Sukses


8 Manfaat Sawi Hijau bagi Ibu Hamil, Jangan Anggap Sepele

Bola.com, Jakarta - Mungkin belum banyak yang mengetahui, sawi hijau memiliki segudang manfaat bagi ibu hamil. Selama masa kehamilan, sang ibu wajib memenuhi nutrisi dan gizi untuk kandungan.

Dengan nutrisi yang mumpuni, tumbuh kembang bayi di dalam kandungan dan kesehatan ibu tetap terjaga baik.

Satu di antara sumber nutrisi dan murah adalah sayur sawi hijau. Sayuran ini aman dikonsumsi selama kehamilan.

Sawi hijau memiliki nama latin Brassica chinensis var. parachinensis, mengandung tinggi serat, vitamin A, vitamin K, vitamin C, tembaga, dan karbohidrat kompleks.

Setelah mengetahui beberapa manfaatnya, Anda mungkin akan menyediakan sawi hijau sebagai konsumsi karena sayuran satu ini tak sulit diperoleh di pasar tradisional maupun supermarket.

Berikut manfaat sawi hijau bagi ibu hamil, dinukil dari klikdokter, Selasa (28/9/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Sawi Hijau bagi Ibu Hamil

1. Menghindari Sembelit

Sawi hijau bermanfaat untuk mencegah sembelit bagi ibu hamil. Pasalnya, sawi hijau mengandung serat tinggi. Kandungan serat yang tinggi tersebut juga membuat rasa kenyang lebih lama.

2. Mencegah Anemia

Sawi hijau diperlengkapi dengan kandungan tinggi mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium. Kandungan tersebut membantu mencegah terjadinya anemia selama kehamilan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Sawi Hijau bagi Ibu Hamil

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sawi hijau juga punya kandungan vitamin C. Vitamin yang larut dalam air ini penting untuk daya tahan tubuh yang optimal. 

Penelitian menunjukkan minim asupan vitamin C dalam makanan dapat melemahkan sistem kekebalan sehingga lebih rentan sakit.

Selain itu, vitamin A dalam sawi mendukung respons imun Anda. Vitamin ini membantu pertumbuhan dan distribusi sel T, yang merupakan jenis sel darah putih untuk membantu melawan infeksi.

4. Menjaga Kadar Gula Darah 

Manfaat sawi hijau untuk ibu hamil berikutnya adalah menjaga kadar gula darah. Bumil rentan terkena kenaikan kadar gula darah selama kehamilan atau dikenal dengan diabetes gestasional. 

4 dari 5 halaman

Manfaat Sawi Hijau bagi Ibu Hamil

5. Mencegah Asma Kambuh

Kandungan magnesium dan selenium yang tinggi dalam sawi memberikan manfaat anti-inflamasi. Jadi, mengonsumsi sawi hijau membantu Anda mencegah dada sesak, pilek serta asma saat hamil.

6. Mengatur Berat Badan

Sawi kaya akan thiamin, folat, riboflavin, dan vitamin lain yang meningkatkan metabolisme tubuh selama kehamilan. Deretan nutrisi tersebut membantu Anda mengatur berat badan secara efektif.

Lonjakan berat badan berlebih selama kehamilan dapat menjadi masalah bagi ibu. Anda dapat mengonsumsi sawi dalam jumlah yang cukup untuk mencegah hal tersebut.

5 dari 5 halaman

Manfaat Sawi Hijau bagi Ibu Hamil

7. Mengurangi Kolesterol

Kandungan tinggi vitamin B3 dan niacin yang dimiliki sawi hijau membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Dua nutrisi ini bisa melindungi Anda dari aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) secara efektif.

Selain itu, sawi hijau bisa membantu mengatur aliran darah dan tekanan darah Anda secara efektif. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol saat hamil, berefek serius bagi ibu dan janin.

8. Mengatasi Nyeri Otot dan Arthritis

Sawi hijau memiliki kandungan magnesium dan selenium. Dua kandungan ini memberikan manfaat anti-inflamasi yang mengurangi nyeri otot dan gejala radang sendi selama kehamilan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 6/4/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer