugas kepada manajer dan bawahan.
  3. Penetapan wewenang antara kelompok.

3. Pengarahan atau Comanding

Pengarahan adalah proses untuk memupuk motivasi pada karyawan agar bekerja lebih giat dalam mencapai tujuan. Proses ini juga berupaya membimbing karyawan dalam melangsungkan rencana.

4. Pengkoordinasian atau Coordinating

Pengoordinasian adalah satu di antara fungsi manajemen yang bisa menjaga agar aktivitas sebuah organisasi tetap terus bersinergi dan juga dapat bekerja sama dengan baik.

Tak hanya itu, komunikasi sangat dibutuhkan dalam sebuah proses koordinasi antarlini di dalam organisasi, baik itu dalam komunikasi formal maupun informal.

5. Pengendalian atau Controlling

Fungsi manajemen ini bertujuan untuk melihat kesesuaian kegiatan organisasi dengan rencana yang sudah dirancang sebelumnya. Fungsi pengendalian mencakup empat kegiatan, yakni:

  1. Menentukan standar prestasi.
  2. Mengukur prestasi yang sudah dicapai.
  3. Membandingkan prestasi yang sudah dicapai dengan standar prestasi.
  4. Melakukan perbaikan jika ada penyimpangan standar prestasi.
5 dari 5 halaman

Tujuan Manajemen

- Bisa menentukan suatu strategi yang efektif serta efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

- Melakukan sebuah evaluasi kerja dan mengkaji ulang akan situasi yang akan terjadi, yang bertujuan untuk melakukan penyesuaian strategi jika terjadi hal-hal yang di luar strategi.

- Mengatur dan menjaga kesehatan emosi (personal), keuangan, dan semua sektor pada suatu perusahaan supaya perusahaan tersebut bisa mencapai profit yang maksimal.

- Mengevaluasi dan meninjau kembali suatu kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang maupun ancaman yang ada, dan sebagainya.

 

Sumber: bunghatta.ac.id

Video Populer

Foto Populer