Sukses


Presiden Jokowi Resmikan 7 Venue PON Papua 2020

Bola.com, Jayapura - Presiden Jokowi meresmikan tujuh venue PON Papua 2020 di Jayapura, Papua pada Sabtu (2/10/2021).

Bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianti, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi Bahlil Lahadaila, Ketua DPR Puan Maharani, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Panglima TNI Laksamana Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jokow meninjau dan mengecek berbagai arena untuk PON Papua.

Ketujuh venue PON Papua yang diresmikan Jokowi itu meliputi Istora Papua Bangkit, Arena Akuatik, Arena Panahan, Arena Kriket, Arena Hoki, Arena Sepatu Roda, dan Arena Dayung.

"Kita patut bersyukur. Alhamdulillah seluruh venue PON Papua sudah selesai dan siap dimanfaatkan untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan yang baru pertama kali digelar di Papua," kata Jokowi dinukil dari Antara.

Jokowi mengatakan bahwa sejumlah venue PON Papua tersebut dirancang dengan berbagai inovasi kecanggihan konstruksi yang hemat energi dan ramah lingkungan.

"Kita juga patut bersyukur Papua memiliki berbagai berbagai venue olahraga yang berstandar nasional di antaranya Istora Papua Bangkit dan Arena Akuatik," jelas Jokowi.

2 dari 3 halaman

Permintaan Jokowi

Jokowi meminta infrastruktur dan fasilitas PON Papua tetap dijaga setelah pesta multicabor tingkat nasional itu selesai.

"Setelah mampu membangun venue-venue yang terbaik ini, pekerjaan kita belum selesai. Tugas selanjutnya adalah menjaga, merawat, dan memanfaatkan venue ini dengan sebaik-baiknya," imbuh Jokowi.

"Agar bisa venue-venue yang ada terpelihara dengan baik. Manfaatkan venue ini sebagai tempat penjaringan bibit unggul olahraga, pembinaan atlet papua untuk semakin berprestasi baik di tingkat nasional maupun tingkat dunia."

"Tidak terawat dan akhirnya rusak. Ini yang kami tidak mau," ujar presiden berusia 60 tahun tersebut.

3 dari 3 halaman

PON Papua Dibuka Sore Ini

Adapun, Jokowi akan membuka upacara pembukaan PON Papua pada Sabtu (2/9/2021) sore WIB di Stadion Lukas Enembe, Jayapura.

Opening ceremony PON Papua bakal dimulai pada pukul 19.00 WIT atau 17.00 WIB dengan protokol kesehatan yang ketat.

Upacara pembukaan PON Papua tidak dibuka untuk umum, namun masih dapat disaksikan maksimal 25 persen dari kapasitas 40 ribu Stadion Lukas Enembe.

Opening ceremony PON Papua bisa disaksikan oleh masyarakat melalui berbagai platform, termasuk sejumlah televisi nasional.

PON Papua akan digelar pada 2-15 Oktober 2021 dengan mempertandingkan 56 cabang olahraga dan memperebutkan 2.239 medali.

Video Populer

Foto Populer