8 Manfaat Tidur Siang untuk Anak, Membuat Tetap Bugar

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 13 Okt 2021, 09:40 WIB
Diperbarui 13 Okt 2021, 09:40 WIB
Ilustrasi anak tertidur
Ilustrasi anak tertidur. Credit: pexels.com/Salero

Bola.com, Jakarta - Tidur siang untuk anak memiliki manfaat penting dan baik bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Bahkan, tidur siang secara rutin dapat meningkatkan perkembangan otak dan kecerdasan anak.

Hal itu terjadi karena saat anak tidur siang, tubuh akan memproduksi banyak hormon pertumbuhan. Maka itu, mencukupi kebutuhan tidur anak sangat penting dan menjadi perhatian orang tua.

Tidur siang membantu anak-anak tetap bugar. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang tidak cukup tidur atau yang tidur tidak teratur cenderung memiliki tingkat obesitas yang lebih tinggi.

Manfaat tidur siang untuk anak bisa didapatkan jika diterapkan secara rutin. Anda perlu mengenali durasi yang tepat untuk anak tidur siang sesuai usianya.

Berikut manfaat tidur siang untuk anak, dilansir dari klikdokter, Rabu (13/10/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Ilustrasi anak tidur
Ilustrasi anak tidur. /copyright pexels.com/Sam K

1. Mengembalikan Energi untuk Bermain dan Belajar

Tidur merupakan waktu di mana sel-sel tubuh membentuk kembali energi yang habis terpakai, serta perbaikan atas sel-sel yang rusak.

Oleh sebab itu, manfaat anak tidur siang berkaitan dengan pengembalian staminanya untuk kembali bermain dan belajar di sore maupun malam hari.

2. Tumbuh Kembang Lebih Optimal

Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan yang lebih optimal dibandingkan anak yang jarang atau sama sekali tidak tidur siang. Diperkirakan, hormon pertumbuhan memiliki peran dalam didapatkannya hasil penelitian ini.

Namun, bukan berarti anak yang hanya tidur malam akan mengalami pertumbuhan yang buruk. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat tidur siang bagi anak dalam aspek tumbuh kembang.

3 dari 5 halaman

Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Ilustrasi anak tidur
Ilustrasi anak tidur. /copyright pixabay.com

3. Memperbaiki Suasana Hati

Menurut beberapa penelitian, anak yang sudah tidur siang cenderung memiliki suasana hati yang menyenangkan dibandingkan anak yang belum tidur siang.

Temuan studi juga menyebutkan bahwa ada kaitan antara tidur dan emosi. Tidur yang kurang berkaitan dengan kesehatan mental yang buruk. Dengan begitu, tidur siang mampu menjadi sarana untuk regulasi emosi yang lebih baik.

Studi pada anak memberikan hasil bahwa anak-anak yang menjalani tidur siang memiliki respons yang lebih tepat dan matang terhadap berbagai rangsangan emosi.

Tantrum dan berbagai respons negatif lebih ditemukan pada anak yang kekurangan jam tidur malam hari dan tidak menggantinya dengan tidur siang.

4. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Dalam sebuah penelitian, anak usia sekolah yang rutin tidur siang akan lebih fokus untuk belajar dibandingkan anak yang tidak tidur siang. Selain itu, mereka juga akan lebih baik dalam mengerjakan tugas sekolah di malam hari.

Studi mengindikasikan bahwa tidur siang bisa mempertajam otak, dengan kata lain meningkatkan konsentrasi seseorang. Dengan begitu, hal ini akan menimbulkan performa yang lebih baik dalam berbagai tugas.

4 dari 5 halaman

Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Ilustrasi anak tidur
Ilustrasi anak tidur. /pexels

5. Meningkatkan Daya Ingat Anak 

Menurut penelitian yang dilakukan University of Massachusetts Amherst, tidur siang bagi anak dapat meningkatkan daya ingat. Efeknya, proses belajar anak pada anak usia sekolah menjadi lebih optimal.

Sebuah studi menyebutkan bahwa fungsi utama tidur siang bagi anak prasekolah adalah konsolidasi memori. Dalam sebuah 'permainan memori', sejumlah anak prasekolah dilatih untuk mengerjakan tugas memori visuospasial pada pagi harinya.

Kemudian, dicatat anak-anak yang menjalani tidur siang serta yang tidak. Dalam lima jam pasca selesai tidur siang, peneliti kemudian mempertanyakan kembali tugas yang telah dilakukan. Peneliti juga mengambil data pada 24 jam setelahnya.

Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa anak-anak yang tidur siang memiliki memori tugas yang lebih baik. Untuk itu, tidur siang tampaknya sangat berperan dalam konsolidasi memori anak prasekolah.

6. Mencegah Obesitas

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa anak yang tidak tidur siang memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas dibandingkan anak yang rutin tidur siang. 

5 dari 5 halaman

Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Ilustrasi anak tidur
Ilustrasi anak tidur. | unsplash - annie spratt

7. Menambah Kemampuan Bahasa

Belajar bahasa adalah satu di antara tugas perkembangan utama yang dijalani oleh anak prasekolah. Tidur siang bagi anak juga dikaitkan dengan peningkatan perbendaharaan kata.

Studi menemukan kaitan antara vocabulary dan perkembangan bahasa dengan pola tidur anak-anak (dengan kekhususan pada tidur siang). Diketahui, tidur siang memiliki peranan yang sama dengan tidur malam dalam kaitannya dengan perkembangan bahasa.

8. Tidur Malam Lebih Nyenyak

Secara logika, mungkin saja anak-anak yang sudah tidur siang akan kesulitan untuk tidur malam. Namun, faktanya, ada bukti bahwa anak yang tidur siang akan lebih mudah beristirahat pada malam hari.

Anak-anak yang tidur siang dikatakan memiliki mood yang lebih baik di malam hari sehingga lebih mudah untuk ditenangkan dan diajak beristirahat di malam hari.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 3/2/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓