Sukses


34 Kutipan Bijak Islami Perihal Cinta, Menenangkan Hati

Bola.com, Jakarta - Cinta adalah sebuah perasaan yang tidak dapat kita lihat wujudnya, namun begitu memengaruhi kehidupan kita.

Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk selalu mencintai sesama dan seluruh ciptaan-Nya. Hal itu juga menjadi satu di antara wujud cinta kita kepada-Nya.

Setiap manusia pasti merasakan cinta, terhadap apa pun. Dengan cinta, terutama kepada Tuhan Sang Pencipta dan segala mahkluk ciptaan-Nya, kehidupan di dunia ini menjadi lebih berarti dan damai setiap saat.

Dengan kekuatan cinta, hal buruk bisa berubah menjadi lebih baik. Namun, kamu juga perlu berhati-hati dengan perasaan cinta.

Sebagai muslim yang baik, kita harus menjaga pandangan kepada lawan jenis, meski kita sedang dimabuk kepayang mencintai seseorang.

Berikut 36 kutipan bijak Islami perihal cinta, yang menenangkan hati, seperti disadur dari Dream, Rabu (13/10/2021).

2 dari 5 halaman

Kutipan Bijak Islami Perihal Cinta

1. "Apa pun yang kamu keluarkan untuk keluargamu akan menjadi sumber pahala dari Allah. Bahkan sepotong makanan yang kamu suapkan ke mulut istrimu." - Nabi Muhammad SAW

2. "Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih." - HR. Bukhari

3. "Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-sebaik kamu adalah orang yang paling baik kepada istrinya." - HR. Abu Hurairah

4. "Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya." - Tariq Ramadan

5. "Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun, jika ia ditakdirkan bersamamu maka kau tak akan bisa lari darinya." - Umar bin Khattab

6. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." - QS Al-Baqarah 216

7. "Lebih baik kehilangan sesuatu demi Tuhan daripada kehilangan Tuhan demi mendapatkan sesuatu." - Mufti Menk

8. "Ketika hatimu terlalu berharap kepada seseorang maka Allah timpakan ke kamu pedihnya sebuah pengharapan supaya kamu mengetahui bahwa Allah sangat mencemburui hati yang berharap selain Dia. Maka Allah menghalangimu dari perkara tersebut agar kamu kembali berharap kepada-Nya." - Imam Syafi'i

 

3 dari 5 halaman

Kutipan Bijak Islami Perihal Cinta

9. "Seorang pria yang akan mendampingimu mencari rida Allah dan menjauhkanmu dari perbuatan dosa selalu layak dinanti." 

10. "Mencintai Allah adalah setinggi-tingginya cinta. Sempurnakan cintamu pada Allah sebelum engkau melabuhkan cintamu pada makhluk-Nya."

11. "Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."

12. "Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."

13. "Lelaki yang baik tidak akan bermain-main dengan cinta, sebab dia tahu kata cinta menuntut tanggung jawab."

14. "Aku mencintaimu itu bukan tanpa alasan, tapi karena kesederhanaanmu yang tiada kutemukan pada orang selain dirimu."

15. "Temukan pasangan hidup yang bisa membimbingmu, bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat."

16. "Dalam diam, aku memperjuangkan cintamu dalam doaku."

 

4 dari 5 halaman

Kutipan Bijak Islami Perihal Cinta

17. "Cinta sejati berarti saling membantu untuk menggapai surga, bukan saling berpegangan tangan dan berjalan menuju api neraka."

18. "Jika kau mencintai seseorang, biarkan ia pergi. Kalau ia kembali, ia adalah milikmu. Bila tidak, ia memang tidak pernah jadi milikmu." - Khalil Gibran

19. "Intailah kekasihmu (secara) sedang-sedang saja, siapa tahu suatu hari dia akan menjadi musuhmu; dan bencilah orang yang engkau benci (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu suatu hari dia akan menjadi kecintaanmu." - H.R Tirmidzi

20. "Orang yang tepat tidak akan menjauhkanmu dari Allah. Jika ia melakukannya, berarti ia adalah orang yang salah."

21. "Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai maka janganlah berlebihan mencintainya agar saat sedih tidak berlebihan."

22. "Uang bisa dicari, ilmu bisa digali, tapi kesempatan untuk mengasihi orang tua takkan terulang kembali."

23. "Jika dia (laki-laki) mengerti tentang agama dengan baik, tentu ia akan membuatmu laksana ratu."

24. "Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya adalah cinta kepada sesama."

 

5 dari 5 halaman

Kutipan Bijak Islami Perihal Cinta

25. "Bukti cinta yang paling besar adalah saling mengajak untuk mendekatkan diri kepada Allah."

26. "Cinta pada Allah sama seperti cahaya terang. Tanpanya, kamu bagaikan terombang-ambing di lautan kegelapan."

27. "Betapa beruntungnya mereka yang mencintai Allah. Mereka tidak akan pernah berpisah dengan kekasih mereka."

28. "Satu-satunya hubungan yang dijamin tidak akan membuatmu tersakiti adalah hubungan yang terjalin antara kamu dan Allah."

29. "Walapun kamu dapat memberikan bulan dan bintang, dunia, dan seluruh isinya, itu semua belum cukup untuk membalas kasih sayang, cinta, dan pengorbanan seorang ibu."

30. "Tidak ada solusi yang lebih baik bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan."

31. "Siapa pun bisa jatuh cinta, tapi hanya orang yang kuat yang akan menjaga cinta itu tetap halal." 

32. "Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah itu benar." - Q.S Ar-Rum: 60

33. "Jangan pernah mati-matian hanya untuk mengejar sesuatu yang tidak bisa dibawa mati." - Emha Ainun Najib

34. "Terkadang patah hati adalah anugerah dari Allah. Itulah cara-Nya memberi tahu kita bahwa Ia menyelamatkan kita dari orang yang salah."

 

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Reni Novita Sari. Published: 2/9/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer