Pandemi di Indonesia Membaik, Jokowi Ingatkan Masyarakat Tetap Disiplin Prokes

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 12 Okt 2021, 22:40 WIB
Diperbarui 12 Okt 2021, 22:40 WIB
FOTO: Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi COVID-19 di Stasiun Bogor
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri), dan Wali Kota Bogor Bima Arya (kedua kiri) saat meninjau vaksinasi COVID-19 di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/6/2021). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengatakan, situasi pandemi di Indonesia makin membaik. Kendati demikian, Jokowi mengingatkan, ancaman virus corona penyebab COVID-19 belum bisa dikatakan berakhir.

"Dari hari ke hari, situasi pandemi Covid-19 di tanah air kian membaik. Tapi, pandemi ini belumlah berakhir," kata Jokowi melalui Instagram pribadinya @jokowi, Senin (11/10/2021).

Jokowi menyarankan, ada dua hal untuk untuk membantu pemerintah menangani pandemi COVID-19. Pertama adalah vaksinasi dan kedua adalah disiplin protokol kesehatan atau prokes.

"Kita tetap fokus pada dua hal: vaksinasi yang dipercepat dan protokol kesehatan yang terus kita perkuat. Jangan pernah lengah dan tetap waspada, karena virus itu masih ada di sekitar kita," ajak Jokowi.

Jokowi juga mengajak masyarakat untuk wajib membawa sejumlah benda untuk proteksi dari pandemi COVID-19 melalui gambar dalam unggahannya.

"Anda yang hendak berkegiatan di luar rumah, jangan lupa membawa bekal untuk terhindar dari COVID-19. Jika mencermati gambar ini, Anda akan menemukan benda-benda yang wajib dibawa jika hendak keluar rumah di masa pandemi. Benda-benda apa saja?," tutup Jokowi dalam unggahannya.

Meski kasus COVID-19 terus menurun, protokol kesehatan menjadi hal yang wajib ditaati setiap lapisan masyarakat dan tak boleh lengah. Hal itu untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus COVID-19.

Menerapkan 5M merupakan protokol kesehatan yang utama selama pandemi COVID-19, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Selain protokol kesehatan, pemberian vaksin menjadi solusi paling tepat untuk mengurangi risiko terinfeksi virus corona penyebab COVID-19.

Nominasi Ballon d'Or dari Liga Inggris