VIDEO: Kerajinan Tangan dari Wamena Diminati Atlet-Atlet PON Papua 2021

Oleh Okie Prabhowo pada 15 Okt 2021, 13:33 WIB
Diperbarui 15 Okt 2021, 13:33 WIB

Bola.com, Pantai Kalkhote - Seorang penggiat UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Stien Melisa Yoweni, mengungkapkan bahwa produk-produknya diminati beberapa atlet yang turun di PON Papua 2021. Hal itu diungkapkannya saat membuka tempat memamerkan produk-produknya di Pameran UMKM Akhir PON XX Papua yang digelar di Pantai Kalkhote, Kabupaten Jayapura, Kamis (14/10/2021).

Menurut Stien Melisa Yoweni, produknya yang diminati adalah gelang dan tali masker. Menurutnya, stan UMKM Wamena Kabupaten Jayapura yang ramai dikunjungi saat acara pameran.

"Kami merasa bangga dan tidak sia-sia melakukan perjalanan dengan pesawat ke sini. Ternyata apa yang kami bawa ada berminat. Tidak hanya atlet dari Papua tetapi atlet-atlet yang bertanding di PON. Mereka sudah bisa membawa pulang oleh-oleh dari Papua, khususnya dari tempat kami, Jayawijaya, Wamena," ujar Stien Melisa Yoweni seperti dilansir Info Publik.

PON Papua akan berakhir dan menggelar closing ceremony atau upacara penutupan pada Jumat (15/10/2021). Penyelenggara sudah menyiapkan beragam acara pada upacara penutuan PON Papua yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 19.00 WIT sampai 21.00 WIT.

Bukan hanya defile bendera dan atlet, nanti Gubernur Papua selaku Ketua Umum PB PON XX Papua bakal memberikan laporan penyelenggaraan. Kemudian, Menpora Zainudin Amali turut memberikan sambutan dan Wakil Presiden Republik Indonesia, M'aruf Amin bakal menutup PON Papua.

Menurut data yang didapat Bola.com, PON Papua diikuti oleh 7.039 atlet dan mereka berlomba untuk memperebutkan 681 emas, 681 perak, dan 681 perunggu pada 37 cabang, 56 disiplin, dan 681 nomor pertandingan. Mereka berlaga di 44 venue yang tersebar di empat klaster.