Sukses


Cara Mengajari Anak Menggunakan Masker untuk Mencegah COVID-19

Bola.com, Jakarta - Kondisi pandemi COVID-19 yang belum juga berakhir membuat semua orang masih diwajibkan mengenakan masker, tak terkecuali anak-anak.

Melansir dari laman who.int tentang "Anjuran Mengenai Penggunaan Masker untuk Anak-Anak di Tengah Masyarakat dalam Konteks COVID-19", merekomendasikan kelompok umur, mencakup anak usia 12 tahun, 6-11 tahun, dan lima tahun ke bawah harus memakai masker dan disesuaikan tingkat risiko.

Sementara untuk anak-anak berusia lima tahun ke bawah, menurut WHO, dalam keadaan normal, tidak boleh memakai masker.

Memakai masker adalah satu di antara cara untuk mencegah penularan COVID-19 ketika hendak beraktivitas di luar rumah.

Risiko anak tertular COVID-19 akan lebih rendah saat memakai masker. Kendati demikian, masih ada anak-anak yang masih sulit diminta untuk memakai masker.

Bagi anak-anak, mengenakan masker mungkin bisa menjadi hal yang terasa mengganggu. Padahal, dalam kondisi seperti ini cukup penting memakai masker.

Itulah mengapa, orang tua memiliki peran penting untuk mengajari si kecil mau mengenakan masker yang benar. Namun, dibutuhkan kesabaran untuk mengajari anak memakai masker. Mereka perlu waktu untuk beradaptasi.

Yang perlu orang tua lakukan adalah sering mengingatkan dan mengajak si kecil memakai masker secara konsisten.

Berikut ini cara mengajari anak menggunakan masker untuk mencegah COVID-19, dilansir dari raisingchildren.net.au, Selasa (2/11/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Mengajarkan Anak Menggunakan Masker untuk Mencegah COVID-19

1. Luangkan Waktu untuk Membicarakan Masker

Waktu terbaik untuk membicarakan masker adalah saat Anda dapat memberikan perhatian penuh kepada anak Anda. Bisa saat makan malam, waktu mandi, atau sebelum tidur.

Jika Anda bisa, siapkan masker untuk ditunjukkan kepada anak agar si kecil dengan senang hati mengenakan masker. Anda harus memberikan contoh padanya.

Perlihatkan etika memakai masker yang baik dan benar, yaitu dengan tidak melepas pasang masker, terutama ketika sedang berbicara dengan orang lain, tidak menyentuh masker selama memakainya, dan selalu mencuci tangan setelah memasang atau melepas masker.

2. Gunakan Nada yang Tenang, Meyakinkan, dan Positif

Jika Anda bersikap tenang dan meyakinkan saat berbicara dengan si kecil tentang masker, anak Anda cenderung merasa aman dan terlindungi.

3. Cari Tahu Apa yang Anak Anda Ketahui

Mulailah dengan bertanya kepada anak apa yang mereka ingin ketahui tentang masker dan apakah mereka memiliki pertanyaan.

Sebagai contoh: "Ini masker. Ayah'Ibu memakainya di hidung dan mulut Ayah/Ibu. Apakah kamu tahu mengapa Ayah/Ibu harus memakai topeng ketika Ayah/Ibu pergi keluar?"

"Pernahkah kamu melihat orang-orang memakai masker wajah di toko-toko?"

3 dari 3 halaman

Cara Mengajarkan Anak Menggunakan Masker untuk Mencegah COVID-19

4. Berikan Penjelasan Pentingnya Masker dengan Cara yang Mudah Dipahami Anak

Sebelum meminta anak memakai masker, perlu Anda sampaikan penjelasan tentang virus corona SARS-CoV-2 dan pentingnya penggunaan masker terlebih dahulu.

Anda bisa menjelaskan bahaya dari COVID-19 dengan kata-kata yang halus dan mudah dipahami anak. Setelah itu, jelaskan kepada anak bagaimana masker bisa melindungi dirinya dari COVID-19.

Jelaskan juga bahwa dengan menggunakan masker, kita bisa turut melindungi keluarga dan orang-orang tercinta layaknya seorang "superhero". Dengan begitu, diharapkan anak jadi termotivasi untuk mengenakan masker, bahkan tanpa disuruh.

5. Sesuaikan Perasaan Anak Anda tentang Masker (Jangan Dipaksa)

Tanyakan kepada anak bagaimana perasaan mereka dan dengarkan apa yang dikatakan. Biarkan anak mengetahui bahwa perasaan mereka baik-baik saja.

Anda juga dapat bertanya kepada si kecil apa yang mereka butuhkan untuk merasa lebih baik. Sebagai contoh:

"Bagaimana perasaanmu melihat orang-orang bermasker di sekolah hari ini?"

"Ayah/Ibu tahu bahwa masker wajah terlihat aneh. Tidak apa-apa untuk merasa tidak nyaman. Ayah/Ibu membeli beberapa masker wajah dengan warna dan pola yang menyenangkan. Kamu bisa memilihnya untuk dipakai."

 

Sumber: raisingchildren.net.au

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer