Sukses


8 Cara Mengatasi Kaki Pegal-Pegal secara Alami, Mudah Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Mengalami kaki pegal dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Kondisi ini biasanya muncul setelah seseorang kelelahan dalam beraktivitas seharian.

Kaki pegal kerap dialami akibat beragam hal. Mulai padatnya aktivitas sehari-hari, posisi tubuh yang kurang baik, hingga pemakaian alas kaki yang kurang cocok.

Selain itu, berolahraga secara berlebihan bisa mengakibatkan kaki pegal. Kaki pegal juga bisa terjadi karena sejumlah kondisi dan gangguan kesehatan.

Jadi sangat wajar jika suatu hari Anda akan merasakan kaki pegal. Jika Anda mengalami permasalahan ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kaki pegal. Cara tersebut cukup sederhana dipraktikan serta bisa dilakukan di rumah. 

Berikut ini beberapa cara mengatasi kaki pegal secara alami, mudah dipraktikan, dilansir dari laman Healthline, Selasa (12/10/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kaki Pegal-Pegal secara Alami

1. Merendam Kaki dengan Air Hangat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah merendam kaki dengan air hangat. Merendam kaki dengan air hangat dinilai dapat meredakan pegal.

Anda bisa menambahkan garam Epsom ke rendaman kaki untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cukup merendam kaki sekitar 20 menit untuk mengatasi pegal pada kaki.

2. Melakukan Peregangan

Selanjutnya, melakukan beberapa peregangan untuk mengatasi pegal pada kaki. Anda dapat mencoba beberapa latihan peregangan berikut ini:

  • Rilekskan jari-jari kaki Anda, lalu tekuk selama beberapa detik. Ulangi latihan jari kaki ini sepuluh kali.
  • Hangatkan kaki Anda dengan duduk dan rentangkan kaki Anda. Gerakkan jari-jari kaki Anda. Arahkan jari-jari kaki ke arah tubuh Anda dan ke arah sebaliknya. Gerakkan pergelangan kaki Anda dalam lingkaran searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam.
  • Lanjutkan meregangkan kaki dengan menggeser beban dari tumit ke jari kaki dengan bergiliran mengangkat bagian depan dan belakang kaki Anda dari lantai sambil dalam posisi berdiri.
3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kaki Pegal-Pegal secara Alami

3. Latihan Penguatan

Menjaga kaki Anda tetap lentur dan kuat merupakan kunci untuk menghindari kaki pegal. Melakukan olahraga berjalan kaki secara teratur menjadi cara yang efektif untuk menjaga kaki Anda tetap lentur dan kuat.

Anda juga bisa mencoba beberapa latihan penguatan untuk kaki Anda sebagai berikut:

  • Cobalah peregangan Achilles dengan bantuan dinding.
  • Mengambil kelereng dengan jari kaki Anda.
  • Menarik handuk dari lantai ke arah Anda dengan kaki saat duduk untuk meregangkan dan memperkuat lengkungan tubuh.

4. Melakukan Pijat pada Kaki

Memijat kaki bisa membantu meredakan nyeri pada kaki Anda. Selain itu, dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Caranya, duduklah di kursi yang nyaman dan gosok serta uleni bagian bawah kaki Anda. Tarik dan tekuk jari-jari kaki Anda untuk memijatnya. Menggunakan losion atau minyak bisa membantu melumasi kulit Anda sehingga lebih mudah untuk memijat kaki.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kaki Pegal-Pegal secara Alami

5. Menggunakan Penyangga Lengkung

Penopang lengkung atau ortotik dapat menjaga kestabilan kaki saat Anda berdiri atau berjalan. Cara ini akan menghilangkan pegal di kaki serta paha Anda.

Cara ini terbukti efektif untuk menghilangkan nyeri kaki belakang dan meningkatkan fungsi kaki secara keseluruhan.

6. Mengganti Sepatu yang Biasa Digunakan

Sepatu bisa menjadi penyebab pegal di kaki. Hal ini karena saat Anda mengenakan sepatu yang melebihi masa penggunaannya, cara memakai sepatu yang salah, atau ukuran sepatu yang salah dapat memengaruhi kesehatan kaki. Coba perhatikan beberapa hal berikut terkait sepatu:

  • Sepatu kets mungkin bisa aus setelah menempuh 400 hingga 500 mil dan tidak lagi memberikan dukungan yang Anda butuhkan.
  • Sepatu hak tinggi dan sepatu tanpa lengkungan atau penyangga yang tepat (seperti sandal jepit) dapat merusak kaki Anda.
  • Kaki Anda bisa berubah ukurannya selama hidup Anda (bahkan saat Anda sudah dewasa) karena bisa melebar seiring waktu.

Pertimbangkan untuk membeli sepatu baru yang pas untuk mengatasi kaki Anda yang pegal. Sepatu yang memberikan lengkungan yang tepat dapat mendukung kesehatan kaki Anda. Selain itu, kenakan sepatu yang cocok untuk aktivitas yang Anda lakukan.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Kaki Pegal-Pegal secara Alami

7. Mengompres Kaki dengan Es

Mengompres kaki dengan es dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan pegal di kaki. Oleskan es ke kaki yang sakit dengan mengisi kantong plastik dengan es atau menggulingkan kaki di atas botol air beku.

Cobalah mengompres area yang pegal selama 5-15 menit beberapa kali sehari untuk membantu mengurangi peradangan.

8. Gunakan Belat Khusus di Malam Hari

Anda bisa mengatasi pegal pada kaki saat tidur. Belat malam menjaga kaki dalam posisi terkunci semalaman sehingga Anda tidak tidur dengan kaki yang mengarah asal, yang dapat menyebabkan pegal pada kaki.

 

Sumber: healthline.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer