Sukses


Macam-Macam Pukulan Smes Bulu Tangkis yang Harus Dikuasai Pemain

Bola.com, Jakarta - Pukulan smes termasuk satu di antara unsur penting yang harus dikuasai setiap pemain yang memainkan olahraga bulu tangkis.

Pada permainan bulu tangkis, smes menjadi satu di antara andalan setiap pemain unruk meraih angka atau poin. Smes ampuh digunakan karena dapat membuat lawan tidak berkutik.

Smes dilakukan dengan cara memukul kok dengan cepat, keras, menukik, dan masuk area lapangan lawan. Tujuannya, yaitu menjatuhkan kok sekeras-kerasnya ke area bidang permainan lawan.

Kendati demikian, Anda tidak sekadar memukul kok (shuttlecock) ke area lapangan lawan, namun Anda perlu melakukan smes dengan teknik yang benar agar dapat menempatkan kok dengan baik supaya angka tercipta.

Ada beberapa unsur dominan dalam mencapai suatu smes yang baik. Unsur tersebut adalah kekuatan lengan, kecepatan lengan, lecutan pergelangan tangan, dan ketepatan arah ayunan.

Melalui keterampilan smes yang baik, seorang pemain bulu tangkis dapat menyerang dan mematikan lawan dengan cepat.

Berikut ini macam-macam pukulan smash bulu tangkis yang harus dikuasai tiap pemain, dikutip dari laman Olahragamo dan Penjasology, Senin (18/10/2021).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Pukulan Smes Bulu Tangkis

1. Smes Penuh

Smes penuh dilakukan dengan melancarkan smes dengan mengayunkan pukulan-pukulan raket yang perkenaannya tegak lurus antara daun raket dengan datangnya kok sehingga pukulan itu dilakukan dengan tenaga penuh (Tohar, 1991:63).

Smes penuh pada umumnya harus sepanjang garis tertuju penuh badan lawan. Posisi yang tepat akan menghasilkan smes yang kuat. Oleh karena itu, pukulan ini harus dapat mematikan lawan.

2. Smes Potong

Jenis smes satu ini adalah pukulan pada saat impact atau perkenaannya antara ayunan raket dan penerbangan kok dilakukan dengan cara dipotong atau diiris dengan kecepatan jalannya kok agak kurang cepat , tetapi daya luncur kok tajam (Tohar, 1991:63).

Dengan kata lain, smes potong adalah pukulan yang kurang begitu kencang dan tidak menggunakan tenaga penuh, namun lebih terarah dan tajam. Biasanya pukulan smes potong dilakukan secara menyilang atau bisa dibilang 'cross smash'.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Pukulan Smes Bulu Tangkis

3. Smash The Head Smash

Smash the head smash adalah pukulan pada posisi tertentu lawan dapat mengembalikan smash dengan pukulan lob ke posisi backhand atau pengembalian servis ke arah bagian kiri lapangan.

Gerakannya, miringkan badan ke kiri dan putarlah lengan di atas kepala untuk memukul kok meluncur di sebelah kiri.

4. Backhand Smash

Sebenarnya tidak semua smes harus dilakukan dengan forehand, tetapi dapat juga dilakukan dengan backhand smash. Backhand smash yaitu smash yang dilakukan dari sebelah kiri dan mengutamakan keterampilan pergelanggan tangan.

Backhand smash ini biasanya paling tepat untuk menyambar kok yang meluncur tanggung di dekat net, itu mudah dimatikan dengan cukup menggunakan keterampilan pergelangan tangan yang cepat dan tidak perlu memukulnya dengan sekuat tenaga.

 

Sumber: olahragamo.com, penjasology.web.id

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer