Sukses


5 Jenis Senam Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Senam merupakan olahraga yang bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Selain itu, olahraga ini bisa membuat seseorang merasa lebih percaya diri jika dilakukan secara rutin karena senam bisa membuat tubuh lebih ideal.

Hampir semua kalangan menyukai olahraga senam, baik kalangan remaja hingga orang dewasa, khususnya kelompok ibu-ibu.

Seiring perkembangan zaman, senam mengalami kemajuan pesat, yang membuat cabang olahraga ini makin banyak jenisnya. Setiap jenisnya memiliki ciri khas gerakan dan fungsi masing-masing.

Ada senam yang di dalam gerakannya menggunakan berbagai alat agar ekspresi di setiap gerakannya terlihat (senam ritmik), ada juga senam yang cukup ekstrem dan menantang, yaitu senam akrobatik, dan masih banyak lagi.

Mungkin tak banyak yang tahu tentang jenis-jenis senam yang ada. Daripada penasaran, kamu langsung menyimak pembahasan jenis-jenis senam, di bawah ini.

Berikut ini beberapa jenis senam yang perlu diketahui beserta penjelasannya, disadur dari laman Merdeka, Jumat (15/10/2021).

2 dari 4 halaman

Senam Artistik dan Senam Aerobik

1. Senam Artistik

Senam artistik merupakan satu di antara jenis senam paling populer di Olimpiade. Jenis senam ini bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan.

Senam artistik memadukan aspek tumbling dan akrobatik, di mana setiap gerakan biasanya menggunakan alat bantu, seperti gelang-gelang, palang sejajar, dan kuda-kuda pelana.

Dari segi kesehatan, senam ini dapat meningkatkan kelenturan tubuh serta menguatkan otot dan persendian. Tak heran para atlet senam artistik biasanya memiliki tubuh yang sangat lentur.

2. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan satu di antara jenis senam yang paling populer di Indonesia. Senam aerobik bisa dilakukan baik secara individu maupun berkelompok.

Gerakan senam aerobik dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung. Senam aerobik memiliki ciri khas yang membedakan dengan jenis senam pada umumnya.

Satu di antaranya senam aerobik memiliki gerakan selaras, namun tidak terpaku oleh musik yang mengiringinya.

3 dari 4 halaman

Senam Ritmik Sportif dan Senam Trampolin

3. Senam Ritmik Sportif

Senam ritmik sportif merupakan jenis senam yang memadukan tarian dengan balet. Senam ini berisi gerakan seperti melompat, memutar, dan lainnya lewat beragam alat berbeda.

Setiap gerakan pada senam ritmik sportif ini dapat melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan, serta daya tahan untuk semua anggota tubuh.

Dalam Olimpiade, senam ritmik sportif hanya dilakukan oleh perempuan. Atlet harus melakukan gerakan lewat peralatan, seperti tali, gelang-gelang, bola, palang sejajar, gada, pita, dan lainnya.

4. Senam Trampolin

Jenis senam selanjutnya yang perlu diketahui adalah senam trampolin. Jenis senam ini menciptakan gerakan sambil memantul pada trampolin.

Beberapa macam gerakan yang biasa dilakukan saat melakukan senam trempolin, yakni lompatan sederhana, lipatan atau posisi mengangkang, hingga jungkir balik. Senam trampolin melatih ketangkasan, keberanian, dan menguatkan otot kaki.

4 dari 4 halaman

Senam Umum

5. Senam Umum

Satu di antara jenis senam yang populer di kalangan masyarakat adalah senam umum. Masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), di mana peserta senam akan melakukan berbagai macam gerakan dengan iringan irama musik.

Senam ini merupakan gabungan dari berbagai jenis gerakan senam.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 24/6/2020)

Dapatkan artikel jenis dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer