Sukses


Respons PBSI Setelah Bendera Indonesia Dilarang Berkibar pada Podium Piala Thomas 2020

Bola.com, Jakarta - Tim bulutangkis Indonesia dipastikan tak akan melihat bendera Merah Putih berkibar di final Piala Thomas 2021. Situasi itu terjadi setelah bulutangkis juga terkena imbas dari sanksi World Anti Doping Agency (WADA) yang menimpa Indonesia.

PBSI menyayangkan situasi yang akan dialami tim bulutangkis Indonesia di final Piala Thomas 2020. Kepala Bidang Humas dan Media PBSI, Broto Happy menyebut bendera Merah Putih akan diganti dengan bendera PBSI dalam proses podium Piala Thomas 2021.

"Info yang saya dapatan dari Kabid luar Negeri PBSI, Bambang Roedyanto, infonya memang seperti itu. Jadi, tidak ada bendera Merah Putih, tetapi diganti logo PBSI," kata Broto Happy kepada Bola.com.

Tim bulutangkis Indonesia akan menghadapi China pada laga final Piala Thomas 2020 yang digelar di Ceres Arena, Minggu (17/10/2021) siang waktu setempat. Meski demikian, Broto Happy menyebut situasi ini tidak berdampak psikologis dari tim bulutangkis Indonesia.

"Situasi tim saat ini di Aarhus, tetap kompak dan solid," ucap Broto Happy yang sedang mendampingi tim di Denmark itu.

Indonesia saat ini sedang menerima sanksi dari WADA yang dijatuhkan pada pekan lalu. Sanksi tersebut diberikan setelah Indonesia dianggap tidak patuh dalam melaksanakan pengujian doping yang efektif kepada setiap atlet di seluruh cabang olahraga.

2 dari 3 halaman

Alasan Pakai Bendera PBSI

Sementara itu, Ketua Bidang Hbungan Luar Negeri PBSI, Bambang Roedyanto, menyebut penggantian bendera Merah Putih menjadi PBSI karena level pertandingan dari Piala Thomas 2020. Ini merupakan turnamen yang digelar BWF, bukan Olimpiade.

"Memakai bendera PBSI karena ini turnamen biasa. Kalau Olimpiade pakai bendera NOC," singkat Bambang Roedyanto.

Permasalahan bendera tentu tak boleh menyita perhatian besar dari para atlet. Piala Thomas 2020 menjadi momentum untuk tim bulutangkis Indonesia meraih gelar Piala Thomas pertama kali sejak 2002.

3 dari 3 halaman

Line-up Final Piala Thomas 2021

Match 1: Anthony Ginting Vs Lu Guangzu

Match 2: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto Vs He Jiting/Zhou Hao Dong

Match 3: Jonatan Christie Vs Li Shifeng

Match 4: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Daniel Marthin Vs Liu Cheng/Wang Yi Lyu

Match 5: Shesar Hiren Rhustavito Vs Weng Hong Yang

Video Populer

Foto Populer