Sukses


Perjalanan Tim Bulutangkis Indonesia ke Semifinal Piala Thomas 2020: Revans Sempurna atas Malaysia

Bola.com, Jakarta - Tim bulutangkis Indonesia berhasil melangkah ke semifinal Piala Thomas 2020. Perjalanan panjang dilalui Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dkk. sebelum memastikan duel melawan tuan rumah Denmark.

Kepastian Indonesia menembus semifinal Piala Thomas 2020 ditentukan oleh Jonatan Christie kala melibas pebulutangkis Malaysia, Ng Tze Yong. Kemenangan 14-21, 21-19, 21-16 membuat Merah-Putih lolos dari perempat final berkat skor 3-0.

Sebelum ke fase knock-out, Indonesia berstatus juara grup ditemani Thailand di posisi kedua. Perjuangan berat mesti dilewati dengan dramatis.

Pada laga melawan Chinese Taipei misalnya, laga harus dirampungkan hingga gim kelima karena kedudukan sama kuat 2-2 hingga laga keempat.

Indonesia berhasil meraup poin dari dua tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Namun, dua ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan pasangan dadakan Mohammad Ahsan/Daniel Marthin gagal menyumbang poin.

Tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito, dengan susah payah membekuk pemain Chinese Taipei, Chi Yu Jen, pada pertandingan ketiga Grup A Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu (13/10/2021). Pemain Indonesia yang akrab disapa Vito tersebut menang dalam tiga gim 16-21, 21-18, 21-19.

 

2 dari 4 halaman

Vito, Sang Penyelamat

Sebelum bersua Chinese Taipei, Indonesia lebih dulu menghadapi Thailand pada pertandingan kedua Grup A Piala Thomas 2020, Senin (12/10/2021). Vito lagi-lagi jadi juru selamat.

Dua ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, berhasil mengamankan poin.

Tetapi, dua tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, kalah dari lawan masing-masing yang peringkatnya di bawah mereka.

Vito pun muncul sebagai pahlawan Indonesia. Lawannya, Adulrach Namkul memang menempati posisi dunia di atas 100. Namun ia bisa memberikan perlawanan ketat untuk Vito.

Skor bahkan sangat ketat di gim pertama. Kedua pemain tidak pernah bisa menjauh dari kejaran lawan sampai skor 20-20. Pada akhirnya setelah melalui perjuangan keras, Vito menutup gim pertama dengan kemenangan tipis 23-21.

Gim Kedua secara mengejutkan performa Vito menurun drastis. Dia tidak bisa berbuat banyak pada gim kedua dan menyerah cukup telak 10-21.

Gim ketiga arah pertandingan berubah. Kini justru Shesar Hiren yang begitu dominan. Dia akhirnya tanpa kesulitan berarti mengalahkan Adulrach Namkul 21-8. Vito pun jadi pahlawan kemenangan Indonesia atas Thailand dengan skor 3-2.

 

3 dari 4 halaman

Revans Sempurna

Tim bulutangkis Indonesia berhasil lolos ke semifinal Piala Thomas 2020 usai menyingkirkan Malaysia dengan skor 3-0. Itu didapat setelah Jonatan Christie sanggup mengalahkan Ng Tze Yong lewat tiga gim, 14-21, 21-19, 21-16, Jumat (15/10/2021) malam WIB di Aarhus, Denmark.

Sebelumnya, Anthony Ginting dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon memenangkan pertandingan pada match pertama dan kedua. Buat ketiga atlet tersebut, kemenanan itu terasa spesial karena sekaligus membalaskan dendam atas lawan yang sama.

Anthony Ginting berhasil membalaskan kekalahannya di perempat final Piala Sudirman 2021 dengan kemenangan dua gim langsung atas tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia, 21-15 dan 21-17.

Sementara itu, pembalasan dendam dua kekalahan beruntun Kevin Sanjaya/Marcus Gideon atas lawan yang sama, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, pada ajang sebelumnya, yakni Olimpiade Tokyo 2020 dan Piala Sudirman 2021.

Kevin/Marcus dituntut untuk memenangi pertandingan ini menyusul kritikan bertubi-tubi sepanjang 2021. Namun pada momen yang pas, yakni menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik, The Minions berhasil menunjukkan kualitasnya., juga tuntas.

4 dari 4 halaman

Jumpa Denmark

Indonesia akan menantang tuan rumah Denmark. Denmark lolos ke semifinal setelah menumbangkan India 3-1.

Pada partai sebelumnya, Jepang harus bersusah payah untuk lolos ke semifinal melawan Korea Selatan. Kento Momota dkk. akhirnya menang 3-2.

Sementara itu, China juga melenggang dengan mulus. China mengalahkan Thailand 3-0 dan lolos ke semifinal Piala Thomas 2020.

Hasil Perempat Final

  • Indonesia Vs Malaysia 3-0
  • Denmark Vs India 3-1
  • China Vs Thailand 3-0
  • Jepang Vs Korea Selatan 3-2

Video Populer

Foto Populer