Jokowi : Vaksinasi Berikan Perlindungan Maksimal kepada Masyarakat dari Penyebaran COVID-19

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 19 Okt 2021, 22:20 WIB
Diperbarui 19 Okt 2021, 22:20 WIB
FOTO: Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi COVID-19 di Stasiun Bogor
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri), dan Wali Kota Bogor Bima Arya (kedua kiri) saat meninjau vaksinasi COVID-19 di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/6/2021). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan adanya program vaksinasi bisa melindungi masyarakat secara maksimal dari penyebaran COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Jokowi setelah meninjau pelaksanaan vaksinasi door to door yang di Kelurahan Karang Rejo dan vaksinasi untuk pelajar di SMPN 1 Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (19/10/2021).

"Kita harapkan dengan vaksinasi ini perlindungan bisa diberikan secara maksimal kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa terproteksi dari penyebaran COVID-19," ujar Jokowi sebagaimana ditayangkan di saluran Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (19/10/2021).

Jokowi juga berharap, vaksinasi door to door atau dari pintu ke pintu bisa membantu program percepatan vaksinasi COVID-19 secara nasional. Mantan Wali Kota Solo itu menargetkan 70 persen penduduk Indonesia sudah divaksin pada akhir 2021.

"Ini untuk mempercepat capaian vaksinasi secara nasional karena kita berharap di akhir tahun nanti lebih dari 70 persen penduduk kita telah divaksinasi," ujarnya.

Menurutnya, vaksinasi door to door memudahkan masyarakat mendapat akses vaksin COVID-19. Hal itu karena para petugas yang datang langsung ke rumah para warga yang akan divaksin.

"Jadi petugas vaksin, vaksinator datang dari rumah ke rumah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memudahkan masyarakat agar mendapat vaksin secepat-cepatnya," tambah Jokowi.

Total ada 30 ribu masyarakat serta 40 ribu pelajar SMP, SMA/SMK, dan santri yang mengikuti vaksinasi pada Selasa hari ini. Adapun 70 ribu peserta itu tersebar di Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Jambi, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTB, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

2 dari 2 halaman

Protokol Kesehatan

Ilustrasi vaksin COVID-19 pada wanita hamil
Ilustrasi vaksin COVID-19 pada wanita hamil. Photo by CDC on Unsplash

Sebagai informasi, vaksinasi COVID-19 di Indonesia mencapai 172 juta dosis per Senin (18/10/2021). Jumlah ini hampir 52 persen dari target 208 juta rakyat Indonesia yang menerima vaksinasi dosis pertama.

Selain vaksinasi, upaya terbaik lain untuk mencegah COVID-19 ialah dengan cara tetap mematuhi protokol kesehatan. Kini, protokol kesehatan menjadi hal yang wajib ditaati setiap orang dan tak boleh lengah.

Menerapkan 5M merupakan protokol kesehatan yang utama selama pandemi COVID-19, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Lanjutkan Membaca ↓
Pemain Naturalisasi Solusi Timnas Akhiri Kutukan Spesialis Nyaris Juara di Piala AFF