Sukses


Manfaat Bermain Catur bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Catur adalah satu di antara jenis permainan strategi yang dilakukan di atas sebuah papan kotak-kotak dan dimainkan oleh dua orang.

Permainan yang satu ini merupakan olahraga yang melibatkan tantangan intelektual yang intens. Jadi, catur tidak hanya sebatas menghilangkan kebosanan saja.

Permainan yang digemari banyak orang ini dipercaya bisa menjaga kesehatan otak dan mental para pemainnya.

Bermain catur juga dapat memberikan manfaat lain yang luar biasa terhadap kesehatan. Kendati, permainan catur tidak membantu seseorang membentuk tubuh sang pemain seperti olahraga-olahraga lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat bermain catur bagi kesehatan yang jarang diketahui, dilansir dari Klikdokter, Jumat (29/10/2021).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Manfaat Bermain Catur bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Konsentrasi

Permainan catur melibatkan duel strategi supaya tidak salah langkah. Bermain catur bisa meningkatkan konsentrasi. Kalau tidak berkonsentrasi, Anda bisa salah memprediksi langkah lawan dan akhirnya kalah.

2. Mempertahankan Kemampuan Mengingat

Manfaat bermain catur kedua adalah dapat mempertahankan kemampuan mengingat Anda. Bermain catur bisa meningkatkan daya ingat karena aturan mainnya kompleks dan harus diingat oleh pemain.

3. Cepat Memproses Informasi

Ketika bermain catur, langkah bidak lawan harus diproses sedemikian rupa oleh otak. Anda harus tahu maksud dari langkah tersebut sehingga bisa mengantisipasi serangan. Jadi, bermain catur bisa sangat berguna untuk latihan memproses setiap informasi di dalam otak.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Manfaat Bermain Catur bagi Kesehatan

4. Melatih Kemampuan Perencanaan

Memiliki kemampuan perencanaan menjadi satu di antara manfaat bermain catur yang bisa Anda miliki. Sebab, dalam permainan, pemain akan mengambil keputusan dan membaca langkah lawan sehingga perlu perencanaan yang matang.

Permainan strategi seperti catur dapat mendorong perkembangan korteks prefrontal (struktur dasar otak). Bermain catur bisa melatih si pemain untuk lebih baik dalam pengambilan keputusan.

5. Membantu Memecahkan Masalah

Catur juga bisa disebut sebagai olahraga untuk membantu memecahkan masalah. Pasalnya, saat tertekan atau terdesak dalam permainan catur, Anda harus cepat bertindak dan berkelit supaya raja tetap aman serta terhindar dari sekakmat.

6. Membantu Meningkatkan Kreativitas

Otak kanan bertanggung jawab atas kreativitas. Manfaat bermain catur bisa mengaktifkan otak bagian kanan untuk mengembangkan sisi kreatif Anda.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Manfaat Bermain Catur bagi Kesehatan

7. Mencegah Terjangkit Demensia

Sebuah penelitian berjudul 'Chess Practice as a Protective Factor in Dementia' (2019), para ilmuwan menemukan catur dapat membantu melindungi orang tua dari demensia.

Peneliti menemukan bukti, permainan catur bagus untuk ingatan, kalkulasi, keterampilan visual-spasial, dan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dapat membantu mengurangi penurunan kognitif dan menunda efek demensia seiring bertambahnya usia.

8. Meningkatkan IQ

Sebuah penelitian terhadap 4.000 siswa dari Venezuela menunjukkan, bermain catur dapat secara signifikan meningkatkan nilai IQ anak-anak.

9. Merangsang Pertumbuhan Otak

Catur dan permainan otak lainnya menantang otak serta merangsang neuron untuk membentuk koneksi di seluruh otak. Bila terdapat lebih banyak koneksi, berarti komunikasi saraf di dalam otak menjadi lebih cepat pada keadaan yang optimal.

10. Mencegah Penyakit Alzheimer

Otak bekerja seperti otot. Oleh karena itu, organ tubuh ini juga membutuhkan latihan agar sehat dan terhindar dari cedera.

Sebuah studi dalam The New England Journal of Medicine menemukan, orang-orang berusia di atas 75 tahun yang terlibat dalam permainan catur lebih kecil kemungkinannya untuk terkena masalah demensia, seperti Alzheimer.

 

Sumber: klikdokter.com (Published: 24/3/2021)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer