Sukses


8 Manfaat Sehat dari Tertawa, Tak Hanya Memberi Rasa Senang

Bola.com, Jakarta - Tertawa merupakan aktivitas menyenangkan yang tak bisa dipisahkan dari hidup. Secara biologis, tertawa adalah bagian dari perilaku manusia yang diatur oleh otak. Namun, tertawa punya peran yang lebih besar ketimbang hanya sekadar stimuli di dalam tubuh.

Dari segi sosial, tertawa membantu manusia mengklarifikasi niat mereka dalam berinteraksi dengan sesamanya dan memberikan konteks emosional untuk percakapan.

Biasanya, orang tertawa karena ada sesuatu yang lucu dan membuat diri menjadi senang. Rata-rata orang yang sering tertawa adalah sosok yang periang dan asyik dalam pergaulan.

Namun, ada manfaat lain dari tertawa yang orang jarang ketahui. Manfaat tersebut antara lain mengurangi nyeri, membawa lebih banyak kebahagiaan, bahkan meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut manfaat sehat yang tak terduga dari tertawa, dinukil dari Klikdokter, Selasa (12/10/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Sehat yang Tak Terduga dari Tertawa

1. Menstimulasi Berbagai Organ dalam Tubuh

Tertawa meningkatkan asupan udara kaya akan oksigen, yang akan memicu kerja jantung, paru, otot, serta meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak. 

Itulah mengapa, tertawa bermanfaat menstimulasi organ-organ dalam tubuh sehingga Anda tetap sehat dan bugar. 

2. Mengaktifkan dan Melegakan Respons terhadap Stres

Suatu tawa yang terbahak-bahak akan meningkatkan respons stres Anda, kemudian menurunkannya. Lalu, di waktu yang bersamaan, dapat meningkatkan detak jantung kemudian menurunkannya kembali. Hasilnya adalah suatu perasaan yang melegakan dan memberi relaksasi.

3. Mengurangi Ketegangan pada Tubuh

Tertawa bermanfaat untuk menstimulasi peredaran darah dan membantu relaksasi otot. Kedua hal tersebut dapat mengurangi beberapa gejala fisik yang ditimbulkan oleh stres, seperti ketegangan pada otot leher dan bahu.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sehat yang Tak Terduga dari Tertawa

 

4. Memperbaiki Sistem Daya Tahan Tubuh

Adanya pikiran negatif akan memicu reaksi kimiawi yang berdampak pada tubuh, yakni membawa makin banyak stres terhadap berbagai sistem di dalam tubuh, serta menurunkan daya tahan tubuh.  

Sebaliknya, dengan pikiran yang positif dapat melepaskan protein yang dapat melawan stres dan penyakit serius yang berpotensi merugikan.

5. Meredakan Nyeri

Tertawa akan merangsang tubuh memproduksi antinyeri yang bersifat alami. Alhasil, Anda akan merasa nyeri yang sedang dialami dapat berkurang, baik secara fisik maupun mental.

6. Meningkatkan Kepuasan Pribadi

Satu di antara manfaat tertawa bagi kesehatan adalah bisa meningkatkan kepuasan pribadi Anda. Tertawa dapat membuat Anda lebih mudah dalam menjalani situasi yang sulit, serta memberi kemudahan dalam berkoneksi dengan orang lain.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sehat yang Tak Terduga dari Tertawa

7. Meningkatkan Suasana Hati atau Mood

Bisa saja orang terdekat Anda sedang mengalami depresi dan Anda tidak mengetahuinya. Baik pemicunya karena suatu masalah maupun penyakit kronis. 

Dengan tertawa, depresi dan kecemasan dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan terangkat bebannya.

8. Membangun Hubungan yang Kuat

Berbagi tawa dengan orang-orang tersayang dapat Anda jadikan sebuah kebiasaan. Misalnya, jika Anda sedang menjalin hubungan jarak jauh dengan seseorang, sering-sering bertukar cerita lucu maupun lelucon akan membuat hubungan semakin dekat, kuat dan hangat.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 20/1/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer