Sukses


9 Manfaat Mengagumkan Kayu Manis untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Kayu manis kerap menjadi bumbu penyedap rasa ketika dalam proses pembuatan masakan. Tidak hanya enak dicampurkan masakan, kayu manis juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah cinnamomum ini telah dijadikan rempah-rempah semenjak zaman Mesir Kuno. Kayu manis dulu menjadi barang langka dan dianggap sebagai hadiah yang sangat mewah bagi para raja. 

Kayu manis dibuat dari mengambil kulit bagian dalam dari pohon kayu manis, lalu dikeringkan. Setelah mengering, berbentuk seperti setrip, dan biasanya dinamakan batang kayu manis.

Batang ini dapat digiling dan menjadi bubuk, yang sering digunakan sebagai taburan pada kue atau bahan campuran untuk membuat minuman.

Ada berbagai kandungan menyehatkan yang terkandung dalam kayu manis, di antaranya karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, dan berbagai vitamin lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat kayu manis secara maksimal, Anda bisa merebus rempah ini dengan air atau mencampurkan bubuknya dengan masakan yang sedang Anda buat.

Berikut sembilan manfaat mengagumkan kayu manis untuk kesehatan, seperti dikutip dari Healthline, Kamis (7/10/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Kayu Manis untuk Kesehatan

1. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Kayu manis dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit jantung, satu di antara penyebab kematian yang paling banyak di dunia.

Pada orang yang mengalami diabetes tipe 2, satu gram atau sekitar setengah sendok kayu manis perhari terbukti memiliki efek baik bagi tekanan darah. Hal tersebut mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan di sisi lain, kolesterol baik (HDL) tetap stabil.

Beberapa studi telah menunjukan hasil, mengonsumsi kayu manis 120 mg perhari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi tekanan darah rendah, dan semua faktor tersebut dapat secara drastis mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Sebagai Antiinflamasi

Rempah-rempah yang satu ini memiliki efek antiinflamsi bagi tubuh. Hal tersebut sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan.

Konsumsi kayu manis secara rutin setiap hari. Anda dapat mencampurkannya dengan berbagai masakan atau minuman seperti teh dan kopi yang sering Anda buat pada pagi hari.

3. Kaya Antioksidan

Selain mengandung sifat antiinflamasi yang baik bagi tubuh, kayu manis mengandung antioksidan yang tak kalah bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Abtioksidan dalam kayu manis dapat menangkal paparan radikal bebas yang bisa kapan saja menyerang. Sifat ini juga dapat mencegah penuan dini dan mencegah stres oksidatif.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Kayu Manis untuk Kesehatan

4. Memperkuat Metabolisme Tubuh

Kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang tinggi, dan para ilmuwan percaya bahwa senyawa ini berkhasiat sebagai penguat metabolisme dan menjaga kesehatan tubuh.

Metabolisme yang kuat akan berpengaruh pada kesehatan tubuh, yang selalu stabil dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kayu manis yang Anda konsumsi secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan, kayu manis telah terbukti mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah setelah makan.

Beberapa penelitian lainya menunjukan pada manusia efek anti-diabetes dari kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 10-29 persen.

6. Baik untuk Diet

Untuk Anda yang sedang diet atau berusaha menurunkan berat badan, sering-seringlah mengonsumsi kayu manis karena rempah yang satu ini dapat membantu usaha tersebut.

Hal itu karena kayu manis memiliki kandungan zat cinnemaldehyde yang bermanfaat untuk membantu membakar lemak yang menumpuk dalam tubuh. Kayu manis juga dapat mengurangi nafsu makan sehingga agar berat badan cepat turun.

konsumsilah kayu manis secara rutin. Anda dapat merebusnya dengan air dan meminumnya setiap pagi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Kayu Manis untuk Kesehatan

7. Menghindarkan dari Bahaya Kanker

Kanker adalah satu di antara penyakit yang sangat berbahaya dan ditandai dengan pergerakan sel yang tidak terkendali. Potensi kayu manis dalam pencegahan dan pengobatan kanker telah dipelajari sejak dulu.

Cara kerja senyawa yang ada dalam kayu manis adalah dengan mengurangi pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah pada tumor yang beracun pada sel kanker, dan dapat membunuh sel kanker itu sendiri.

8. Melawan Penuaan Dini Pada Kulit

Studi menunjukkan kayu manis dapat meningkatkan pembentukan kolagen dan meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. Hal ini menunjukan bahwa air rebusan kayu manis dapat mengurangi munculnya penuaan dini pada kulit wajah.

9. Membantu Memerangi Virus HIV

HIV adalah virus yang secara perlahan dapat merusak sistem kekebalan tubuh, yang pada akhirnya dapat menyebabkan AIDS, jika tidak kunjung diobati.

Kayu manis yang diekstrak dari varietas Cassia diduga membantu memerangi HIV-1, satu di antara jenis virus HIV yang paling umum pada manusia.

Sebuah penelitian yang mengamati sel yang terinfeksi virus HIV, menemukan kayu manis paling efektif untuk mengobati penyakit ini daripada 69 tanaman obat lain yang diteliti.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer