Sukses


Resmi Dibuka Presiden Jokowi, PON 2021 Diharapkan Bisa Memajukan Papua

Bola.com, Jayapura - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua resmi dibuka pada Sabtu (2/10/2021) malam WIB. Kegiatan itu dibuka langsung Presiden Joko Widodo yang hadir di Stadion Lukas Enembe, Jayapura.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, dengan nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, PON XX Papua secara resmi dibuka," kata Presiden Joko Widodo.

Jokowi mengaku bangga bisa membuka PON XX yang menjadi edisi pertama diselenggarakan di Papua. Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, kehadiran PON di Papua menjadi bukti kemajuan dalam bidang infrastruktur.

"Kita bangga membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua. Pekan olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan infrastruktur di Papua, dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional," ucap Jokowi.

PON XX 2020 Papua melombakan 59 cabang olahraga dan mempertandingan 679 nomor. Kegiatan ini diikuti 6.442 atlet yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Jokowi berharap, PON diisi dengan segala sukacita dan tetap menjunjung tinggi sportivitas. Selain itu, PON juga diharapkan bisa menjadi wadah pemersatu bangsa.

"Yakinlah, kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita unjuk partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini," tegas Jokowi.

2 dari 3 halaman

Upacara Meriah

Upacara pembukaan PON XX 2020 Papua berlangsung secara meriah. Sejumlah tari-tarian khas Papua disajikan untuk menghibur penonton.

Kemudian ada juga aksi Edo Kondolangit, Michael Jakarimilena, dan Nowela Elizabeth Auparay yang menyanyikan lagu Aku Papua. Satu hal yang menarik adalah adanya arak-arakan patung boneka burung Cenderawasih yang diangkat jelang defile atlet.

Patung boneka burung tersebut merupakan ciri khas dari Papua. Para atlet juga terlihat sangat menikmati acara tersebut saat defile.

3 dari 3 halaman

Delapan Atlet Papua

Sementara itu, satu atraksi yang unik juga terjadi pada pembukaan PON XX 2020 Papua. Terdapat aksi delapan atlet legendaris Papua yang membawa bendera PON.

Mereka adalah Lisa Rumbewas (Angkat Besi), Benny Maniani (Tinju), Erni Sokoy (Dayung), Maria Londa (Atletik), Kartika Monim (Voli), Melly Mofu (atletik), Rully Nerre (Sepak Bola), dan Imanuel Daundi (Pencak Silat).

Kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan dari para atlet asli Papua. PON XX 2020 Papua akan digelar selama dua pekan atau sampai Jumat (15/10/2021).

Para atlet diharapkan bisa menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding. PON juga sering menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya atlet-atlet dari cabang olahraga andalan Indonesia.

Video Populer

Foto Populer