Sukses


8 Manfaat Lele bagi Kesehatan Tubuh, Makanan Terjangkau Kaya Nutrisi

Bola.com, Jakarta - Lele merupakan satu di antara jenis ikan yang familier bagi masyarakat Indonesia. Namun, meski kerap menyantapnya sebagai hidangan nikmat, sebagian besar masih belum memahami manfaat ikan lele untuk kesehatan.

Olahan ikan lele bisa ditemukan dengan mudah di kedai, warung makan, maupun restoran. Ada yang digoreng saja hingga dibuat mangut. Bahkan, ikan lele sudah mulai dilirik untuk masakan modern, seperi taco.

Ikan lele memiliki rasa yang gurih dan harganya terjangkau. Maka itu, olahan ikan lele menjadi favorit semua kalangan dari orang dewasa hingga anak-anak.

Ikan lele juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Jadi, bagi Anda pencinta lele, patut berbangga.

Berikut kandungan gizi pada lele yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, dinukil dari Klikdokter, Jumat (1/10/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Lele bagi Kesehatan Tubuh

1. Lemak

Lele merupakan makanan yang kaya asam lemak omega-3. Oleh sebab itu, manfaat ikan lele satu di antaranya baik untuk menurunkan risiko penyakit kronis.

Konsumsi omega-3 (dan omega-6) diduga erat kaitannya dengan penurunan tekanan darah dan risiko penyakit kanker tertentu.

Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama dengan menurunkan trigliserida dan melawan peradangan. Kandungan ini juga membantu mengurangi kondisi peradangan, seperti rheumatoid artritis.

2. Protein

Lele bermanfaat sebagai sumber protein yang baik. Ikan lele tidak mengandung karbohidrat, tetapi padat dengan protein.

Sekitar 53 persen dari total kandungan kalori tiga ons lele yang dimasak (sekitar 63 kalori) merupakan protein. Jumlah kandungan protein tersebut dapat memenuhi 28 persen dari kebutuhan protein harian untuk pria, dan 34 persen dari kebutuhan protein wanita.

Manfaat protein dalam ikan lele, yakni turut berperan dalam berbagai proses kimia di dalam tubuh, membangun massa otot serta meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Vitamin B

Lele merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Setiap tiga ons lele mengandung 2,3 mikrogram vitamin B12, atau hampir 100 persen dari 2,4 mikrogram kebutuhan vitamin B pada pria dan wanita dewasa.

Kandungan ini menjadikan ikan lele baik untuk metabolisme tubuh Anda. Vitamin B12 dapat menjaga kesehatan saraf dan ikut berperan dalam pembentukan sel darah merah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lele bagi Kesehatan Tubuh

4. Vitamin D

Vitamin D erat kaitannya dengan sinar matahari. Memang, satu di antara cara mudah untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini adalah dengan berjemur di bawah matahari pada waktu tertentu.

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk membantu menjaga imunitas dan menguatkan hubungan antarsel. Selain itu, vitamin D diperlukan untuk penyerapan fosfor dan kalsium di dalam tulang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap kandungan nutrisi pada lele, ikan ini memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Dengan begitu, manfaat ikan lele satu di antaranya dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

5. Magnesium

Tubuh membutuhkan asupan gizi seimbang, seperti vitamin dan mineral. Satu di antara mineral yang berkontribusi terhadap kerja tubuh agar berfungsi secara optimal adalah magnesium.

Mineral ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda, di antaranya mengurangi peradangan, mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2, membantu tulang lebih kuat, dan lain-lain.

Manfaat ikan lele dapat membantu memenuhi kebutuhan akan magnesium sekitar 10 persen, setiap Anda mengonsumsi sebanyak 143 gram ikan lele.

6. Zat Besi

Manfaat ikan lele berikutnya adalah sebagai sumber zat besi yang baik bagi kesehatan. Pada setiap porsi ikan lele sekitar 143 gram mengandung sebanyak 0.50 mg zat besi.

Zat besi termasuk mineral yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh sebab itu, satu di antara cara untuk memenuhi kebutuhan ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti ikan lele.

Mineral ini merupakan senyawa yang merupakan komponen dari hemoglobin. Tugasnya untuk mengikat oksigen di dalam darah. Apabila kebutuhan zat besi tidak tercukupi, sel darah merah tidak akan mampu mencukupi oksigen yang dibutuhkan tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lele bagi Kesehatan Tubuh

7. Kalsium

Kalsium dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kebutuhan kalsium yang tercukupi membantu Anda untuk menjaga fungsi otot, sel, dan saraf agar berfungsi secara optimal.

Ikan lele mengandung kalsium yang tidak begitu tinggi. Namun demikian, ini cukup untuk menjadikan ikan lele bermanfaat dalam pemenuhan kebutuhan kalsium harian.

Selain konsumsi lele, Anda dapat memenuhi kebutuhan kalsium lewat konsumsi makanan dan minuman lainnya yang mengandung tinggi kalsium. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

8. Kalori Rendah

Manfaat ikan lele yang terakhir adalah sebagai makanan rendah kalori. Bagi Anda yang sedang menghindari makanan berkalori tinggi, ikan lele bisa menjadi pilihan yang baik.

Lele memiliki banyak kandungan zat gizi, tetapi dengan kalori yang cukup rendah dibandingkan dengan sumber protein lain. Jadi, Anda bisa memilih ikan lele ketika Anda ingin menjaga asupan kalori yang dikonsumsi.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 25/2/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer