Kumpulan Kata-Kata Nasihat agar Tidak Menjadi Orang Matre

Oleh Aning Jati pada 19 Okt 2021, 21:40 WIB
Diperbarui 19 Okt 2021, 21:40 WIB
Ilustrasi cewek matre
Ilustrasi cewek matre. (Photo by freestocks on Unsplash)

Bola.com, Jakarta - Istilah 'orang matre' pasti sudah tidak asing lagi buatmu. Yap, orang matre adalah orang yang memandang segala sesuatu dari sudut pandang materi. Kamu bisa membaca kata-kata nasihat agar tidak menjadi orang matre untuk lebih memahaminya.

Menjadi materialistis berarti terlalu peduli dengan kenyamanan fisik atau perolehan kekayaan dan kepemilikan materi daripada dengan nilai-nilai spiritual, intelektual, atau budaya.

Memang sangat manusiawi menginginkan hal-hal yang membuat hidupmu nyaman dan lebih memuaskan. Kita bekerja untuk mendapatkan uang dan memiliki kenyamanan materi untuk membuat hidup lebih mudah.

Namun, adakalanya keinginan untuk memiliki lebih banyak harta benda membuat kita egois dan serakah. 

Belakangan ini orang memberi nilai lebih pada materialisme dan lebih sedikit pada hubungan dan pengalaman lain dalam hidup. Itulah mengapa sangat penting untuk terus mengingatkan diri sendiri bahwa kebahagiaan sejati tidak dapat ditemukan dalam hal-hal fisik.

Meski kita membutuhkan sesuatu untuk bertahan hidup, berpegang teguh pada materialisme bukanlah cara untuk hidup bahagia dan puas.

Kita merasa tidak akan pernah puas, padahal sebenarnya kita sudah memiliki semua yang sangat kita butuhkan. Jadi hargai semua yang kamu miliki dalam hidup dan jangan biarkan materialisme menguasaimu.

Kamu bisa membaca dan menghayati kata-kata nasihat agar tidak menjadi orang matre untuk menginspirasimu lebih mementingkan orang dan hubungan, dan bukan uang.

Berikut kumpulan kata-kata nasihat agar tidak menjadi orang matre, dinukil dari Therandomvibez, Selasa (19/10/2021).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat agar Tidak Menjadi Orang Matre

ilustrasi uang, orang kaya, keserakahan
ilustrasi uang, orang kaya, keserakahan. (Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash)

1. "Materialisme adalah krisis identitas." - Bryant Mcgill

2. "Saya membuat diri saya kaya dengan membuat keinginan saya sedikit." - Henry David Thoreau

3. "Hal-hal terbaik dalam hidup bukanlah harta." - Art Buchwald

4. "Keserakahan – selalu menginginkan lebih – adalah kejahatan utama dunia modern." - Dr. Ralph Wood

5. "Jika pengetahuan materialistis adalah kekuatan, itu bukan kebijaksanaan. Itu hanyalah kekuatan buta." - Mary Baker Eddy

6. "Cinta tidak menuntut kepemilikan materialistis dalam bentuk apa pun, cinta menghasilkan kebebasan penuh." - Santosh Kalwar

7. "Makin banyak yang Anda miliki, makin Anda sibuk. Makin sedikit yang Anda miliki, makin bebas Anda." - Bunda Teresa

8. "Ukuran sebenarnya dari kekayaan Anda adalah seberapa berharganya Anda jika Anda kehilangan semua uang Anda." - Bernard Meltzer

9. "Hidup tidak diukur dengan kekayaan atau hal-hal materi, tetapi dengan kehidupan yang kamu sentuh dan orang-orang yang kamu bantu." - Matt Fraser

10. "Orang materialistis kejam dengan orang lain tetapi baik untuk dirinya sendiri. Orang spiritual kejam terhadap dirinya sendiri tetapi baik kepada orang lain." - Sadhguru

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat agar Tidak Menjadi Orang Matre

Ilustrasi cewek matre
Ilustrasi cewek matre. Credit: pexels.com/Andrea

11. "Tidak semua yang dapat dihitung diperhitungkan, dan tidak semua yang diperhitungkan dapat dihitung." - Albert Einstein

12. "Terlalu banyak orang menghabiskan uang yang belum mereka peroleh, untuk membeli barang-barang yang tidak mereka inginkan, untuk mengesankan orang yang tidak mereka sukai. - Will Smith

13. "Uang, pujian, hal-hal materi tidak penting. Hidup dan mati, keluarga dan temanmu, begitu mereka pergi, itu tidak dapat diubah. Jangan lupa itu." - Heather Dorff

14. "Kebahagiaan adalah emosi dan tidak terbantu oleh hal-hal materialistis."

15. "Kita di sini untuk membuat dunia ini lebih dari sekadar dunia materialistis."

16. "Bukan seberapa banyak yang kita miliki, tetapi seberapa banyak yang kita nikmati, itulah yang membuat kebahagiaan."

17. "Jangan mendapatkan dunia dan kehilangan jiwamu, kebijaksanaan lebih baik daripada perak atau emas."

18. "Jangan pamer hal-hal materialistis, melainkan bakatmu dan buat dunia terkesan!"

19. "Di era dunia materialis ini cinta dipandang dari penampilan luar dan bukan kecantikan hatinya."

20. "Materialis: membeli barang yang tidak kita butuhkan dengan uang kita tidak perlu membuat orang terkesan yang tidak penting."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat agar Tidak Menjadi Orang Matre

Ilustrasi matre
Ilustrasi matre. Foto: Freepik

21. "Uang adalah angka dan angka tidak pernah berakhir. Jika butuh uang untuk bahagia, pencarianmu akan kebahagiaan tidak akan pernah berakhir."

22. "Jika hal-hal materi adalah apa yang kamu bicarakan ketika kamu mengatakan, "Saya diberkati". Kamu tidak tahu apa itu berkat."

23. "Kita membeli barang yang tidak kita butuhkan dengan uang. Kita tidak perlu mengesankan orang yang tidak kita sukai."

24. "Jika uang dan materi membuatmu percaya bahwa kamu lebih baik daripada orang lain, kamu adalah orang termiskin di dunia."

25. "Suatu hari kamu akan menyadari bahwa hal-hal materi tidak berarti apa-apa, yang terpenting adalah kesejahteraan orang-orang dalam hidupmu."

26. "Kita hidup dalam masyarakat di mana kita diberitahu bahwa satu-satunya cara untuk bahagia adalah dengan berbuat lebih banyak. Memiliki lebih. Dan jadilah lebih. Ingat: itu tidak benar."

27. "Cara hidup materialistis selalu menakutkan karena di setiap langkah ada bahaya. Kehidupan materialistis penuh dengan kecemasan dan ketakutan."

28. "Jangan memperumit hidupmu dengan mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang melihat hidup sebagai kompetisi tentang siapa yang memiliki harta paling banyak."

29. "Tidaklah penting untuk memiliki semua hal terbaik di dunia untuk menjadi bahagia. Temukan kebahagiaan dalam hubunganmu dengan orang lain daripada hal-hal materialistis."

30. "Hal terindah dalam hidup bukanlah hal materialistis. Itu adalah orang dan tempat, kenangan dan gambar, perasaan dan momen, senyum dan tawa, dan pelukan erat."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Nasihat agar Tidak Menjadi Orang Matre

Ilustrasi matre
Ilustrasi matre. /Unsplash Mufid Majnun

31. "Kumpulkan momen bukan benda."

32. "Materialisme adalah satu-satunya bentuk pengalihan dari kebahagiaan sejati."

33. "Hal-hal materialistis tidak membuatku terkesan, melainkan jiwamu."

34. "Saya tidak terkesan dengan penampilan, uang, status sosial, atau jabatanmu. Saya terkesan dengan caramu memperlakukan orang lain."

35. "Barang-barang materialistis tidak menggerakkan saya, saya menyukai hal-hal yang baik, tetapi mereka tidak memotivasi atau memutuskan bagi saya apa yang saya lakukan dalam hidup saya."

36. "Jangan pernah biarkan nama merek di sepatumu lebih penting daripada orang yang memandu langkahmu."

37. "Hal-hal materialistis tidak penting, dalam hidup ini. Rahasianya ada pada cinta kehidupan dan satu sama lain. Di dalamnya kamu akan menemukan kepuasan yang lebih besar…"

38. "Jika kamu mengambil semua yang saya miliki dari saya, saya masih bisa tersenyum. Saya menghargai humor, orang-orang baik, pikiran terbuka, dan kehidupan, lebih dari materi."

39. "Tidak peduli seberapa besar rumahmu, seberapa baru mobilmu atau seberapa besar rekening bankmu, kuburan kita akan selalu berukuran sama. Tetaplah rendah hati."

40. "Bersamalah seseorang yang akan menjagamu. Tidak secara materialistis, tetapi menjaga jiwamu, kesejahteraanmu; hatimu, dan segala sesuatu tentang dirimu."

 

Sumber: Therandomvibez

Dapatkan artikel kata-kata nasihat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓