Sukses


10 Manfaat Memelihara Anjing bagi Kesehatan, Jangan Anggap Sepele

Bola.com, Jakarta - Anjing merupakan satu di antara hewan idaman untuk dijadikan peliharaan. Ada berbagai macam alasan orang memelihara anjing, mulai untuk menjaga rumah maupun teman bermain.

Anjing yang biasa digunakan untuk menjaga rumah adalah yang kekar, berpenampilan menyeramkan, memiliki gonggongan yang lantang. Sementara untuk teman bermain adalah yang lucu dan menggemaskan.

Namun, anjing memiliki umur yang tidak terlalu panjang. Maka itu, ketika anjing meninggal, sang pemilik akan merasakan kehilangan yang mendalam karena ikatan yang telah terjalin selama ini.

Selain menjadi teman setia di rumah, keberadaan anjing teryata bisa memberikan manfaat kesehatan bagi sang pemilik.

Berikut manfaat memelihara anjing bagi kesehatan, dilansir dari Klikdokter, Rabu (13/10/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Memelihara Anjing bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Semangat untuk Berolahraga

Seseorang yang memelihara anjing biasanya akan lebih aktif bergerak. Paling tidak, orang tersebut harus mengajak anjingnya berjalan-jalan ke luar rumah atau mengajaknya bermain. 

Tanpa disadari, tindakan tersebut dapat menjadi "olahraga" yang menyehatkan, khususnya jika dilakukan secara rutin dan teratur.

2. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Sebuah penelitian di Swedia menyebutkan, orang yang memelihara anjing memiliki risiko 23 persen lebih rendah untuk terkena serangan jantung. 

Penelitian itu dilakukan selama 12 tahun, kepada 3,4 juta orang di Swedia pada rentang usia 40-80 tahun.

3. Menurunkan Risiko Kematian

Masih dalam studi yang sama sebelumnya, memelihara anjing ternyata dapat menurunkan risiko kematian akibat berbagai macam penyakit hingga 20 persen.

3 dari 4 halaman

Manfaat Memelihara Anjing bagi Kesehatan

4. Meningkatkan Semangat

Memelihara anjing bisa menjadi pengganti dari hidup bersama pasangan. Hewan berbulu ini dapat menciptakan dorongan tersendiri bagi Anda untuk rajin berjalan, memberikan dukungan sosial, serta membuat hidup lebih bermakna.

5. Terhindar dari Depresi

Dengan merawat anjing, Anda akan menjadi lebih aktif dan dapat berinteraksi lebih dengannya. Hal ini dapat membuat Anda merasakan energi positif dan terhindar dari risiko depresi.

6. Membantu Menemukan Jati Diri

Jenis anjing yang Anda pilih untuk dipelihara dapat menentukan jati diri atau karakteristik pribadi. 

Beberapa studi memaparkan, orang yang memelihara anjing kecil memiliki kepribadian yang lebih rajin.

7. Melatih Rasa Empati

Ketika memelihara anjing, tanpa disadari pasti akan tumbuh rasa empati terhadap hewan tersebut. Hal ini tidak hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak yang sering berinteraksi dengan hewan berbulu tersebut.

4 dari 4 halaman

Manfaat Memelihara Anjing bagi Kesehatan

8. Tidak Merasa Kesepian

Dengan adanya anjing yang Anda pelihara untuk diajak berkomunikasi dan diperhatikan, hal ini dapat membantu Anda terhindar dari rasa kesepian. 

Manfaat memelihara anjing yang satu ini dapat terjadi karena adanya dukungan emosional ketika sedang berinteraksi dengan hewan berbulu tersebut.

9. Menjaga Kemampuan Kognitif pada Lansia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memelihara anjing dapat membantu menjaga kemampuan kognitif, khususnya pada lansia yang mengalami demensia.

10. Membantu Menjaga Keselamatan

Anjing memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap ancaman bahaya. Oleh karena itu, hewan berbulu tersebut dapat melindungi Anda dari bahaya-bahaya tertentu yang bisa saja mengancam keselamatan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 26/3/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer