Sukses


Macam-Macam Servis Bulu Tangkis yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Bulu tangkis merupakan cabang olahraga yang cukup populer di Indonesia. Banyak peminat olahraga satu ini dari berbagai kalangan. Tua, muda, anak-anak, laki-laki maupun perempuan. Dari yang sekadar menyaksikan maupun melakoninya secara rutin.

Untuk memulai permainan bulu tangkis, pemain harus melakukan pukulan awal atau servis (service).

Servis merupakan pukulan untuk menerbangkan kok (shuttlecock) dengan raket ke bidang lapangan lawan secara diagonal. Servis merupakan teknik dasar yang sangat penting.

Untuk itu, setiap pemain melakukan servis sebaik mungkin agar tidak dinyatakan gagal oleh wasit. Selain dinyatakan gagal, melakukan servis secara tidak benar akan merugikan pemain itu sendiri dan akan berbuah poin atau angka bagi lawan.

Di sisi lain, servis bisa menjadi senjata rahasia pemain untuk memperoleh poin hingga menentukan kemenangan. Melakukan servis dengan baik bisa sangat menentukan kualitas permainan.

Berikut ini referensi macam-macam servis bulu tangkis yang perlu diketahui, dilansir dari laman Tutorian21, Senin (18/10/2021).

2 dari 5 halaman

Servis Pendek

Servis pendek merupakan macam pukulan awalan yang bertujuan menerbangkan kok sedekat mungkin di atas net sehingga kok akan mendarat di area servis lawan.

UmuMnya, macam servis ini sering dilakukan pada pertandingan bulu tangkis partai ganda. Servis pendek bisa dilakukan dengan cara forehand atau backhand, tergantung kenyamanan sang pemain.

Yang penting diperhatikan dalam melakukan servis pendek ialah membutuhkan konsentrasi saat melaksanakannya agar bola bisa jatuh sesuai prediksi dan susah dijangkau lawan.

Saat ingin melakukan servis pendek, pastikan kok tidak dipegang melebihi ketinggian 115 cm dari permukaan lapangan atau agar tidak dinyatakan pelanggaran oleh wasit. Tujuan melakukan servis pendek ialah mencegah lawan memberikan pukulan ofensif.

3 dari 5 halaman

Servis Tinggi

Macam servis selanjutnya dalam permainan bulu tangkis adalah servis tinggi. Servis tinggi adalah teknik memukul bola dengan kuat sehingga kok akan terbang tinggi dan jatuh di area belakang lawan.

Servis tinggi merupakan macam servis yang paling mudah dilakukan dan sering dipraktikan para pemula. Namun, melakukan servis tinggi memiliki kelemahan karena mudah dibaca pemain lawan.

Selain itu, jika pemain terlalu kuat dalam memukul kok, kok tersebut bisa melayang terlalu jauh dan keluar lapangan.

4 dari 5 halaman

Servis Flick

Servis flick sering juga disebut sebagai servis tipuan. Hal ini karena servis flick memang bertujuan untuk menipu lawan dengan cara berpura-pura akan menggunakan teknik servis pendek, namun kok dipukul dengan servis tinggi.

Servis flick digunakan untuk mempermainkan konsentrasi lawan. Namun, sangat tidak dianjurkan untuk melakukannya secara berulang karena musuh akan terbiasa dan dapat membaca pergerakan Anda.

Macam servis ini termasuk sulit untuk dipraktikan karena sang pemain membutuhkan perhitungan yang tepat untuk melakukannya.

Selain itu, servis flick sering dinyatakan pelanggaran oleh wasit karena pemain bersangkutan sering kebablasan mengangkat bola terlalu tinggi.

5 dari 5 halaman

Servis Drive

Servis drive adalah teknik servis sekaligus serangan yang dilakukan dengan cara memukul kok langsung kepada lawan memakai forehand. Servis ini bertujuan membatasi pengembalian bola dari lawan dengan memanfaatkan kelengahannya sehingga kok akan jatuh dan Anda akan mendapat poin.

Untuk melakukan servis drive, pemain harus berdiri jauh di belakang garis servis sehingga kok akan terbang melewati net dengan garis yang rata. Lawan yang lengah dan tidak menjaga posisi overhead akan kesulitan menerima servis ini.

 

Sumber: tutorian21.com

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer