Sukses


9 Cara Inspiratif Mengatasi Rasa Malu agar Percaya Diri Meningkat

Bola.com, Jakarta - Hampir semua orang pernah mengalami rasa malu. Penyebabnya bisa beragam, dari hal yang paling sepele hingga yang teramat memalukan. Bisa berasal dari diri sendiri atau yang disebabkan orang lain.

Di sisi lain, ada orang yang memiliki sifat pemalu. Menjadi pemalu erat kaitannya dengan kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki. Rasa malu yang berlebuhan bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Bahkan dalam jangka panjang, kurangnya rasa percaya diri pada dapat menjadi hambatan untuk mencapai tujuan hidup Anda.

Rasa malu bisa dipahami sebagai sebuah situasi sangat tidak enak hati, segan melakukan sesuatu karena ada rasa hormat, agak takut, dan sebagainya.

Sifat pemalu harus dikikis secara perlahan karena harus disadari, rasa malu bukan hal yang dapat dihilangkan secara instan.

Perlu beberapa proses yang harus Anda lalui untuk menghilangkan sifat pemalu tersebut. Yang paling utama, Anda harus menemukan akar penyebabnya dan membangun rasa percaya diri yang kuat. 

Selanjutnya, Anda bisa mencoba mempraktikkan cara-cara untuk menghilangkan rasa malu yang Anda miliki, yang mungkin sudah dalam fase mengganggy keseharian Anda.

Berikut sembilan cara inspiratif mengatasi rasa malu agar percaya diri meningkat, seperti dikutip dari Inspiringtips, Rabu (13/10/2021).

 

2 dari 4 halaman

Cara Inspiratif Mengatasi Rasa Malu

1. Temukan Akar Penyebab Masalah

Memahami alasan di balik perilaku dan perasaan Anda, penting untuk perubahan. Anda tidak akan dapat memecahkan masalah Anda jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana. 

Renungkan dan tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda merasa seperti itu. Buat daftar semua alasan mengapa Anda harus menghilangkan rasa malu dan pikirkan bagaimana membuatnya lebih baik.

2. Menghargai Diri Sendiri

Apakah Anda pembuat kue-kue yang lezat? Apakah Anda pandai dalam menggambar? Pikirkan semua hal baik dan kesuksesan yang telah Anda raih.

Puji diri Anda bahkan untuk pencapaian terkecil dengan penuh percaya diri larena orang pertama yang seharusnya merasa bangga pada Anda adalah diri Anda sendiri.

3. Berhenti Memikirkan Pikiran Orang Lain

Berhetilah berpikir orang lain akan melihat Anda dan memikirkan sesuatu yang buruk tentang Anda. Mereka memiliki kehidupan mereka sendiri dan Anda tidak dapat mengendalikan mereka. 

Mereka mungkin menatap Anda atau berbicara tentang Anda, tetapi itu tidak akan bertahan selamanya. Fokus pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan seperti reaksi dan sikap Anda, daripada hal-hal yang tidak dapat Anda ubah.

3 dari 4 halaman

Cara Inspiratif Mengatasi Rasa Malu

4. Jangan Terlalu Banyak Berpikir

Ketakutan kita adalah produk dari pikiran kita. Jika Anda selalu takut gagal atau kecewa, santai saja. Bernapaslah dan cobalah untuk tidak fokus pada hal negatif. 

Berkonsentrasilah pada apa yang harus Anda lakukan dan yakinkan diri Anda bahwa Anda akan baik-baik saja. Setiap hari bukanlah hari yang buruk dan Anda harus memercayai diri sendiri dan orang lain.

5. Rawat Tubuh Anda

Alasan mengapa Anda merasa malu adalah karena Anda tidak percaya diri dengan diri sendiri dan apa yang Anda miliki atau tidak miliki. 

Kondisi tubuh Anda memengaruhi suasana hati Anda dan bagaimana Anda berperilaku. Memiliki tubuh dan pikiran yang sehat diperlukan untuk merasa nyaman dengan diri sendiri. 

Jadi, cobalah olahraga atau aktivitas fisik untuk memperkuat tubuh Anda, makan sehat, rilekskan pikiran Anda, dan berusahalah untuk sehat secara fisik dan mental.

6. Berdandan dan Berpenampilan Menarik

Temukan gaya busana yang Anda sukai dan kenakan. Ubah gaya rambut atau warna rambut Anda. Pakailah riasan jika itu akan membuat Anda merasa lebih percaya diri. 

Kenakan sepasang sepatu yang bagus. Dapatkan jaket denim yang selama ini Anda ragu-ragu untuk dibeli karena Anda khawatir tidak akan terlihat bagus saat mengenakannya. Temukan apa yang membuat Anda nyaman karena ini semua tentang perasaan baik tentang diri Anda sendiri.

4 dari 4 halaman

Cara Inspiratif Mengatasi Rasa Malu

7. Lakukan Aktivitas Sendirian

Cobalah berlatih setiap kali Anda merasa cemas setiap kali Anda pergi ke konter untuk memesan makanan atau ragu untuk meminta segelas air kepada pelayan.

Pergi ke restoran atau kafe sendirian dan pesan sesuatu. Dengan cara ini, Anda akan terbiasa berada di tempat umum dan akhirnya Anda akan menyadari bahwa Anda dapat melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa merasa sadar dan khawatir.

8. Bergabung dengan Kegiatan Kelompok

Untuk mengatasi ketakutan Anda berinteraksi dengan orang lain, mengapa tidak menempatkan diri Anda dalam situasi di mana Anda tidak dapat menghindari berbicara dengan seseorang? Bergabunglah dengan tur kelompok atau kelas yoga. 

Dengan cara ini, Anda akan dipaksa untuk berinteraksi dengan mereka dan meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi Anda.

9. Singkirkan Orang-orang Toxic dalam Hidup

Terkadang alasan mengapa Anda tidak merasa percaya diri dengan diri sendiri adalah karena orang-orang di sekitar Anda. Jika teman Anda selalu memperlakukan Anda seolah-olah Anda adalah seseorang yang kurang dan lebih rendah dari mereka, inilah saatnya untuk menghindari mereka.

Anda harus mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang menghargai Anda dan menganggap Anda sama dan istimewa seperti mereka. Anda tidak perlu berada di dekat seseorang yang selalu menjatuhkan Anda dan membuat Anda merasa buruk tentang diri sendiri.

 

Sumber: Inspringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer