Sukses


Piala Thomas 2020: Gerus Malaysia Tanpa Ampun, Tim Bulutangkis Indonesia Melangkah ke Semifinal!

Bola.com, Aarhus - Tim bulutangkis Indonesia berhasil lolos ke semifinal Piala Thomas 2020 usai menyingkirkan Malaysia dengan skor 3-0. Itu didapat setelah Jonatan Christie sanggup mengalahkan Ng Tze Yong lewat tiga gim, 14-21, 21-19, 21-16, Jumat (15/10/2021) malam WIB di Aarhus, Denmark.

Start buruk dijalani Jonatan Christie pada pertandingan ini dan tidak diberi satu kesempatan pun untuk memimpin. Namun ia mampu bangkit pada gim kedua secara dramatis.

Pada gim ketiga alias penentuan, Jojo berhasil menjaga margin dengan baik. Kejar mengejar poin sempat terjadi, namun Ng Tze Yong harus mengakui keunggulan Jonatan Christie 21-16.

Gim pertama

Jonatan Christie benar-benar dibuat tak berkutik oleh Ng Tze Yong. Tunggal putra Malaysia itu sama sekali tidak memberikan kesempatan buat Jojo memimpin skor.

Entah karena telat panas atau hilang konsentrasi, Jojo harus rela melihat Ng Tze Yong mengunggulinya 4-1 pada awal gim pertama ini. Ia juga tertinggal 2-8 dan keadaan tak kunjung membaik.

Ng Tze Yong kemudian mengungguli Jonatan 11-4 berbekal empat consecutive points. Jonatan Christie memang mampu bangkit dengan membuat skor menjadi 13-18, sayang gim pertama disudahi lawan dengan skor 21-14.

 

2 dari 4 halaman

Gim Kedua

Keadaan berbalik pada gim kedua. Kali ini giliran Jonatan Christie yang tak memberikan kesempatan kepada Ng Tze Yong mengembangkan permainan.

Sejak awal, Jonatan selalu memimpin perolehan poin. Memang tidak dengan margin besar, namun konsistensi Jojo mulai terlihat.

Kejar mengejar skor terjadi. Rally juga sering tersaji sepanjang gim kedua dan seisi arena dibuat takjub ketika Jojo meraih tiga consecutive points.

Keunggulan 11-7 membuat Jonatan di atas angin. Tapi setelah ia meraih poin yang ke-12, Ng Tze Yong mulai bangkit dan ganti mendapatkan tiga poin beruntun.

Jojo kembali menjauh 15-10, dan drama terjadi saat skor 18-12. Di luar dugaan, Ng Tze Yong meraih lima poin berturut-turut sehingga skor menjadi 18-17.

Kedua atlet saling berkejaran poin, dan gim kedua disudahi dengan skor 21-19 untuk kemenangan Jonatan Christie.

 

3 dari 4 halaman

Gim Ketiga

Ng Tze Yong, seakan tak mau melakukan kesalahan serupa pada gim sebelumnya, langsung tancap gas dengan mengungguli Jojo 3-0.

Jojo merespons balik dengan smash menyilang dan mengubah skor menjadi 1-3. Ng Tze Yong enggan melepas momentum, tunggal putra Malaysia itu menyicil poin demi poin demi menjaga keunggulan.

Jonatan Christie terus menempel Ng Tze Yong 8-10 sebelum akhirnya membalikkan keadaan menjadi 14-11.

Keunggulan itu mampu dijaga dengan baik oleh Jojo dengan meraih empat poin beruntun. Tertinggal 14-18, Ng Tze Yong mulai kewalahan.

Situasi tersebut dituntaskan dengan sempurna oleh Jonatan Christie dengan menyudahi perlawanan Ng Tze Yong 21-16.

Hasil tersebut membawa Indonesia melaju ke semifinal Piala Thomas 2020 dengan skor 3-0. Sebelumnya, Anthony Ginting dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon memenangkan pertandingan pada match pertama dan kedua.

Selamat, INDONESIA!

4 dari 4 halaman

Hasil Pertandingan

1. Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting vs Lee Zii Jia: 21-15 dan 21-17

2. Ganda Putra: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik 21-17, 16-21, 21-15

3. Tunggal Putra: Jonatan Christie vs Ng Tze Yong 14-21, 21-19, 21-16

 

Video Populer

Foto Populer