Sukses


Koleksi Kata Bijak Berkelas tentang Hari Sumpah Pemuda, Memupuk Nasionalisme

Bola.com, Jakarta - Hari ini bangsa Indonesia memperingati momen penting dan bersejarah. Setiap 28 Oktober, bangsa Indonesia selalu memperingati tanggal tersebut sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Hari Sumpah Pemuda disimbolkan sebagai wujud semangat membangkitkan cinta Tanah Air dan simbol persatuan peran para pemuda Indonesia, yaitu bertumpah darah satu, berbangsa yang satu, dan menjunjung bahasa persatuan Indonesia.

Peringatan ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk terus memupuk nasionalisme dan cinta Tanah Air. Pada 2021 ini, Hari Sumpah Pemuda akan menjadi peringatan yang ke-93 Tahun.

Saat peringatan Hari Sumpah Pemuda, sebagai penerus masa depan bangsa, kita bisa memperingatinya dengan beragam cara. Satu di antaranya mengirim kata bijak berkelas ke orang terdekat atau mengunggah status di media sosial terkait Hari Sumpah Pemuda.

Berikut ini koleksi kata bijak berkelas tentang Hari Sumpah Pemuda yang bisa kamu suarakan, disadur dari Merdeka, Kamis (28/10/2021).

2 dari 4 halaman

Koleksi Kata Bijak Berkelas tentang Hari Sumpah Pemuda

1. "Busungkan dadamu, wahai pemuda! Pandanglah ke depan! Ikrarkan Sumpah Pemuda dengan sepenuh hati dan raihlah sebuah kemerdekaan, Kemerdekaan Indonesia yang sejati. Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda."

2. "Kemajuan suatu bangsa terletak di genggaman para pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda, wahai generasi emas!"

3. "Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam, alam akan saling bahu-membahu untuk mewujudkannya. Selamat Hari Sumpah Pemuda!"

4. "Selamat Hari Sumpah Pemuda untuk kalian para pemuda. Belajarlah tanpa kenal lelah, jadilah pemuda yang berkualitas dan selalu menjunjung tinggi nasionalisme di atas segalanya."

5. "Aku hanya pemuda biasa yang bekerja untuk membangun Indonesia dengan cara Indonesia."

6. "Bangkitlah pemuda! Jangan terlena dengan keadaan. Ingatlah bahwa kita masih dalam perjuangan yang sesungguhnya, tetaplah berpedoman dengan ikrar Sumpah Pemuda yang kita miliki."

7. "Kita harus bangga terlahir sebagai bangsa Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

8. "Jangan pernah kau ucapkan mentah-mentah, bacalah, resapi, dan rasakan setiap makna dari kalimat ikrar Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

9. "Kompak bukan berarti selalu harus sama. Ayo, jadikan perbedaan sebagai sebuah kekuatan bersama."

10. "Tegas lugas dan berani itulah kita pemuda. Negara ini berdiri karena seluruh pemudanya bersatu, bahkan seandainya Indonesia tidak pernah ada, pemuda kita akan tetap bersatu."

3 dari 4 halaman

Koleksi Kata Bijak Berkelas tentang Hari Sumpah Pemuda

11. "Bersatulah wahai pemuda, kemajuan bangsa Indonesia ada di genggamanmu."

12. "Tidak banyak bisa kami tulis untuk Indonesia terutama Sumpah Pemuda, semoga semua semangat itu akan hidup dalam diri kami untuk selama-lamanya."

13. "Tuhan hanya akan mengubah nasib sebuah bangsa jika bukan bangsa itu sendiri yang mengubahnya. Maka bersatulah wahai pemuda pemudi dan ubahlah negara Indonesia menjadi lebih baik. Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda."

14. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

15. "Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota badan yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan Indonesia yang sejati."

16. "Kita ini pemuda yang bersumpah yaitu Sumpah Pemuda bukan sampah dari pemuda, jadi harus sebenar-benarnya diingat hingga ke dalam jiwa."

17. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri." - Bung Karno

18. "Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia." - Bung Karno

19. "Apa kekurangan kita? Kekurangan kita adalah kurangnya percaya diri sebagai suatu bangsa sehingga kita menjadi penjiplak luar negeri dan kurang memercayai satu sama lain." - Bung Karno

20. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun." - Bung Karno

4 dari 4 halaman

Koleksi Kata Bijak Berkelas tentang Hari Sumpah Pemuda

21. "Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan aku satu pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia." - Bung Karno

22. "Kita jangan pernah mewarisi abunya sumpah pemuda, tetapi kita harus mewarisi apinya Sumpah Pemuda." - Bung Karno

23. "Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua saya sama kuatnya maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya, jika patah satu dari pada dua sayap itu maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali." - Bung Karno

24. "Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimipilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang." - Bung Karno

25. "Biarlah pengalaman masa lalu kita menjadi tonggak petunjuk dan bukan tonggak yang membelenggu kita." - Bung Hatta

26. "Kematian adalah yang terakhir dalam waktu, tetapi sekaligus yang awal dari kekalahan." - Bung Hatta

27. "Penjagaan terbaik bagi generasi muda adalah contoh yang baik bagi generasi tua." - Cut Nyak Dien

28. "Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleg kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri." - Mohammad Yamin

29. "Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam." - R.A Kartini

30. "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang." - R.A Kartini

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Mutia Anggraini. Published: 27/10/2020)

Dapatkan artikel kata-kata bijak dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer