Sukses


8 Manfaat Mengagumkan dari Cokelat Hitam bagi Tubuh

Bola.com, Jakarta - Banyak bahan makanan yang kaya dengan kandungan manfaat untuk kesehatan tubuh, dan satu di antaranya cokelat hitam.

Cokelat menjadi kesukaan banyak orang di seluruh dunia. Cokelat diolah dari tanaman kakao yang memiliki aneka varian.

Ada berbagai jenis cokelat yang biasa dikonsumsi, seperti cokelat susu, cokelat berperisa, hingga cokelat hitam yang memiliki manfaat paling banyak dari jenis cokelat yang lainnya.

Cokelat hitam menjadi satu di antara jenis cokelat yang memiliki manfaat bagi kesehatan karena tidak memiliki banyak bahan campuran.

Cokelat jenis ini kaya kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti serat, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, dan zat besi.

Dengan kandungannya tersebut, ada berbagai manfaat dari cokelat hitam bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai porsi yang ditentukan.

Berikut delapan manfaat mengagumkan dari cokelat hitam bagi tubuh, seperti dikutip dari Everydayhealth, Selasa (28/9/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan dari Cokelat Hitam

1. Meredakan Stres

Stres merupakan kondisi yang tidak mengenakan bagi setiap orang karena saat mengalami stres, suasana hati akan menurun dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan stres, satu di antaranya cokelat hitam. Hal ini karena cokelat hitam dapat mengurangi hormon penyebab stres sehingga stres menjadi sedikit berkurang.

Anda dapat membuat secangkir cokelat hangat, ketika merasa stres atau suasana hati yang sedang tidak baik. Secangkir cokelat hangat dapat memperbaiki suasana hati dan membantu menghilangkan stres.

2. Menyehatkan Otak

Cokelat hitam bermanfaat membantu menjaga kesehatan otak. Cokelat hitam mengandung berbagai macam nutrisi dan sifat antioksidan untuk membantu melancarkan aliran darah yang dipenuhi oleh oksigen menuju ke otak.

Dengan mengonsumsi cokelat hitam secara rutin, dapat menjaga kesehatan otak secara keseluruhan dan menghindarkan dari terjadinya gangguan kognitif hingga munculnya Alzheimer.

3. Memiliki Efek Antiradang

Peradangan yang berlebih dapat merusak jaringan dan sel tubuh serta meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti kanker, artritis, dan sebagainya.

Manfaat dark chocolate dalam mengatasi peradangan di tubuh disebabkan oleh kandungan antiradangnya. Namun, penelitian mengenai manfaat coklat hitam untuk mengurangi peradangan masih memerlukan studi lebih lanjut.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan dari Cokelat Hitam

4. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan satu di antara penyakit berbahaya bagi kesehatan. Hal tersebut karena penyakit jantung dapat mengancam jiwa pengidapnya.

Penyakit jantung dapat disebabkan beberapa faktor, seperti terlalu sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan keadaan tekanan darah yang terlalu tinggi.

Anda dapat mengonsumsi cokelat hitam yang dapat menjaga tekanan darah tetap normal dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Hal tersebut karena cokelat hitam mengandung antioksidan dan kalium, yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk batangan atau minuman hangat.

5. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Paparan radikal bebas yang terlalu sering pada tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah atau menimbulkan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh.

Paparan radikal bebas meningkatkan sel kanker, yang menyebabkan munculnya berbagai macam jenis kanker, seperti kanker otak, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

Mengonsumsi cokelat secara rutin dapat mengurangi paparan radikal bebas pada tubuh dengan cukup efekti  karena cokelat mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sedang ingin menurunkan berat badan? Coba masukkan cokelat hitam sebagai camilan Anda. Konsumsi cokelat ditemukan berhubungan dengan indeks massa tubuh dan lemak perut yang lebih rendah.

Penelitian lain menemukanc okelat hitam bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan. Anda dapat mengonsumsi cokelat hitam dalam bentuk batangan atau menyeduh bubuknya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan dari Cokelat Hitam

7. Menyehatkan Kulit

Cokelat hitam mengandung sifat antioksidan dan flavonoid untuk membantu menjaga kulit dari paparan radikal bebas dan sinar ultra violet (UV).

Paparan radikal bebas dan sinar UV yang terlalu sering pada kulit menyebabkan berbagai macam masalah pada kulit, seperti timbulnya kanker kulit, kulit menjadi keriput, dan terjadi penuaan dini.

Anda dapat menjadikan cokelat hitam sebagai masker untuk kulit, mengonsumsinya secara langsung, atau menggunakan krim yang terbuat dari ekstrak cokelat hitam.

8. Mencegah Risiko Terkena Diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi di mana kadar gula dalam darah cukup tinggi sehingga menyebabkan tersumbatnya aliran darah yang dipenuhi oksigen ke seluruh tubuh.

Penyakit ini biasanya muncul karena seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula, yang menyebabkan hormon insulin yang bertugas mengatur kadar gula dalam darah bekerja tidak normal.

Mengonsumsi cokelat hitam membantu Anda mengurangi risiko terkena diabetes karena cokelat hitam dapat meningkatkan kadar nitrit dioksida dalam tubuh, yang bertugas dalam peningkatan sensitivitas insulin.

Insulin dalam tubuh yang bekerja dengan normal, dapat menjaga atau mengontrol kadar gula dalam darah sehingga tidak menjadi berlebihan dan menyebabkan diabetes.

 

Sumber: Everydayhealth

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer