VIDEO: Jokowi Perintahkan Menpora Investigasi Penyebab Sanksi WADA kepada Indonesia

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 22 Okt 2021, 20:36 WIB
Diperbarui 22 Okt 2021, 20:36 WIB

Bola.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengatakan Presiden Jokowi meminta pihaknya menginvestigasi penyebab dari sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA) yang dijatuhkan kepada Indonesia.

Sebelumnya, Badan Anti-Doping Dunia (WADA) menjatuhkan sanksi kepada tiga badan anti-doping nasional dan dua asosiasi internasional, termasuk LADI di tanggal 7 Oktober 2021.

Sanksi yang diberikan terhadap WADA kepada menjadi salah satu faktor tidak bisa berkibarnya bendera Indonesia saat tim bulutangkis Indonesia menjadi juara Piala Thomas 2021.

Tidak hanya itu, WADA juga memberikan sanksi terhadap LADI diantaranya berupa larangan pengibaran bendera Indonesia dalam kejuaraan regional, kontinental atau dunia, atau kejuaraan dunia selain Olimpiade dan Paralimpiade selama setahun atau sampai hukuman tersebut dicabut.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Indonesia juga turut ikut langsung mengawasi perkembangan yang dilakukan oleh pihak terkait.

“Presiden memantau dan beliau mencermati setiap perkembangan. Saya telah menginformasikan tentang situasi terakhir dan upaya-upaya yang kami lakukan," jelas Zainudin Amali dalam konferensi pers, Jumat (22/10/2021).

Zainudin Amali juga telah melaporkan kepada Jokowi terkait pembentukan tim percepatan penyelesaian sanksi WADA terhadap LADI. Dia juga membeberkan sejumlah tuntutan dari Presiden kepada pihaknya.

"Kami membentuk tim, tugasnya dua. Pertama mempercepat pemenuhan yang diminta WADA kepada LADI. Kedua, menginvestigasi kenapa ini bisa terjadi," tutur Zainudin Amali.

Presiden Jokowi juga meminta Menpora untuk mempublikasikan hasil investigasi yang menyebabkan Indonesia harus menerima sanksi dari WADA.