VIDEO: Pesan Ketua Umum KONI Pusat kepada Hakim dan Wasit Tinju di PON Papua 2021

Oleh Okie Prabhowo pada 10 Okt 2021, 16:43 WIB
Diperbarui 10 Okt 2021, 16:43 WIB

Bola.com, Jayapura - Ketua Umum KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Pusat, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman, bertemu dengan para hakim dan wasit tinju yang bertugas di PON Papua 2021 pada Sabtu (9/10/2021) sore hari waktu setempat. Pada kesempatan tersebut, Marciano Norman memberi pesan setelah adanya insiden ricuh yang terjadi pada Jumat (8/10/2021) sore hari waktu setempat.

Kericuhan terjadi di venue tinju PON Papua 2021 yang berada di GOR Cenderawasih, Kota Jayapura. Insiden yang sempat viral tersebut terjadi setelah pertandingan kelas 52-56 kg putra. Atlet asal DKI Jakarta, Jill Mandagie, dinyatakan kalah dari atlet NTT, Luki Mira Agustro Hari.

Jill tidak terima dan langsung turun dari ring dengan emosi marah, seperti dilansir Gerakita. Tindakan Jill memancing reaksi dari para relawan yang bertugas di venue tinju PON Papua 2021. Petugas yang terbatas kewalahan melindungi Jill, sehingga ada beberapa relawan yang berhasil mendaratkan pukulan kepada petinju tersebut.

Sehari setelah insiden, Marciano Norman bertemu langsung dengan hakim dan wasit yang bertugas di PON Papua 2021. "Saya diberi kesempatan oleh Ketua Umum PP Pertina (Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak), untuk berbicara langsung dengan para juri, para Hakim dan para wasit,” kata Marciano, seperti dilansir Gerakita.

"Saya titipkan kepada mereka, untuk memberikan penilaian yang se-objektif mungkin. Posisi hakim dan wasit itu sangat penting dalam pertandingan tinju seperti ini. Siapa pun yang terbaik dia wajib untuk menang," ujar Marciano.

Pernyataan lengkap Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman, terkait pertemuannya dengan hakim dan wasit tinju di PON Papua 2021 dapat disaksikan dalam tayangan di atas.